Canikon: Adapter Lensa Canon Untuk Mirrorless Full Frame Nikon Pertama di Dunia dengan Autofocus

Adapter lensa Canon ke bodi Nikon atau sebaliknya memang sudah banyak tersedia di pasaran. Tapi, pada umumnya adapter lensa tersebut belum dilengkapi dengan fitur autofocus dan hanya mengizinkan pengguna melakukan pengaturan focus secara manual.

svg%3E

Tapi, dalam waktu dekat pengguna kamera Nikon akan bisa memasang lensa Canon untuk memotret dengan dukungan autofocus. Hal ini bisa terwujud lewat adapter lensa inovatif bernama Canikon yang diumumkan Kipon di ajang CP+ 2019 yang berlangsung di Jepang.

Kompatibel dengan semua lensa yang mengusung mount Canon EF

Selain menawarkan kemudahan dengan dukungan autofocus, satu hal yang menarik dari adapter lensa Canikon adalah dukungan lensa yang kompatibel dengannya.

svg%3E

Canikon tidak hanya kompatibel dengan lensa Canon EF dan EF-S dari pabrikan Canon saja, tapi juga bisa dipasang dengan lensa Canon EF dari pabrikan pihak ketiga lain seperti dari Sigma dan Tamron. Dengan demikian, pengguna kamera Nikon bisa memilih berbagai jenis lensa Canon EF yang ingin digunakan sesuai kebutuhannya.

Hanya untuk mirrorless Nikon Z

Sayangnya, Kipon tidak merancang Canikon untuk kompatibel dengan semua kamera Nikon. Adapter lensa ini hanya khusus dirancang untuk pengguna kamera mirrorless full frame Nikon Z saja.

Jika berminat Anda pun nampaknya perlu bersabar. Pasalnya, Kipon belum mengumumkan lebih lanjut kapan dan berapa harga jual Canikon nanti di pasaran.