POCO: PC Mini Seukuran Saku untuk Gaming

Terinspirasi dari konsol game besutan Nintendo, Game Boy, Grant Sinclair meluncurkan PC seukuran saku yang dirancang untuk bermain game. Uniknya, tidak hanya untuk gaming saja, POCO juga bisa dialihfungsikan sebagai sarana edukasi hingga hiburan untuk memutar konten multimedia.

Berbasis Raspberry Pi

POCO adalah sebuah PC seukuran saku yang harus dirakit terlebih dahulu sebelum digunakan. Menariknya, semua komponen POCO diklaim bisa dirakit dengan mudah. Hanya perlu waktu sekitar 30 menit untuk merakit POCO.

Dalam paket penjualannya, POCO terdiri dari beberapa komponen yang terdiri dari modul Raspberry Pi zero W dengan chip Broadcom BCM2835 dan memori internal 512 MB, layar sentuh 2,8 inci yang resolusinya 240 x 320 pixel, Daughterboard PCB, modul kamera, speaker, baterai isi ulang dengan kapasitas 1250 mAh, keypad silikon, micro SD 8GB, speaker Stylus, casing bodi yang mirip Game Boy, dan baut.

Banyak fungsi

Sebagai konsol gaming, Anda bisa menjalankan emulator seperti RetroPie untuk menjalankan ratusan game klasik di POCO. Kendati demikian, sejatinya sebuah komputer mini POCO juga bisa menjalankan banyak fungsi lewat beragam aplikasi.

Untuk multimedia, POCO kompatibel dengan aplikasi RuneAudio dan media player KODI. Jika Anda ingin belajar coding atau bahasa pemrograman POCO juga kompatibel dengan aplikasi Scratch. Bahkan, POCO bisa dimodifikasi dengan dukungan ekosistem Raspberry Pi.

Berkat hadirnya modul kamera 5 megapixel dengan kemampuan rekam video Full HD yang dibawanya, POCO bisa menjadi kamera aksi, dash cam untuk di mobil, atau kamera untuk megambil timelapse.

POCO saat ini sudah tersedia dan dijual dengan harga US$190. Jika berminat Anda bisa memesannya melalui situs Grantsinclair.com.

Baca juga
NEXSTGO Umumkan AVITA MAGUS, Laptop 2-in-1 4 Jutaan Rupiah dengan Layar 12.2 Inci