Vivo V15 Pro: Pertama dengan SD 675. Baca review-nya di sini

Olympus OM-D E-M1X: Kamera Mirrorless Pertama dengan Vertikal Grip Terintegrasi

Rumor kehadiran kamera mirrorless baru dari Olympus akhirnya terbukti benar dengan diumumkannya OM-D E-M1X Pro. Kamera mirrorless ini diciptakan untuk membidik segmen fotografer profesional yang gemar memotret aksi-aksi cepat.

Pertama dengan Vertikal grip terintegrasi

Olympus OM-D E-M1X punya banyak kesamaan dengan Olympus E-M1 Mark II, tapi tetap ada sederetan pembaruan yang bisa ditemukan di Olympus OM-D E-M1X. Pertama adalah vertikal grip. Olympus OM-D E-M1X adalah kamera mirrorless pertama dengan vertikal grip terintegrasi yang tidak bisa dilepas pasang.

Vertikal grip tersebut membawa baterai ganda yang bisa digunakan memotret sekitar 870 foto untuk sekali isi ulang. Selain itu vertikal grip ini juga bisa meningkatkan kenyamanan saat memotret dengan posisi vertikal atau horisontal dan bisa mengurangi efek lelah saat digunakan untuk memotret dengan jangka waktu yang lama.

Walau begitu, menurut Olympus rancangan bodinya secara keseluruhan turut diperbarui dengan fitur ketangguhan dan ketahanan terhadap cuaca yang lebih baik.

Chip prosesor ganda


Seperti Olympus E-M1 Mark II, Olympus OM-D E-M1X juga masih tetap mengandalkan sensor Live MOS MFT yang resolusinya 20.4 megapixel. Bedanya, Olympus OM-D E-M1X dipersenjatai sensor gambar ganda Dual TruePic VIII. Hasilnya, Olympus OM-D E-M1X bisa memotret tanpa henti dengan lebih cepat yakni hingga 60 frame per detik dengan AF/AE terkunci. Sementara di mode Silent dengan pengaturan AF/AE tracking kecepatannya bisa hingga 18 frame per detik. Ini menjadikan Olympus OM-D E-M1X sangat ideal untuk mengabadikan momen dengan subyek yang bergerak sangat cepat seperti misalnya foto olahraga.

Spesifikasi Olympus OM-D E-M1X berikut ini:

Spesifikasi Olympus OM-D E-M1X
Sensor Live MOS MFT 20.4 megapixel
Prosesor Dual TruePic VIII
ISO Auto, 200-25600 (bisa diekspansi kebawah hingga ISO 64)
Image Stabilization Sensor-shift
Jumlah titik fokus 121 titik cross type phase detection
Autofocus Contrast Detect (sensor), Phase Detect, Multi-area, Center, Selective single-point, Tracking, Single, Continuous, Touch, Face Detection, Live View
Layar Layar sentuh fleksibel 3 inci, 1.037.000 titik
Jendela bidik elektronik, 2.360.000 titik
Continuos shoot 60fps
Video hingga 4096 x 2160 @ 24p / 237 Mbps, MOV, H.264, Linear PCM
Kartu memori Dual SD/SDHC/SDX
Konektivitas HDMI, USB 3.1, WiFi, Bluetooth
Bobot 997 gram
Dimensi 144 x 147 x 75 mm
GPS Ya

Fitur penstabil semakin mumpuni

Pembaruan kemudian merambat di fitur penstabilnya. Menurut Olympus, OM-D E-M1X membawa fitur penstabil yang terbaik di kelasnya. OM-D E-M1X bisa menstabilikan pengambilan gambar hingga total sekitar 7.5 stop dengan lensa M.Zuiko Digital ED 12-100mm F4.0 IS PRO. Sementara fitur penstabil yang ada langsung dibodinya ini sanggup menstabilkan pengambilan gambar dengan kompensasi sekitar 7 stop.

Untuk fitur lainnya, Olympus, OM-D E-M1X dilengkapi shutter dengan umur hingga sekitar 400.000 penekanan tombol shutter, membawa layar sentuh fleksibal yang bisa dilipat dan diputar, punya fitur Live ND untuk menurunkan kompensasi eksposur hingga 5 stops, mode hi-res 50 megapixel, dilengkapi slot kartu memori ganda, serta kemampuan rekam video 4K lengkap dengan dukungan OM-Log400 video dan perekaman video gerakan lambat 120fps.

Olympus OM-D E-M1X akan mulai tersedia di pasaran bulan Februari 2019. Untuk harga jualnya dipatok US$3000.