Vivo V15 Pro: Pertama dengan SD 675. Baca review-nya di sini

Review Samsung CHG90: Monitor Lengkung 49 Inci Kelas Gaming dengan Teknologi Quantum Dot

4
Cek Harga

Bagi Anda yang mengaku sebagai gamer enthusiast, memiliki monitor khusus yang memang ditujukan untuk segmen gaming adalah hal yang wajib. Pasalnya, dengan monitor yang bagus, pengalaman bermain games maupun menikmati konten lainnya akan terasa lebih memuaskan.

Demi menggaet hati para gamer tersebut, Samsung punya satu jagoan menarik yang bisa dibilang merupakan paket lengkap sebagai monitor gaming canggih masa kini. Produk yang dimaksud adalah Samsung CHG90.

Penasaran seperti apa keunggulannya? Langsung saja simak ulasan singkat kami di bawah ini.

Ukuran super besar dengan format ultra-wide

Samsung CHG90 adalah monitor gaming yang berukuran super besar, yakni mencapai 49 inci. MOnitor ini mengusung format ultra-wide dengan aspect ratio 32:9. Resolusinya pun cukup tinggi, yakni 3840 x 1080 pixel.

Tidak hanya sekadar lebar, bahkan merupakan salah satu yang paling lebar saat ini, Samsung CHG90 juga mengadopsi teknologi panel lengkung yang modern, seperti pada beberapa produk LED TV Samsung kelas premium.

Tingkat kelengkungannya mencapai 1800R dengan sudut pandang yang juga lebar, yakni 178 derajat. Dengan begitu, meski aspect ratio-nya sangat lebar, Anda justru akan mendapatkan arah pandangan yang jauh lebih luas untuk mendeteksi keberadaan musuh saat bermain games.

Yang harus menjadi catatan adalah ukuran Samsung CHG90 yang amat besar. Ini artinya, Anda harus menyiapkan ruang yang cukup untuk meletakkan monitor tersebut di meja. Jika menggunakan stand, dimensinya menjadi 120,2 x 52,55 x 38,1 cm dan bobotnya mencapai 15 kilogram.

Jika Anda tidak punya ruang yang cukup untuk menampungnya, Anda bisa memasang Samsung CHG90 di dinding menggunakan bracket yang tersedia. Sedikit membahas ketersediaan port, monitor ini dibekali 2x port HDMI, 1x DisplayPort, 1x Mini DisplayPort, 2x USB 3.0, 1x headphone jack, serta 1 port untuk Audio In 3.5mm.

Teknologi Quantum Dot dan fitur Picture-by-picture

Samsung CHG90 telah mengusung teknologi QLED Quantum Dot. Dengan begitu, monitor berpanel VA ini bisa menyajikan visual yang lebih detail dan kaya warna dengan cakupan warna 92 persen DCI (Digital Cinema Interactive) dan hingga 125 persen cakupan warna sRGB.

Selain itu, Samsung tidak lupa menambahkan dukungan teknologi HDR menyajikan gambar dengan warna yang akurat, dan AMD FreeSync 2 agar gamer bisa bermain games dengan visual yang lebih konsisten dan minim blur. Refrest rate dan Response Time-nya juga mantap, yakni 144Hz dan 1ms.

Dengan kombinasi seperti ini, Samsung CHG90 mampu menyajikan gambar yang amat memanjakan mata. Sejauh kami mencobanya, blur sangat tidak terasa, tampilan tajam, dan warna hitamnya juga pekat. Berbagai genre games mulai dari FPS/TPS, RPG, Racing, dan yang lainnya dapat disuguhkan dengan lebih memuaskan.

Asyiknya lagi Samsung menyediakan pengaturan yang sudah dioptimalkan untuk mendukung berbagai genre yang berbeda-beda. Hanya saja, yang perlu Anda ketahui adalah format 32:9 tidak selalu kompatibel dengan semua game.

Nah, selain untuk bermain games, Samsung CHG90 juga cocok untuk Anda yang gemar multitasking alias mengerjakan lebih dari satu pekerjaan sekaligus. Bisa dibilang, monitor ini setara dengan dua monitor 16:9 tapi dalam satu bodi saja.

Samsung CHG90 didukung fitur menarik yang disebut Picture-by-picture. Singkatnya, fitur tersebut memungkinkan Anda menggunakan monitor dalam mode split-screen. Bahkan, Anda bisa menampilkan konten dari dua sumber yang berbeda (melalui dua port HDMI), seolah-olah seperti mempunyai dua monitor.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Samsung CHG90 adalah sebuah monitor menawarkan pengalaman gaming di level yang berbeda. Dan bukan cuma untuk bermain games saja, monitor ini juga bisa digunakan sebagai penunjang multitasking dalam mengerjakan tugas sehari-hari.

Dibanderol di kisaran 20 jutaan rupiah, Samsung CHG90 cocok untuk para hardcore gamer maupun profesional yang membutuhkan monitor kelas atas.

Yang Canggih:

[tie_list type=”thumbup”]

  • Ukuran 49 inci dengan format Ultra-wide dan desain lengkung
  • Teknologi Quantum Dot menyajikan visual yang lebih nyata dan akurasi warna tinggi
  • Refresh Rate tinggi, cocok untuk game dengan adegan cepat
  • Sudah mendukung AMD FreeSync 2
  • HDR ready!
  • Asyik untuk multitasking, didukung fitur Picture-by-picture

[/tie_list]

Yang Kurang:

[tie_list type=”thumbdown”]

  • Ukuran super lebar, butuh ruang ekstra besar untuk meletakkannya
  • Akan lebih menarik jika resolusi lebih dari 1080p

[/tie_list]

 

Monitor gaming ini cocok untuk gamer enthusiast maupun para profesional yang gemar multitasking
4
Cek Harga