Fresh from the oven: Video Review OPPO F11

[MWC 2019] Nokia 9 PureView: Smartphone Pertama dengan 5 Kamera Belakang 12 Megapixel

Last updated:

Ajang MWC di Barcelona tahun ini tampaknya banyak menampilkan produk yang amat menarik. Selain ponsel layar lipat dari Huawei, HMD Global melalui brand Nokia baru saja memperkenalkan Nokia 9 PureView, smartphone pertama dengan konfigurasi 5 kamera belakang.

5 kamera 12 megapixel dengan lensa Zeiss

Nokia 9 PureView tampil dengan desain yang kurang lebih sesuai dengan gosip yang beredar belakangan ini. Kelima kamera disusun di bagian punggung lengkap dengan lampu flash dual-tone yang menemaninya.

Soal konfigurasinya, Nokia 9 PureView memiliki 5 kamera 12 megapixel, yang masing-masing menggunakan lensa Zeiss f/1.8. Dua kamera memakai sensor RGB, sementara tiga kamera lainnya monokrom.

Kelima kamera tersebut hadir dengan focal length yang sama, 28mm. Tidak ada lensa ultra-wide atau telephoto. Kabarnya, Nokia 9 PureView tidak dibuat untuk mendukung berbagai kebutuhan fotografi, tetapi lebih kepada bagaimana menghasilkan satu foto yang bagus dengan dynamic range yang amat baik.

Tak hanya itu, Nokia 9 PureView juga telah dioptimalkan untuk pengguna yang gemar mengutak-atik foto dalam format RAW. Untuk mendukung kebutuhan yang satu ini, pihak Nokia bekerjasama dengan Adobe agar bisa dilakukan dengan maksimal menggunakan versi mobile Adobe Lightroom.

 

Yang lebih menarik, sesungguhnya smartphone ini dibekali kamera keenam. Tapi menurut Nokia, kamera tersebut merupakan kamera ToF yang digunakan untuk menganalisa kedalaman ruang saja.

Bagi yang gemar selfie, Nokia 9 PureView punya kamera 20 megapixel f/1.8 di depan. Kamera ini mendukung Tetracell pixel binning sehingga di kondisi low light dapat menggabungkan 4 foto menjadi sebuah foto 5 megapixel yang terang dan minim noise.

Sensor sidik jari di bawah layar

Nokia 9 PureView menyajikan desain premium dengan bodi berbalut kaca Gorilla Glass 5 dan frame berbahan metal, yang sudah mengantongi sertifikasi IP67. Layarnya berukuran 5,99 inci dengan panel P-OLED beresolusi QHD+. Layar ini sudah mendukung HDR10.

Untuk sistem keamanan, Nokia 9 PureView menggunakan sensor sidik jari yang tersembunyi di bawah layar. Selain itu, pengguna juga memiliki opsi lainnya yakni Face Unlock dengan kemampuan AI.

Yang cukup unik, Nokia 9 PureView ternyata masih mempercayakan performa kepada SoC Qualcomm Snapdragon 845, bukan yang terbaru alias Snapdragon 855. Kemungkinan Nokia lebih memilih chipset ini karena memang sudah sejak lama mengoptimalkan algoritmanya, dan akan sulit jika dilakukan dengan Snapdragon 855 yang baru saja dirilis akhir 2018 lalu.

Nokia 9 PureView dibekali RAM 6 GB dan memori internal 128 GB (ada slot microSD). Smartphone ini kemungkinan hanya akan tersedia dalam satu pilihan warna, yakni Midnight Blue. Harganya cukup menggiurkan untuk ukuran produk flagship, yakni US$699 atau sekitar 9,8 juta rupiah.