Hands-On: Mencoba Kecanggihan 32MP Pop-Up Camera & AI Triple Camera pada Vivo V15

Selain desain ringkas, kemampuan kamera yang mampu menghasilkan foto bagus merupakan kriteria populer saat konsumen memilih sebuah ponsel.

Jika tahun lalu banyak pabrikan smartphone menghadirkan ponsel dengan poni di layar untuk menciptakan smartphone layar besar dengan bingkai yang tipis, maka tahun ini inovasi di ranah smartphone hadir dalam bentuk desain kamera depan yang canggih.

Pertama dengan kamera pop-up

kamera popup Vivo V15

Untuk Indonesia, Vivo V15 merupakan smartphone pertama yang dilengkapi kamera depan pop-up yang bisa otomatis bergeser keluar masuk sesuai situasi seperti saat melakukan foto selfie atau video call.

Tidak perlu mencemaskan kekuatan desain gesernya. Saat dicoba berkali-kali, mekanisme geser kameranya ini terasa halus dan cepat, serta tidak berisik. Ukuran kamera depan pop-up yang cukup mungil membuatnya relatif lebih aman dari bahaya benturan. Anda bisa menekan kameranya saat dalam posisi keluar dan kamera pop-up ini akan langsung bergeser masuk.

Pengamanan lain, jika dalam beberapa detik (dapat diatur) tidak digunakan, kamera pop-up akan bergeser masuk secara otomatis. Ini penting bagi pengguna ceroboh yang tidak sengaja memasukkan ponsel dalam kondisi kamera depan aktif ke dalam tas atau saku.

Lalu bagaimana dengan hasil foto kamera depan Vivo V15?

vivo v15 ai beauty selfie

Dengan sensor 32 megapixel, kamera depan pop-up V15 mampu menghasilkan foto selfie yang detail dengan exposure yang baik. Bagi yang ingin mendapatkan foto wajah yang lebih mulus, bisa mengaktifkan AI Face Beauty.

Pada kondisi yang pas, hasil swafoto dengan AI Face Beauty akan memuaskan. Kulit wajah terlihat lebih cerah, dengan kerut wajah dihilangkan. Kerennya, penyempurnaan wajah tersebut dilakukan tanpa menghilangkan tekstur dan ciri khas wajah. Berikut contoh swafoto dengan AI Face Beauty pada kondisi optimal.

AI Beauty

AI Face Beauty + bokeh

Desain kamera depan yang jelas terlihat saat swafoto ini ternyata berguna saat melakukan swafoto berkelompok. Semua subyek akan dengan mudah mengetahui ke mana mata harus menatap saat mengambil foto. Jadi semua mata akan lebih mudah kompak menghadap ke kamera sehingga hasilnya bagus.

AI Triple Camera di belakang

Di bagian belakang, V15 memiliki tiga kamera. Yang pertama; terdapat kamera utama 12 megapixel (Dual-pixel) f/1.78, satu kamera 8 megapixel ekstra lebar f/2.2, serta satu kamera 5 megapixel f/2.4 untuk mengukur kedalaman pada mode bokeh.

Mengusung sensor berukuran 1/2,8 inci, kamera belakang utama Vivo V15 mampu menghasilkan foto yang tajam dengan saturasi dan kontras warna yang cukup tinggi dalam kondisi cahaya ideal. Berikut beberapa hasil foto kamera belakang utama pada mode Normal tanpa proses penyuntingan.

IMG_20190224_174053

IMG_20190303_123738

IMG_20190222_190141

Untuk kondisi cahaya gelap atau temaram, kamera belakang utamanya masih mampu menghasilkan foto bagus dengan saturasi dan kontras warna yang terjaga. Berikut contoh hasil foto Vivo V15 dalam kondisi cahaya gelap atau remang-remang.

ASUS vivobook s14 flip 728

IMG_20190222_190119

IMG_20190224_181503

IMG_20190307_140053

Bagi yang ingin mengambil foto Portrait dengan efek Bokeh, kamera utama Vivo V15 bisa melakukannya dengan mudah. Bahkan Anda juga bisa mengatur tingkat bokeh (dalam skala diafragma) sesudah foto diambil. Berikut perbandingan foto dengan opsi bokeh aktif dan tidak aktif.

Bokeh mode

Normal mode

Untuk subyek manusia, opsi Bokeh ini akan terlihat amat baik jika latar cukup jauh di belakang subyek atau latar tidak terlalu rumit. Dari pengalaman, efek bokeh akan lebih efektif jika jarak subyek kurang dari 2 meter dengan komposisi yang agak rapat. Berikut contoh hasil foto dengan fitur Bokeh yang optimal.

IMG_20190224_153047

Bokeh mode

Kamera belakang kedua Vivo V15 memiliki sudut pandang ekstra lebar. Dengan sudut pandangnya yang ekstra lebar, kamera Vivo V15 akan dapat mengabadikan pemandangan atau memuat lebih banyak subyek dan obyek dalam ruangan sempit.

Berikut perbandingan antara hasil kamera belakang utama dengan kamera belakang ekstra lebar Vivo V15 dari jarak yang sama.

IMG_20190307_151337

IMG_20190307_151342

Peningkatan yang paling kentara terlihat di sektor AI atau kecerdasan buatan yang kini lebih pintar dalam menyajikan warna untuk beragam situasi. Jadi tidak ada cerita lagi memotret makanan dalam Food Mode yang hasil fotonya terlalu matang warnanya.

Dari pengujian singkat ini, Vivo V15 hadir dengan kualitas kamera belakang yang amat baik untuk kelas harganya. Desain kamera pop-up juga tidak berpengaruh pada kenyamanan pemakaian dan hasil foto selfie.

Penawaran khusus hingga 11 Maret 2019

Preorder Vivo V15 maret 2019 1

Vivo V15 telah dapat dipesan dengan harga resmi Rp4.399.000. Selama masa pre-order yang berlangsung hingga tanggal 11 Maret 2019, pembeli akan mendapatkan berbagai penawaran menarik seperti Gift Box spesial senilai 1 juta rupiah, paket data gratis, kesempatan mendapatkan cashback 100%, dan sebagainya. Anda bisa langsung memesannya di berbagai e-commerce terkemuka Indonesia seperti Akulaku, JD.ID, Lazada, Shopee, Blibli, dan Tokopedia.

Bagi yang penasaran dengan spesifikasi dan fitur Vivo V15 lainnya, bisa klik tautan berikut untuk melihat informasi lengkapnya.