Dibanderol Terjangkau, Inilah Kelebihan dan Kekurangan Realme C1

Realme C1 hadir sebagai seri paling terjangkau yang sediakan untuk pasar Indonesia saat ini. Meski harganya hanya 1,5 jutaan rupiah, smartphone tersebut justru tampil menggoda karena dibekali spesifikasi dan desain yang membuat terlihat lebih menonjol di kelasnya.

Kami pun sudah mengulas secara lengkap Realme C1 dalam artikel review yang kami rilis beberapa waktu yang lalu. Namun untuk lebih memudahkan Anda yang masih bimbang dalam meminang smartphone ini, yuk, kami bantu sajikan kelebihan dan kekurangannya.

Yang Canggih:

1. Desain oke dengan build quality yang baik

svg%3E
Realme C1

Realme tampaknya tahu betul cara untuk menyajikan desain yang tetap bagus walaupun harga smartphone-nya murah. Materialnya belum metal, sama seperti smartphone lainnya di kelas harganya. Tapi secara penampilan, Realme C1 terlihat lebih sedap dipandang.

Kualitas rancang bangunnya solid dan sama sekali tidak murahan. Cover belakangnya polos, tanpa pola diamond seperti pada Realme 2. Meski begitu, warna Deep Black-nya membuat Realme C1 mampu memberi kesan elegan. Selain Deep Black, ada pula opsi warna Ocean Blue.

2. Layar besar, asyik untuk menonton video

svg%3E

Realme C1 hadir dengan layar 6,2 inci resolusi HD+. Untuk kelas harganya, cukup jarang yang menawarkan layar sebesar ini, apalagi sudah mengusung desain poni yang modern. Dari segi kualitas, layar Realme C1 tergolong cukup baik untuk mendukung berbagai kebutuhan.

Tampilannya tampak tajam dan keluaran warnanya juga sedap dipandang mata. Cocok untuk menikmati konten video atau bermain game. Tingkat kecerahannya juga tergolong lumayan dan masih oke untuk penggunaan di bawah sinar matahari. Selain itu, layar Realme C1 juga didukung fitur Night Shield yang mengurangi emisi cahaya biru agar mata tidak cepat lelah.

3. Performa mulus dengan Snapdragon 450

svg%3E

Realme C1 dipersenjatai SoC Qualcomm Snapdragon 450 yang ditemani RAM 2 GB dan memori internal 16 (ada slot microSD). Untuk memainkan game populer seperti Mobile Legends smartphone ini termasuk bisa menanganinya dengan lancar, walaupun tentunya mode high frame rate tidak bisa diaktifkan.

Tapi setidaknya, frame rate yang dihasilkan cukup stabil. PUBG mobile pun masih bisa. Hal ini juga didukung oleh sistem operasi ColorOS 5.1 yang memang terasa ringan dan efisien, sehingga semua berjalan mulus.

4. Kamera cukup baik untuk memotret di siang hari

svg%3E

Smartphone ini hadir dengan konfigurasi kamera belakang ganda yang terdiri dari sensor 13 megapixel + 2 megapixel lengkap dengan mode portrait (bokeh). Untuk yang gemar selfie, ada kamera 5 megapixel di depan.

Hasil foto Realme C1 (3)

Hasil foto Realme C1 (9)

Untuk kondisi pemotretan outdoor dengan cahaya yang memadai goto yang dihasilkan lumayan tajam, dan reproduksi warnanya juga tidak mengecewakan. Saat memotret di dalam ruangan pun demikian, asalkan cahayanya tidak terlalu minim.

5. Daya tahan baterai amat memuaskan

svg%3E

Dengan modal baterai 4230 mAh, tentunya ekpektasi kami adalah daya tahan baterai yang lama. Apalagi, hardware Realme C1 lainnya seperti chipset Snapdragon 450 dan layar dengan resolusi HD seharusnya tidak rakus daya.

Hasilnya pun sesuai harapan. Realme C1 bisa bertahan selama 1 hari penuh dari pagi hingga malam untuk penggunaan normal yang aktif seperti chatting, mengakses media sosial, dan sesekali menonton YouTube atau bermain game.

Yang Kurang

1. Tidak punya sensor sidik jari

Sayangnya Realme C1 belum dibekali sensor sidik jari. Padahal, di kelas harganya rata-rata para pesaingnya sudah menjadikan fitur ini sebagai penawaran standar. Untungnya Realme C1 masih memiliki fitur face unlock.

svg%3E

2. Bodi bagian belakang mudah kotor

Secara desain Realme C1 memang terlihat apik. Tapi sayangnya, bagian belakang smartphone ini sangat mudah kotor oleh sidik jari. Anda bisa mengatasinya dengan memasang softcase yang sudah termasuk dalam paket penjualan.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Realme C1. Semoga artikel ini bisa membuat Anda lebih yakin untuk membelinya.

Verified by MonsterInsights