Microsoft Project xCloud: Layanan Streaming Games Xbox untuk PC, Konsol, dan Perangkat Mobile

Microsoft belum lama ini mengumumkan layanan streaming games pertamanya yang diberi nama Project xCloud. Yang membuat layanan tersebut sangat menarik adalah kemampuannya untuk dijalankan di PC, konsol, maupun perangkat mobile seperti smartphone.

svg%3E

“Membangun Project xCloud adalah perjalanan selama bertahun-tahun bagi kami,” ujar Kareem Choudhry, Microsoft Cloud Gaming Chief.

Menurut Microsoft, mereka telah membuat hardware khusus sebagai datacenter. Dengan begitu, game Xbox yang ada sekarang maupun yang meluncur di masa depan akan kompatibel dengan layanan xCloud.

svg%3E

Nantinya, semua games akan bisa dimainkan secara streaming dari PC, konsol, maupun smartphone pengguna. Demi memastikan latency yang paling rendah, Microsoft saat ini sedang bekerja keras mengembangkan teknologi jaringan yang dikombinasikan dengan video encoding dan decoding. Gamer juga bisa melakukan streaming melalui jaringan 4G.

Untuk saat ini Microsoft xCloud masih dalam tahap pengembangan. Microsoft sendiri baru berencana membuka masa trial pada tahun 2019 mendatang. Jika sudah dirilis, xCloud akan berhadapan dengan layanan streaming game serupa seperti PlayStation Now, Shadow, GeForce Now, dan Liquid Sky.