Tertarik Membeli Pocophone F1? Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Pocophone F1 berhasil menggebrak ranah smartphone Android di dunia termasuk Indonesia dengan menawarkan SoC kelas premium, Snapdragon 845, seharga ponsel kelas menengah. Tidak heran, begitu resmi dijual smartphone ini langsung menjadi incaran banyak orang.

Mungkin beberapa dari Anda ada yang tertarik membeli Pocophone F1, tapi masih ragu apakah harga menggiurkan tersebut juga dibarengi dengan kualitas yang baik atau tidak. Nah, agar tidak bingung lagi dan mantap memilih Pocophone F1, berikut kami sajikan beberapa kelebihan dan kekurangannya.

Yang Canggih

1. Layar besar dan tajam

svg%3E

 

Pocophone F1 dibekali layar IPS 6,18 inci dengan resolusi Full HD+ dan aspect ratio 18.7:9. Penawaran yang menurut kami sudah lebih dari cukup untuk menikmati berbagai hal mulai dari browsing, media sosial, menonton video, hingga bermain games.

Tingkat kecerahan layar smartphone ini terbilang oke, meski mungkin bukan yang terbaik. Tapi setidaknya, masih memadai untuk penggunaan di bawah sinar matahari. Tampilan gambarnya juga tajam dan warnanya tersaji dengan apik.

2. Performa kencang, asyik buat gaming

Pocophone F1 memang tampil sangat menggiurkan di kelasnya karena sudah mengusung SoC paling kencang dari Qualcomm saat ini, yakni Snapdragon 845.

Disandingkan dengan RAM 6 GB dan memori internal 64 GB atau 128 GB, Pocophone F1 sangat mumpuni untuk menjalankan berbagai aplikasi dengan gesit. Apalagi memori internal yang digunakan sudah memakai teknologi UFS 2.1 yang punya kinerja ngebut untuk mentransfer data.

svg%3E
Pocophone F1 Antutu

Untuk main game jelas tidak ada masalah. Judul-judul populer seperti PUBG Mobile, Mobile Legends, Arena of Valor, dan sebagainya bisa dijalankan dengan pengaturan grafis tertinggi. Karena sudah dibekali liquid cooling, suhunya pun tetap terjaga dengan baik dan frame rate tetap stabil meski Anda bermain dalam durasi yang lama.

3. Kamera cukup oke di kondisi cahaya memadai

Smartphone ini hadir dengan kamera belakang ganda dengan konfigurasi Sony IMX363 12 megapixel f/1.9 dan kamera kedua 5 megapixel. Untuk selfie, ada kamera 20 megapixel di depan. Yang lebih menarik, kamera tersebut sudah didukung fitur-fitur kecerdasan buatan seperti AI Portrait, AI Beauty, dan AI Scene Detection.

svg%3E

Pada awalnya kami agak ragu dengan kemampuan kamera smartphone ini. Untungnya setelah beberapa kali update sistem operasi performanya menjadi jauh lebih baik. Pocophone F1 kini bisa diandalkan untuk mengabadikan momen di kondisi cahaya optimal dengan hasil foto yang tajam dan warna yang cukup akurat.

Kinerja AI pun lumayan membantu untuk mendapatkan pengaturan kamera yang tepat di berbagai kondisi pemotretan, misalnya saat ingin memotret makanan atau scene dengan background terang. Cocok untuk Anda yang lebih suka menggunakan mode Auto.

Hasil foto Xiaomi Pocophone F1 (3)

Hasil foto Xiaomi Pocophone F1 (18)

Hasil foto Xiaomi Pocophone F1 (2)

Kamera depannya ternyata juga lumayan bagus. Mungkin belum secanggih smartphone-smartphone yang memang dirancang khusus sebagai perangkat selfie. Tapi yang pasti, hasil foto kamera depan Pocophone F1 layak untuk Anda pamerkan ke media sosial, termasuk saat memakai mode Portrait (bokeh).

4. Sensor sidik jari dan face unlock cepat

svg%3E

Soal sistem keamanannya, Pocophone F1 menawarkan pilihan biometric seperti sensor sidik jari berkecepatan tinggi hingga face unlock. Untuk fitur yang disebut terakhir, Pocophone F1 memiliki satu kamera dengan bantuan infrared yang terdedikasi khusus untuk mendukung face unlock. Hasilnya bukan cuma kinerja yang cepat tetapi juga optimal untuk penggunaan di ruangan gelap sekalipun.

5. Baterai tahan lama

Berbekal baterai 4000 mAh dan manajemen daya yang bagus, Pocophone F1 dengan mudah bisa Anda gunakan selama satu hari penuh dengan gaya pemakaian normal. Bahkan jika Anda tidak termasuk pengguna yang selalu aktif dengan smartphone setiap saat, ketahanan baterainya bisa jauh lebih lama.

Untuk gaming pun ternyata baterainya awet. Anda tidak perlu khawatir daya cepat terkuras habis meski menjalankan game-game berat seperti PUBG Mobile. Proses pengisian daya juga cepat karena sudah didukung Quick Charge. Dari sisa baterai 20 persen ke 100 persen hanya butuh waktu sekitar 1,5 jam.

svg%3E

6. Smartphone dengan Snapdragon 845 termurah!

Ini yang membuat Pocophone F1 sangat menarik. Dengan bekal Snapdragon 845 dan berbagai fitur keren lainnya, smartphone tersebut hanya dibanderol 4,5 jutaan rupiah. Hingga artikel ini dirilis Pocophone F1 masih menjadi smartphone dengan Snapdragon 845 termurah yang bisa Anda temukan di pasaran.

Yang Kurang

1. Bodi masih berbahan plastik

Meski punya SoC kelas premium, Pocophone F1 harus mengorbankan beberapa sektor agar menjaga harganya tetap rendah. Salah satunya adalah bodi ponsel yang masih menggunakan plastik, belum metal seperti yang sering ditemukan pada smartphone Xiaomi dengan harga 2-3 jutaan rupiah. Desainnya pun tampak biasa saja, kurang eye catching.

2. Slot hybrid

Untuk ketersediaan slot, Pocophone F1 bisa dipasangkan dua SIM-card atau satu SIM-card bersama microSD. Ya, hybrid. Mungkin bagi sebagian pengguna, slot hybrid kurang disukai karena harus mengorbankan salah satu antara SIM-2 atau microSD.

svg%3E

3. Akan jauh lebih menarik jika dibekali NFC

Kami tahu keberadaan NFC bisa membuat harga Pocophone F1 lebih mahal. Dengan hardware kelas atas dan banderol yang murah, rasanya kurang tepat dan terlalu berlebihan jika harus menuntut lebih banyak lagi. Tapi harus diakui, bagi sebagian orang (termasuk kami yang tinggal di Jakarta), NFC sangat berguna dan bisa membuat Pocophone F1 terlihat lebih sempurna jika memilikinya.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Pocophone F1. Semoga artikel kali ini bisa membulatkan tekad Anda untuk membeli atau sebaliknya!

Verified by MonsterInsights