Fresh from the oven: Video Review OPPO F11

Review Realme 3, Smartphone Pertama di Bawah 2 Juta Rupiah dengan Night Mode

4.6
Terbaik di kelas harganya
Cek Harga

Realme siap kembali menggebrak pasar Indonesia dengan meluncurkan Realme 3. Sama seperti pendahulunya, smartphone yang merupakan penerus dari Realme 2 ini masih mengedepankan formula yang amat disukai oleh sebagian besar masyarakat, yakni spesifikasi menggiurkan dengan harga terjangkau.

Nah, yang membuat Realme 3 semakin menarik adalah adanya beberapa peningkatan baik dari segi hardware maupun fitur unggulannya. Penasaran seperti apa kecanggihan smartphone ini? Yuk, langsung saja simak ulasan lengkap kami!

Desain menawan dengan warna gradasi

Salah satu perubahan yang ditawarkan oleh Realme 3 datang dari sektor desain yang jauh lebih modern. Menurut Realme, desain memang selalu menjadi fokus utama dalam pengembangan produk mereka karena Realme ingin menyajikan tampilan yang bagus meski harga smartphone-nya terjangkau.

Pada Realme 3, Realme mengusung tampilan warna gradasi pada bagian punggungnya yang membuat smartphone ini terlihat menawan. Ada dua pilihan warna yang tersedia, yakni Dynamic Black dan Radiant Blue. Kedua warna tersebut memberikan efek kilau yang berbeda ketika terkena cahaya.

Untuk Dynamic Black, Anda akan melihat efek kilau dengan gradien biru dan ungu ketika memutar cover belakangnya di bawah cahaya yang terang. Sementara Radient Blue menggabungkan efek cermin dan warna biru-hijau semi transparan yang sedap dipandang ketika Anda menggoyangkannya.

Tidak hanya soal warna gradasi, dari segi kualitas rancang bangun Realme 3 juga tampak lebih baik dengan detail yang lebih presisi dibanding pendahulunya, khususnya pada bagian jack headset, port microUSB, dan lubang mic. Posisi kamera belakang disusun vertikal bersama dengan lampu flash, lengkap dengan cincin bernama Yellow Iris yang menjadi ciri khas Realme.

Yang juga kami suka, bodi Realme 3 terlihat lebih ergonomis. Ketika pertama kali memegangnya, Realme 3 terasa pas dengan tangan kami. Adanya kurva melengkung pada bagian punggungnya yang sesuai dengan kontur tangan turut mendukung smartphone ini mampu memberikan genggaman yang mantap dan nyaman untuk dioperasikan dengan satu tangan.

Sedikit membahas lembar spesifikasi, Realme 3 memiliki dimensi 75,6 mm x 156,1 mm dengan ketebalan hanya 8,3 mm. Bobotnya juga tergolong cukup ringan, yakni hanya 175 gram saja dan tidak membebani jika dimasukkan ke dalam saku.

Layar besar dengan poni bergaya dewdrop

Realme dikenal selalu membenamkan layar berukuran besar pada setiap smartphone buatannya. Pada Realme 3, Anda akan menemukan layar dengan ukuran 6,2 inci dan resolusi HD+, alias 1520 x 720 pixel, serta aspect ratio 19:9. Dipadukan dengan bezel yang tipis, layar ini memiliki rasio screen-to-body mencapai 88,3 persen.

Dibandingkan dengan para pesaingnya di level harga setara, rasio layar Realme 3 tersebut termasuk yang tertinggi. Tampilan layarnya juga lebih modern dengan poni bergaya dewdrop yang minimalis.

Dari segi operasional, layar ini sudah sangat memadai untuk mendukung semua kebutuhan seperti browsing, mengakses media sosial, menonton film, hingga bermain games. Tampilannya cukup tajam dengan warna yang sedap dipandang. Penggunaan di bawah sinar matahari yang terik juga masih mumpuni karena tingkat kecerahan layarnya lumayan tinggi.

Lalu, bagaimana dengan kualitas audionya? Menurut kami standar-standar saja. Tidak ada yang spesial tapi sudah termasuk oke untuk sekadar menemani Anda menikmati video atau games. Suara dari speaker internalnya terdengar jernih meski tidak terlalu bertenaga.

ColorOS terbaru berbasis Android Pie

Beralih ke sistem operasi, Realme 3 sudah mengadopsi ColorOS 6.0, alias yang paling baru, dan berbasis Android yang juga versi anyar, yakni 9.0 Pie. ColorOS 6.0 mengusung desain tanpa batas yang memungkinkan Anda menelusuri semua aplikasi secara vertikal.

