Fresh from the oven: Video Review OPPO F11

Dibanderol Murah, Redmi Go Jadi Smartphone Android Go Pertama Xiaomi

Setelah kabarnya meramaikan dunia maya selama beberapa hari terakhir, Xiaomi melalui brand Redmi akhirnya meresmikan kehadiran Redmi Go. Bagi yang belum tahu, Redmi Go adalah smartphone berbasis Android Go pertama Xiaomi.

Spesifikasi kelas bawah

Xiaomi Redmi Go mengadopsi Android 8.1 Oreo (Go Edition). Sekadar mengingatkan, Android Go merupakan sistem operasi yang lebih ringan yang ditujukan untuk ponsel murah dengan spesifikasi yang rendah.

Dengan menjalankan Android Go Edition, ponsel dengan hardware kelas bawah dijanjikan bisa tetap menikmati pengalaman penggunaan yang mulus. Apalagi, beberapa aplikasi juga sudah tersedia dalam versi Go, misalnya YouTube Go dan Maps Go.

Redmi Go sendiri hadir dengan layar 5 inci HD+ 16:9. Desain smartphone ini kurang lebih sama dengan Redmi 5A, tapi dengan sedikit modifikasi misalnya perubahan lokasi lubang speaker.

Untuk urusan performa, Redmi Go mengandalkan SoC Qualcomm Snapdragon 425 quad-core yang ditemani RAM 1 GB dan memori internal 8 GB lengkap dengan slot microSD. Dari sektor fotografi, ada kamera belakang 8 megapixel dan kamera depan 5 megapixel. Baterainya berkapasitas 3000 mAh.

Siap dirilis di Indonesia?

Redmi Go siap meluncur terlebih dahulu untuk pasar Eropa dan Filipina pada Februari 2019 mendatang. Di Eropa, harganya hanya 80 euro atau sekitar 1,3 juta rupiah. Besar kemungkinan untuk pasar Asia harganya akan jauh lebih murah. Di bawah 1 juta rupiah? Bisa jadi!

Yang menarik, Redmi Go dikabarkan juga siap dirilis di Indonesia dalam waktu dekat. Ini terlihat dari website P3DN Kementerian Perindustrian yang sudah menampilkan perangkat dengan kode MI MI M1903C3GG, alias Redmi Go, sebagai perangkat yang lolos TKDN.