Mobile GadgetNewsSmartphone

Tertarik Membeli Nokia 6.1 Plus? Inilah Kelebihan dan Kekurangannya

Meski masih berusaha naik ke papan atas persaingan smartphone Android di Indonesia, HMD Global melalui brand Nokia sesungguhnya punya sederet produk yang cukup menarik. Salah satunya adalah Nokia 6.1 Plus.

Sebagai perangkat yang dibanderol 3 jutaan rupiah, Nokia 6.1 Plus memang harus berhadapan dengan beberapa lawan yang cukup berat. Meski begitu, smartphone ini memiliki banyak sisi positif yang membuatnya layak menjadi salah satu opsi belanja Anda.

Jika Anda berminat dengan Nokia 6.1 Plus tapi masih ragu untuk membelinya, ada baiknya Anda menyimak rangkuman kelebihan dan kekurangannya di bawah ini.

Yang Canggih:

1. Desain elegan dengan bodi yang ramping

Nokia 6.1 Plus tampil elegan dengan frame metal dan bodi berlapis kaca. Namun yang membuat kami begitu menyukai smartphone ini adalah dimensinya yang ramping dengan sudut-sudut yang ergonomis.

Menurut kami, hal itu membuat Nokia 6.1 Plus termasuk dalam jajaran smartphone dengan sensasi genggaman paling nyaman, terutama saat dioperasikan dengan satu tangan. Anda yang tidak terlalu menyukai smartphone berukuran besar bisa menjadikan Nokia 6.1 Plus sebagai pilihan.

2. Layar tajam dan sedap dipandang

Secara spesifikasi, layar 5,8 inci pada Nokia 6.1 Plus memiliki resolusi Full HD+ dan aspect ratio 19:9. Kombinasi yang menurut kami sudah sangat mencukupi untuk menunjang kebutuhan seperti menonton film atau bermain games.

Nokia tidak lupa menambahkan fitur-fitur yang berguna seperti Night Light untuk mengurangi emisi cahaya biru, sehingga mata tidak cepat lelah saat menatapnya di malam hari atau tempat gelap. Fitur double-tap to wake juga ada.

3. Performa oke untuk gaming

Nokia 6.1 Plus dipersenjatai SoC Qualcomm Snapdragon 636 yang ditemani dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Dengan hardware seperti itu, Nokia 6.1 Plus sudah mampu menyajikan performa yang lancar untuk menjalankan berbagai aplikasi sehari-hari. Penggunaan Android murni pun turut membantu memberikan pengalaman penggunaan yang mulus.

Untuk dipakai bermain games pun bukan masalah. Kami sempat mencoba judul-judul populer seperti Mobile Legends dan PUBG Mobile, hasilnya kedua games tersebut mampu berjalan dengan mulus tanpa kendala. Meski begitu, untuk PUBG Mobile tentunya bukan pada pengaturan yang tinggi.

4. Fitur bothie pada aplikasi kamera cukup menarik

Beralih ke sektor kamera, Nokia 6.1 Plus memiliki kamera belakang ganda dengan konfigurasi sensor 16 megapixel f/2.0 dan 5 megapixel. Namun, salah satu nilai jual utama dari kamera Nokia 6.1 Plus adalah fitur Bothie (Dual-Sight).

IMG_20181011_084648

Bagi yang belum tahu, Bothie merupakan fitur yang memungkinkan Anda berbagi momen dari dua sisi memanfaatkan kamera depan dan belakangnya. Bothie bisa dilakukan untuk mengambil foto selfie, live streaming, hingga merekam video.

5. Android One janjikan update yang cepat

Ketika pertama kali diluncurkan, Nokia 6.1 Plus datang dengan Android 8.1 Oreo. Namun karena smartphone ini termasuk dalam jajaran program Android One, update ke Android 9.0 Pie pun sudah tersedia.

Seperti diketahui, smartphone Android One yang mengadopsi Android murni memang memiliki user interface yang lebih sederhana dan bersih dari bloatware. Selain itu, Nokia 6.1 Plus juga akan menerima pembaruan keamanan secara lebih rutin. Android murni juga terasa lebih ringan dan mulus ketika dioperasikan.

Yang Kurang:

1. Bagian punggung agak licin

Seperti pada kebanyakan smartphone masa kini, bagian punggung dari Nokia 6.1 Plus juga terasa agak licin sehingga rawan terlepas dari genggaman. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, Anda bisa memasang softcase yang tipis.

2. Slot hybrid

Kekurangan lainnya dari Nokia 6.1 Plus adalah penggunaan slot hybrid. Ini artinya, Anda harus memilih antara ingin memasang dua SIM-card atau satu SIM-card dan satu microSD. Ya, salah satu ada yang harus dikorbankan.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Nokia 6.1 Plus. Semoga setelah membaca artikel ini, Anda bisa langsung menetapkan apakah akan langsung membelinya atau justru beralih ke opsi yang lain.

Beri komentar

Related Articles

Back to top button