Vivo V15 Pro: Pertama dengan SD 675. Baca review-nya di sini

Review Nokia 6.1 Plus: Smartphone Android One 3 Jutaan dengan Bodi Ramping

3.5
Cek Harga

HMD Global melalui brand Nokia tahun lalu menghadirkan beberapa produk yang cukup menarik. Salah satunya adalah Nokia 6.1 Plus, smartphone di kelas harga 3 jutaan rupiah yang masuk dalam kategori Android One.

Seperti apa kemampuan yang ditawarkannya dan apakah fitur-fiturnya membuatnya layak menjadi pilihan utama ketika begitu banyak opsi di kisaran harga yang sama? Langsung saja simak ulasan lengkap kami:

Bodi ramping, enak digenggam

Nokia 6.1 Plus hadir dengan bodi yang bisa dibilang ramping untuk ukuran smartphone masa kini. Ketika banyak produsen berlomba-lomba menyajikan layar dengan ukuran yang lebih lebar, smartphone ini justru datang dengan layar ‘hanya’ 5,8 inci.

Hal itu membuat dimensi Nokia 6.1 Plus terasa pas di genggaman tangan. Apalagi, bezelnya juga lumayan tipis dan ketebalannya hanya 8 mm. Jujur saja, dari sekian banyak smartphone yang pernah kami coba, Nokia 6.1 Plus termasuk yang paling nyaman dan asyik dioperasikan.

Bodi bagian belakang yang berlapis kaca Gorilla Glass memang sedikit licin, tapi bisa diatasi dengan memasang casing tambahan agar tidak perlu takut mudah tergelincir saat dipegang. Dengan dimensi yang ringkas, Nokia 6.1 Plus juga mudah dimasukkan ke dalam saku celana.

Mungkin dengan dimensi yang lebih ramping, Nokia 6.1 Plus bisa menjadi opsi yang menarik bagi Anda yang selama ini agak ragu membeli smartphone Android baru karena biasanya ukurannya besar-besar.

Dari segi desain, sesungguhnya tidak ada terobosan yang membuat terlihat berbeda dibanding kebanyakan smartphone Android yang ada di pasaran. Nokia 6.1 Plus tampil minimalis tapi tetap terkesan modern terutama jika melihat layarnya yang sudah memiliki poni.

Sudut-sudutnya melengkung dengan frame metal yang mengelilinginya. Ini tidak hanya membuat bagian eksterior dari Nokia 6.1 Plus terlihat solid, tapi juga mampu menghadirkan kesan elegan. Desain bagian belakang kental dengan DNA smartphone Nokia yang menyusun kamera ganda serta vertikal bersama dengan lampu flash. Tepat di bawahnya, Anda akan menemukan sensor sidik jari.

Soal ketersediaan port dan slot, smartphone ini memiliki sebuah port USB Type-C di bawah yang berdampingan dengan speaker, sementara port audio jack 3.5mm ada di atas. Slot yang tersedia mengusung konsep hybrid, artinya Anda harus memilih antara memasang dua SIM-card atau satu SIM-card dan satu microSD.

Layar sedap dipandang

Meski ukurannya sedikit di bawah smartphone 3 jutaan lainnya, layar Nokia 6.1 Plus tetap mampu memanjakan mata kami dengan tampilan yang tajam dan keluaran warna yang sedap dipandang.

Secara spesifikasi, layar 5,8 inci pada Nokia 6.1 Plus memiliki resolusi Full HD+ dan aspect ratio 19:9. Kombinasi yang menurut kami sudah sangat mencukupi untuk menunjang kebutuhan seperti menonton film atau bermain games.

Nokia tidak lupa menambahkan fitur-fitur yang berguna seperti Night Light untuk mengurangi emisi cahaya biru, sehingga mata tidak cepat lelah saat menatapnya di malam hari atau tempat gelap. Fitur double-tap to wake juga ada.

Sedikit membahas audio, tidak ada yang spesial dari apa yang ditawarkan oleh Nokia 6.1 Plus. Intinya kualitas audionya standar saja, yakni terdengar jernih dan tidak cempreng.

Android One: Sudah update 9.0 Pie

Ketika pertama kali diluncurkan, Nokia 6.1 Plus datang dengan Android 8.1 Oreo. Namun karena smartphone ini termasuk dalam jajaran program Android One, update ke sistem operasi terbaru pastinya lebih cepat.

Terbukti, sejak kira-kira bulan November 2018 lalu, Nokia 6.1 Plus sudah menerima update Android 9.0 Pie. Dan kemungkinan besar, saat Android versi selanjutnya dirilis smartphone ini juga masih akan menerima update.

Di satu sisi smartphone Android One yang mengadopsi Android murni memang memiliki user interface yang lebih sederhana dan bersih dari bloatware. Meski begitu, kami yakin ada pula pengguna yang menganggap tampilannya membosankan dan minim fitur.

Tapi yang wajib Anda ketahui, dengan lebih dulu mendapatkan update, Nokia 6.1 Plus juga akan menerima pembaruan keamanan secara lebih rutin. Selain itu, Android murni umumnya juga terasa lebih ringan dan mulus ketika dioperasikan.

Kamera dengan fitur bothie

Beralih ke sektor kamera, Nokia 6.1 Plus memiliki kamera belakang ganda dengan konfigurasi sensor 16 megapixel f/2.0 dan 5 megapixel. Sementara untuk yang gemar selfie, ada kamera 16 megapixel di depan.

