Mobile GadgetNewsSmartphone

Berminat Membeli Realme 3? Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Realme 3 sudah resmi meluncur di Indonesia. Di kelas harganya, smartphone ini menjadi salah satu opsi paling menarik karena menawarkan spesifikasi dan fitur menggiurkan dengan banderol yang amat kompetitif.

Bila Anda termasuk orang yang berminat membeli Realme 3, ada baiknya Anda membaca terlebih dahulu rangkuman kelebihan dan kekurangan smartphone ini, berdasarkan review lengkap yang sudah kami sajikan sebelumnya. Yuk, langsung saja simak!

Yang Canggih

1. Tampil cantik dengan warna gradasi

Realme 3 mengusung tampilan warna gradasi pada bagian punggungnya yang membuat smartphone ini terlihat menawan. Ada dua pilihan warna yang tersedia, yakni Dynamic Black dan Radiant Blue. Kedua warna tersebut memberikan efek kilau yang berbeda ketika terkena cahaya.

Yang juga kami suka, bodi Realme 3 terlihat lebih ergonomis. Ketika pertama kali memegangnya, Realme 3 terasa pas dengan tangan kami. Adanya kurva melengkung pada bagian punggungnya yang sesuai dengan kontur tangan turut mendukung smartphone ini mampu memberikan genggaman yang mantap dan nyaman untuk dioperasikan dengan satu tangan.

2. Layar besar, cocok untuk berbagai kebutuhan

Pada Realme 3, Anda akan menemukan layar dengan ukuran 6,2 inci dan resolusi HD+, alias 1520 x 720 pixel, serta aspect ratio 19:9. Dipadukan dengan bezel yang tipis, layar ini memiliki rasio screen-to-body mencapai 88,3 persen.

Dibandingkan dengan para pesaingnya di level harga setara, rasio layar Realme 3 tersebut termasuk yang tertinggi. Tampilan layarnya juga lebih modern dengan poni bergaya dewdrop yang minimalis.

3. Performa bertenaga untuk gaming

Realme 3 mengandalkan SoC MediaTek Helio P60 yang ditemani dengan RAM 3 GB atau 4 GB, serta memori internal 32 GB atau 64 GB. Perpaduan yang menurut kami menggiurkan karena di atas kertas akan bisa menyediakan kinerja bertenaga untuk beragam kebutuhan.

Mungkin jika harus membandingkan dengan smartphone Android lainnya di kisaran harga setara atau bahkan lebih tinggi, Realme 3 termasuk yang menawarkan chipset paling menarik di kelas harganya.

Performa Realme 3 amat mulus untuk penggunaan sehari-hari. Untuk gaming pun cukup mumpuni. Kami mencoba memainkan PUBG Mobile dan ternyata game berjalan dengan mulus tanpa kendala dengan frame rate yang stabil pada setting grafis Medium.

4. ColorOS 6.0 nyaman digunakan

Realme 3 sudah mengadopsi ColorOS 6.0, alias yang paling baru, dan berbasis Android yang juga versi anyar, yakni 9.0 Pie. ColorOS 6.0 mengusung desain tanpa batas yang memungkinkan Anda menelusuri semua aplikasi secara vertikal.

Sejauh pengalaman kami, ColorOS 6.0 terasa sangat mulus dan ringan saat dioperasikan. Untuk multitasking pun nyaman dan mudah saat bernavigasi dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

5. Kamera termasuk oke di kelasnya

Smartphone ini memiliki kamera belakang ganda yang terdiri dari 13 megapixel f/1.8 dan 2 megapixel yang berguna untuk membantu menciptakan foto dengan efek bokeh. Sementara di depan, Realme menyediakan kamera selfie 13 megapixel f/2.0.

Hasilnya cukup memuaskan dan bisa dibilang termasuk salah satu yang paling oke jika dibandingkan pesaingnya di kelas harga yang sama. Kamera Realme 3 mampu menghasilkan foto dengan detail tinggi, kontras yang pas, dan warna yang juga akurat.

Dynamic range-nya pun termasuk baik bahkan ketika memotret dengan latar yang terang. Portrait mode-nya juga halus dan rapi saat memisahkan objek utama dengan latar belakangnya.

IMG20190307121045

Chroma Boost

IMG20190307173341

6. Mode Nightscape membantu pemotretan di kondisi low light

Secara singkat, mode Nightscape dapat membantu Anda menciptakan foto yang lebih tajam di kondisi low-light atau malam hari dengan bantuan AI dan pemrosesan multi-frame. Artinya, Nightscape akan menggabungkan beberapa foto dengan exposure berbeda menjadi satu foto yang memiliki dynamic range lebih luas.

Dengan mode Nightscape kamera Realme 3 masih mampu menangkap detail dengan cukup baik. Pencahayaan serta warnanya juga lumayan akurat.Di kisaran harga di bawah 2 jutaan, Realme 3 adalah yang pertama yang memiliki mode semacam ini.

7. Baterai tahan lama

Realme 3 hadir dengan kapasitas baterai yang cukup besar, yakni 4.230 mAh. Keunggulan yang sekali lagi membuatnya terlihat lebih menarik dibanding para pesaingnya di level harga yang sama.

Sejauh pengujian kami, saat terisi penuh baterai Realme 3 mampu membuatnya menyala seharian penuh dengan gaya pemakaian normal seperti browsing, mengakses media sosial, sesekali bermain games, sesekali menonton YouTube, dan terkadang memutar musik. Bahkan jika Anda bukan termasuk orang yang aktif dengan smartphone, daya tahan baterainya bisa sampai keesokan harinya.

Yang Kurang

1. Bodi mudah kotor oleh sidik jari

Sayangnya desain menawan pada Realme 3 masih menggunakan material yang menjadi magnet sidik jari. Hasilnya, jika Anda tidak menggunakan casing maka bodi smartphone ini jadi mudah terlihat kotor.

2. Belum didukung fast charging

Dengan baterai yang besar Realme 3 belum didukung teknologi fast charging yang mumpuni untuk mempercepat proses pengisian dayanya. Karena itu, Anda harus bersabar sekitar 3 jam untuk mengisi baterai hingga penuh dari kondisi di bawah 10 persen.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Realme 3. Jika Anda sudah terlanjur jatuh hati, Realme 3 bisa Anda dapatkan dengan dana mulai dari Rp1.999.000 untuk varian 3GB/32GB, serta Rp2.399.000 untuk varian 4GB/64GB.

Related Articles

Back to top button