Fresh from the oven: Video Review OPPO F11

Vivo iQOO: Smartphone Gaming dengan Snapdragon 855 dan RAM 12 GB

Vivo akhirnya secara resmi meluncurkan produk pertamanya di bawah brand iQOO. Hadir sebagai smartphone kelas gaming, Vivo iQOO dibekali spesifikasi kelas atas yang menjanjikan performa kencang untuk menjalankan berbagai judul game.

Snapdragon 855 dan RAM 12 GB

Vivo iQOO mengusung layar AMOLED berukuran 6,41 inci dengan resolusi Full HD+, lengkap dengan sensor sidik jari yang tersembunyi di baliknya. Meski berstatus sebagai smartphone gaming, perangkat ini tetap tampil kekinian karena masih mengusung poni tetesan air pada layarnya.

Desainnya juga menawan karena dibalut kombinasi warna yang unik, yakni Electro Optic Blue dan Lava Orange, serta tidak terlalu menonjolkan kesan gaming seperti yang disajikan oleh Asus ROG Phone maupun Xiaomi Black Shark.

Yang menarik, Vivo iQOO memiliki slogan “Monster Inside”. Artinya, walaupun secara penampilan tidak gahar, smartphone ini tetap menawarkan kombinasi hardware terdepan seperti SoC Qualcomm Snapdragon 855.

RAM yang dibenamkan juga tidak tanggung-tanggung, yakni mulai dari 6 GB hingga 12 GB (ada beberapa varian). Sementara untuk urusan penyimpanan data, Vivo iQOO menyediakan opsi 128 GB dan 256 GB.

Sama seperti smartphone gaming kebanyakan, Vivo iQOO juga memiliki sistem pendingin cair yang disebut Super Liquid Cooling. Selain itu, ada pula fitur pendongkrak performa lainnya seperti AI Turbo, Center Turbo, Net Turbo, Cooling Turbo, dan Game Turbo, yang semuanya tergabung dalam satu fitur bernama Multi-Turbo.

Menurut Vivo, Multi-Turbo dapat membuat aplikasi terbuka 30 persen lebih cepat, serta frame rate meningkat hingga lebih dari 70 persen. Kerennya lagi, fitur ini secara otomatis dapat mengganti antara WiFi dan 4G tergantung kebutuhan koneksi.

Fast-charging 44W

Keunggulan lainnya yang dimiliki oleh Vivo iQOO adalah fast-charging 44W yang diklaim dapat mengisi baterai 4.000 mAh di smartphone tersebut, hanya dalam waktu 45 menit. Bahkan, untuk mencapai 50 persen pun hanya butuh sekitar 15 menit saja.

Sedikit membahas sektor fotografi, Vivo iQOO memiliki tiga kamera belakang yang terdiri dari 13 megapixl wide-angle, 12 megapixel dual-pixel, serta 2 megapixel depth sensor. Di depan, ada kamera selfie 12 megapixel f/2.0.

Vivo iQOO akan lebih dulu dijual di China dengan harga mulai dari US$447 atau sekitar 6,3 juta rupiah. Varian termahal dengan back cover bertekstur matte black carbon dijual di angka US$640 atau sekitar 9 jutaan rupiah.