Fresh from the oven: Video Review OPPO F11

Samsung Perkenalkan Galaxy Fold, Smartphone Layar Lipat Pertamanya dengan 6 Kamera

Tidak hanya meluncurkan Galaxy S10 series, Samsung ternyata punya kejutan lain untuk para penggemar perangkat Android di dunia. Dalam acara yang sama, Samsung memperkenalkan Galaxy Fold, smartphone pertama mereka yang mengusung teknologi layar lipat.

Hadir dengan dua layar

Samsung Galaxy Fold memiliki dua layar yang pertama. Layar eksternalnya yang berada di bagian luar berukuran 4,6 inci HD+ dengan aspect ratio 12:9. Layar ini digunakan saat pengguna mengoperasikan Galaxy Fold dengan satu tangan, layaknya ponsel biasa.

Nah, ini yang amat menarik. Ketika flip-nya dibuka, pengguna disuguhkan layar lipat Infinity Flex dengan ukuran 7,3 inci (ketika terbuka sempurna), serta memiliki resolusi QXGA+ dan aspect ratio 4.2:3.

Untuk memungkinkan layar 7,3 inci dilipat, Galaxy Fold menggunakan engsel unik dengan beberapa interlocking gears, yang dijanjikan dapat memberikan pengalaman yang mulus saat membuka maupun menutup layar lipat. Selain itu, engsel yang tersembunyi di balik dalam bodi tersebut juga dibuat tangguh alias tidak mudah rusak.

Samsung juga menyebutkan soal App Continuity. Singkatnya, dengan App Continuity semua aplikasi atau pekerjaan apapun yang sedang dilakukan lewat layar eksternal, akan langsung berpindah sepenuhnya ketika layar lipatnya dibuka.

Asyiknya lagi, Samsung juga membenamkan kemampuan 3-way multitasking ketika pengguna memakai layar 7,3 inci di Galaxy Fold. Lewat fitur ini, pengguna bisa melakukan multitasking dengan membuka tiga aplikasi sekaligus!

Dibekali 6 kamera

Samsung Galaxy Fold dipersenjatai SoC 7nm octa-core dengan RAM 12 GB dan memori internal 512 GB UFS 3.0. Yang lebih unik, smartphone ini memiliki dua buah baterai yang ketika digabungkan kapasitasnya menjadi 4.380 mAh.

Dari sektor fotografi, total Samsung membenamkan 6 buah kamera pada Galaxy Fold. Di belakang, ada konfigurasi triple-camera yang terdiri dari 16 megapixel ultra-wide, 12 megapixel wide dengan dual-aperture f/1.5 dan f/2.4, serta satu kamera 12 megapixel dengan lensa tele.

Pada bagian dengan layar eksternal, ada satu kamera selfie 10 megapixel f/2.2. Sementara di bagian dalam atau lebih tepatnya di pojok kanan atas dari layar layar lipat 7,3 inci, ada kamera ganda yang terdiri dari 10 megapixel f/2.2 dan 8 mengapixel f/1.9.

Harga premium

Dengan segala fitur canggih yang bisa dibilang tergolong inovatif di ranah smartphone Android, Samsung Galaxy Fold harus ditebus dengan harga yang cukup premium, yakni US$1980 atau sekitar 27,8 juta rupiah. Smartphone ini dijadwalkan akan mulai dijual pada 26 April 2019 mendatang.