Sejauh pengalaman kami, ColorOS 6.0 terasa sangat mulus dan ringan saat dioperasikan. Untuk multitasking pun nyaman dan mudah saat bernavigasi dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Selain itu, ColorOS 6.0 juga dibekali beberapa fitur yang berguna.

Salah satunya adalah mode Moto Ride. Sesuai namanya, mode ini cocok digunakan saat Anda ingin berkendara dengan motor. Singkatnya, mode Moto Ride dapat membuat semua notifikasi yang masuk dibisukan. Anda pun dapat mengatur panggilan telepon yang masuk maupun yang ditolak dengan secara otomatis menjawab melalui SMS.

Ada pula Game Space, fitur yang mampu memblokir semua notifikasi yang mengganggu saat sedang bermain game, serta menunjang kinerja smartphone agar game berjalan lebih optimal. Bahkan lewat Game Space Anda juga dapat mengunci tingkat kecerahan layar.

Kamera dengan dukungan Nightscape

Ini yang menjadi salah satu keunggulan utama dari Realme 3. Biasanya, untuk sebuah smartphone dengan harga tak sampai 2 juta rupiah kita tidak perlu berharap banyak bisa mendapatkan hasil foto yang memuaskan. Ternyata Realme 3 berbeda.

Smartphone ini memiliki kamera belakang ganda yang terdiri dari 13 megapixel f/1.8 dan 2 megapixel yang berguna untuk membantu menciptakan foto dengan efek bokeh. Sementara di depan, Realme menyediakan kamera selfie 13 megapixel f/2.0.

Kemampuan fotografi pada kamera tersebut sudah didukung AI Scene Recognition yang mampu mengenali 16 skenario pemotretan. Jadi kamera akan dapat secara otomatis memilih pengaturan yang sesuai dengan kondisi dan subyek saat memotret. Dengan begitu, hasil foto pun juga akan lebih optimal.

Namun yang menjadi daya tarik dari kamera Realme 3 adalah mode Nighscape. Secara singkat, mode ini dapat membantu Anda menciptakan foto yang lebih tajam di kondisi low-light atau malam hari dengan bantuan AI dan pemrosesan multi-frame.

Artinya, Nightscape akan menggabungkan beberapa foto dengan exposure berbeda menjadi satu foto yang memiliki dynamic range lebih luas. Karena harus mengambil beberapa foto sekaligus, butuh waktu sekitar 3 detik untuk memotret dengan Nightscape. Anda harus menahan nafas dan tangan agar tetap stabil. Berikut hasil foto dengan mode Nightscape.

IMG20190307182416

IMG20190307195946

IMG20190307235259

Hasilnya cukup memuaskan dan bisa dibilang termasuk salah satu yang paling oke jika dibandingkan pesaingnya di kelas harga yang sama. PAda kondisi low-light kamera Realme 3 masih mampu menangkap detail dengan cukup baik, dengan pencahayaan serta warna yang juga lumayan akurat.

Sementara untuk pemotretan dengan cahaya memadai, kamera Realme 3 mampu menghasilkan foto dengan detail tinggi, kontras yang pas, dan warna yang juga akurat. Dynamic range-nya pun termasuk baik bahkan ketika memotret dengan latar yang terang. Portrait mode-nya juga halus dan rapi saat memisahkan objek utama dengan latar belakangnya.

IMG20190307173457

IMG20190307173705

IMG20190307181729

IMG20190308203527

Intinya, kamera Realme 3 menawarkan peningkatan yang cukup signifikan dari seri sebelumnya. Bahkan untuk level harganya, Realme 3 bisa jadi merupakan yang pertama menghadirkan mode Nightscape. Masih penasaran dengan hasil kamera Realme 3? Langsung saja menuju akun Flickr resmi Yangcanggih.com.

Performa oke untuk gaming

Beralih ke urusan performa, Realme 3 mengandalkan SoC MediaTek Helio P60 yang ditemani dengan RAM 3 GB atau 4 GB, serta memori internal 32 GB atau 64 GB. Perpaduan yang menurut kami menggiurkan karena di atas kertas akan bisa menyediakan kinerja bertenaga untuk beragam kebutuhan.

Mungkin jika harus membandingkan dengan smartphone Android lainnya di kisaran harga setara atau bahkan lebih tinggi, Realme 3 termasuk yang menawarkan chipset paling menarik di kelas harganya.

