Home News Sony Umumkan TV 8K & OLED 4K Baru di MASTER Series,...

[CES 2019] Sony Umumkan TV 8K & OLED 4K Baru di MASTER Series, Z9D dan A9G OLED TV

Sony mengumumkan dua televisi baru yang masuk ke jajaran MASTER Series di CES 2019, yaitu LCD 8K Z9G dan OLED 4K A9G.

Sekilas info tentang MASTER Series; ini adalah gelar yang diberikan untuk TV Sony dengan kualitas terbaik dari sisi gambar dan suara. Selain itu, TV yang masuk dalam MASTER Series juga punya fitur tercanggih seperti Netflix Calibrated Mode dan IMAX Enhanced.

Pihak Sony sendiri menyebutkan bahwa TV MASTER Series terbaru mereka mengombinasikan ukuran layar besar, resolusi 4K dan 8K, serta teknologi penyempurna gambar tercanggih dari Sony untuk menciptakan pengalaman menonton yang luar biasa. Lalu apa saja teknologi yang dimiliki keduanya untuk tujuan tersebut?

Teknologi terbaru untuk gambar dan suara

Kedua TV MASTER Series terbaru ini menggunakan prosesor gambar X1 Ultimate generasi terbaru untuk detil dan kontras gambar yang akurat sesuai aslinya. Tidak hanya itu, X1 Ultimate ini memiliki algoritme khusus untuk tampilan resolusi 8K. Jadi nantinya TV akan dapat mendeteksi dan menganalisa tiap obyek di gambar, agar detil dan kontrasnya akan lebih realistis dan sesuai dengan keinginan pencipta konten.

[CES 2019] Sony Umumkan TV 8K & OLED 4K Baru di MASTER Series, Z9D dan A9G OLED TV 1

Kualitas suara yang premium juga menjadi bagian kunci dari pengalaman menonton TV. UNtuk itu, A9G dan Z9G memiliki fitur baru yang dinamakan Sound-from-Picture Reality. Dengan fitur ini, suara dari dialog suatu film akan terdengar seperti meluncur keluar dari mulut aktor atau aktrisnya. Jadi tidak terasa seperti keluar dari arah speaker yang ada di bagian bawah TV.

Sony Z9G dengan ukuran super besar

Menyikapi tren TV yang semakin besar, Sony menghadirkan Z9G dengan ukuran 85 inci dan 98 inci. Dengan resolusi 8K, TV ini memiliki jumlah pixel 4 kali lebih banyak dibandingkan TV 4K dan 16 kali lebih banyak dibandingkan TV HD.

Untuk menampilkan gambar yang penuh detil, Z9G ini memadukan teknologi X-Reality PRO, X-Tended Dynamic Range PRO, dan Backlight MAster Drive. Dengan paduan teknologi tersebut di atas, materi konten di bawah resolusi 8K dapat ditingkatkan menjadi resolusi 8K dengan lebih presisi dan penuh detil. Juga ada fitur X-Wide Angle untuk memastikan kualitas gambar tetap baik walaupun dilihat dari samping layar.

Untuk menjaga kualitas suara, Sony menggunakan teknologi Acoustic Multi-Audio. Pada dasarnya, teknologi ini memanfaatkan 4 speaker hadap depan (dua di bawah dan dua di atas) untuk lokasi suara yang akurat. Z9G juga memiliki TV Center Speaker Mode bagi yang ingin menggunakan speaker home theater dengan speaker TV sebagai speaker tengah. Untuk suara surround, TV ini juga sudah mendukung Dolby Atmos.

A9G OLED 4K TV

Sony A9G merupakan TV OLED 4K tercanggih dari Sony yang hadir dalam pilihan ukuran 55″, 65″ dan 77″. Bicara soal desain, A9G memiliki ketebalan yang amat tipis. Saat digantung di tembok, TV OLED ini akan terasa seperti mengambang.

[CES 2019] Sony Umumkan TV 8K & OLED 4K Baru di MASTER Series, Z9D dan A9G OLED TV 2

Untuk gambar, A9G menggunakan prosesor gambar X1 Ultimate dan Pixel Contrast Booster untuk warna dan kontras lebih baik di area terang. Bertanggungjawab untuk kualitas suara, Acoustic Surface Audio+ menyimulasikan suara agar terdengar keluar dari seluruh layar. Jadi saat menonton film, suara seakan-akan terdengar dari mulut pemainnya.

[CES 2019] Sony Umumkan TV 8K & OLED 4K Baru di MASTER Series, Z9D dan A9G OLED TV 3

Seperti Z9G, TV HDR A9G memiliki fitur Netflix Calibrated Mode, IMAX Enhanced dan Dolby Vision / Dolby Atmos. Bagi penggemar Netflix, Anda bisa memilih versi IMAX dari beberapa film yang mendukung saat menonton Netflix.

Kedua TV ini menggunakan platform Android TV dari Sony yang mendukung banyak aplikasi dari Google Play, termasuk integrasi rumah pintar berkat dukungan HomeKit3. Untuk hiburan, TV Sony Z9G, A9G dan X950G akan mendukung Apple AirPlay 2 yang memudahkan streaming musik dan video dari iPhone, iPad dan Mac ke TV.

Diperkirakan jajaran TV baru Sony ini akan hadir dalam 4 bulan mendatang.

Single Post Template 36 – Entertainment 4
Kristian Tjahjonohttps://yangcanggih.com
Menulis tentang gadget sejak tahun 2003 di beberapa majalah gadget internasional, serta menggarap proyek-proyek digital untuk berbagai klien teknologi

Beri komentar