Kamera belakangnya didukung beberapa mode standar. Misalnya mode Pro untuk pengaturan manual pada ISO, Shutter Speed, White Balance, dan Exposure. Ada pula mode Panorama, Bokeh, Time Lapse, dan Beauty.

Untuk yang gemar merekam video, kamera belakang Nokia 6.1 Plus mampu merekam hingga resolusi 4K. Sementara untuk kamera depan, perekaman video bisa mencapai resolusi Full HD. Cukup menarik, ‘kan?

IMG_20181011_084648

IMG_20181011_083405

Asyiknya lagi, yang menjadi salah satu nilai jual utama dari kamera Nokia 6.1 Plus adalah fitur Bothie (Dual-Sight), yakni fitur yang memungkinkan Anda berbagi momen dari dua sisi memanfaatkan kamera depan dan belakangnya. Bothie bisa dilakukan untuk mengambil foto selfie, live streaming, hingga merekam video.

Lalu, bagaimana dengan hasil fotonya? Menurut kami kamera Nokia 6.1 Plus bisa diandalkan untuk pemotretan di luar ruangan saat siang hari, atau pada lokasi dengan cahaya yang mencukupi. Hasil fotonya lumayan tajam dan reproduksi warnanya pun cukup akurat. Tapi jika dibandingkan dengan smartphone pesaing, menurut kami kualitasnya belum bisa dibilang di atas rata-rata.

IMG_20181011_081818

IMG_20181011_080744

Agar lebih menjelaskan seperti apa kemampuan kamera Nokia 6.1 Plus, Anda bisa melihat koleksi foto kami yang lebih lengkap di akun Flickr Yangcanggih.com.

Performa mulus, untuk gaming lancar

Nokia 6.1 Plus dipersenjatai SoC Qualcomm Snapdragon 636 yang ditemani dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Kombinasi yang menurut kami cukup standar untuk sebuah smartphone 3 jutaan rupiah.

Dengan hardware seperti itu, Nokia 6.1 Plus sudah mampu menyajikan performa yang lancar untuk menjalankan berbagai aplikasi sehari-hari. Penggunaan Android murni pun turut membantu memberikan pengalaman penggunaan yang mulus.

Untuk dipakai bermain games pun bukan masalah. Kami sempat mencoba judul-judul populer seperti Mobile Legends dan PUBG Mobile, hasilnya kedua games tersebut mampu berjalan dengan mulus tanpa kendala. Meski begitu, untuk PUBG Mobile tentunya bukan pada pengaturan yang tinggi.

Berikut beberapa hasil pengujian kami menggunakan aplikasi benchmark:

Baterai cukup awet

Nokia 6.1 Plus hadir dengan baterai berkapasitas 3060 mAh. Tentunya jika dibandingkan dengan kebanyakan smartphone Android masa kini, kapasitas seperti itu memang terasa kurang menggiurkan.

Tapi untungnya, Nokia 6.1 Plus memiliki manajemen daya yang cukup baik. Kami bisa menggunakan Nokia 6.1 Plus untuk beraktivitas seharian. Pagi terisi penuh, menjelang malam baru mengisi ulang daya kembali.

Proses charging belum bisa dibilang cepat meski smartphone ini sesungguhnya sudah mendukung fast charging. Menggunakan charger bawaan, dari kondisi di bawah 10 persen butuh waktu sekitar 2 jam untuk terisi penuh 100 persen.

Kesimpulan

HMD Global sejauh ini cukup rajin membawa smartphone Nokia seri entry-level hingga menengah ke Indonesia. Keberadaan Nokia 6.1 Plus mempertegas komitmen mereka untuk lebih fokus bersaing di kisaran harga tersebut, meksipun mungkin ada banyak pengguna yang berharap di tahun 2019 ini seri yang premium juga akan diluncurkan.

 

Secara keseluruhan, Nokia 6.1 Plus adalah smartphone yang bagus. Sektor performa mungkin standar-standar saja, tidak ada yang spesial, dan kemampuan kameranya kurang memuaskan jika dibandingkan para pesaingnya. Tapi bodinya yang ramping dan elegan menjadi nilai plus tersendiri untuk pengguna yang mulai kesulitan mencari smartphone yang ringkas untuk digenggam dan dimasukkan ke saku celana.

Dibanderol Rp3.399.000, Nokia 6.1 Plus adalah solusi yang pas untuk Anda yang tidak menyukai perangkat dengan dimensi besar, serta mencari smartphone dengan user interface yang bersih dan update sistem operasi yang menjanjikan.

Yang Canggih:

[tie_list type=”thumbup”]

  • Bodi ramping, pas di genggaman tangan
  • Tampilan elegan dengan frame metal dan berlapis kaca
  • Layar tajam dengan warna yang memanjakan mata
  • Performa oke untuk beragam kebutuhan
  • Kamera dibekali fitur bothie yang menarik
  • Android One = update OS cepat, UI bersih

[/tie_list]

Yang Kurang:

[tie_list type=”thumbdown”]

  • Bodi bagian belakang agak licin
  • Slot hybrid
  • Kemampuan kamera kurang menonjol dibanding lawan-lawannya

[/tie_list]

Spesifikasi Nokia 6.1 Plus
Layar 5,8 inci Full HD+ 19:9
SoC Qualcomm Snapdragon 636
RAM 4GB
Memori internal 64GB
Kamera belakang 16 megapixel + 5 megapixel
Kamera depan 16 megapixel
Baterai 3060 mAh
Sistem Operasi Android 9.0 Pie
Fitur Sensor sidik jari Bothie (dual-sight)
Cocok untuk Anda yang mencari smartphone dengan bodi ramping dan enak digenggam
3.5
Cek Harga