Hasilnya bisa ditebak. Performa Realme 3 amat mulus untuk penggunaan sehari-hari, ditambah lagi dengan ColorOS 6.0 yang memang ringan. Untuk gaming pun cukup mumpuni. Kami mencoba memainkan PUBG Mobile dan ternyata game berjalan dengan mulus tanpa kendala dengan frame rate yang stabil pada setting grafis Medium. Sementara untuk menjalankan Arena of Valor, hasil yang didapat pun juga sama.

Selain itu, selama melakukan pengujian kami merasa suhu pada Realme 3 tetap terjaga dengan baik. Tidak ada peningkatan suhu yang berlebihan sehingga Anda bisa bermain dengan nyaman tanpa terganggu panas pada bodi ponsel.

Baterai awet

Realme 3 hadir dengan kapasitas baterai yang cukup besar, yakni 4.230 mAh. Keunggulan yang sekali lagi membuatnya terlihat lebih menarik dibanding para pesaingnya di level harga yang sama. Dengan baterai ini, Anda tidak perlu khawatir kehabisan daya di tengah jalan.

Sejauh pengujian kami, saat terisi penuh baterai Realme 3 mampu membuatnya menyala seharian penuh dengan gaya pemakaian normal seperti browsing, mengakses media sosial, sesekali bermain games, sesekali menonton YouTube, dan terkadang memutar musik. Bahkan jika Anda bukan termasuk orang yang aktif dengan smartphone, daya tahan baterainya bisa sampai keesokan harinya.

Ini juga tak lepas dari penggunaan ColorOS 6.0 yang memiliki kemampuan manajemen daya yang cerdas, serta resolusi layar yang masih HD+. Dalam paket penjualannya, baterai Realme 3 sudah dibekali charger 5V/2A yang diharapkan bisa membantu mempercepat proses pengisian daya. Meski begitu, karena kapasitas yang memang besar dan masih mengandalkan port microUSB, waktu charging yang mencapai sekitar 3 jam untuk mengisi baterianya hingga penuh.

Kesimpulan

Lewat Realme 3, Realme berharap dapat meraih kesuksesan seperti saat meluncurkan Realme 2 tahun lalu yang mendapat sambutan positif dari masyarakat. Dan menurut kami, hal itu sangat memungkinkan. Pasalnya smartphone ini memang layak diapresiasi karena memiliki value for money lebih baik jika diadu dengan produk dari brand lainnya di kisaran harga setara.

Harga jualnya juga amat mengejutkan, yaitu mulai dari Rp1.999.000. Bahkan varian tertingginya yang memiliki RAM 4GB dan ROM 4GB dijual seharga Rp2.399.000. Harga yang amat kompetitif jika menilik fitur dan spesifikasinya.

Dengan harganya itu, Realme 3 merupakan paket komplit dengan value terbaik yang menawarkan desain yang oke, performa bertenaga, kamera yang bisa diandalkan, serta baterai yang tahan lama. Jadi bagi yang mencari smartphone Android di kisaran harga 2 jutaan, Realme 3 merupakan penawaran terbaik untuk saat ini.

Buat yang agak bingung memilih variannya, versi RAM 3GB dengan memori internal 64GB merupakan pilihan terbaik menurut kami.

Yang Canggih:

  • Desain bodi menawan dengan warna gradasi
  • Layar besar dengan poni minimalis dan bezel tipis
  • Performa oke untuk berbagai kebutuhan, termasuk main game
  • ColorOS 6.0 yang ringan dan lebih nyaman digunakan
  • Kualitas kamera belakang tergolong bagus di kondisi cahaya memadai
  • Hasil foto selfie baik, dengan AI Beauty yang tergolong alami
  • Mode Nightscape amat membantu menghasilkan foto yang optimal saat malam hari
  • Baterai awet
  • Harga di bawah kompetitornya yang memiliki performa dan fitur serupa atau di bawahnya

Yang Kurang:

  • Belum ada fast charging
  • Bodi belakang mudah kotor terkena bekas jari

Desain
Fitur
Performa
Hasil Foto
Harga
Reader Rating6 Votes3.4
4.6
Terbaik di kelas harganya
Dengan harganya itu, Realme 3 merupakan paket komplit dengan value terbaik yang menawarkan desain yang oke, performa bertenaga, kamera yang bisa diandalkan, serta baterai yang tahan lama. Jadi bagi yang mencari smartphone Android di kisaran harga 2 jutaan, Realme 3 merupakan penawaran terbaik untuk saat ini.
Cek Harga