Home Home Gadget Facebook Portal: Perangkat Panggilan Video Pertama dari Facebook

Facebook Portal: Perangkat Panggilan Video Pertama dari Facebook

Panggilan video saat ini memang bisa dilakukan dengan mudah menggunakan smartphone dan aplikasi chat populer seperti Whatsapp, Skype, atau LINE. Tapi, Facebook nampaknya punya cara sendiri untuk melakukan panggilan video lewat perangkat perdananya yang diberi nama Facebook Portal.

Facebook Portal: Perangkat Panggilan Video Pertama dari Facebook 1

Tersedia 2 pilihan model

Facebook Portal tersedia dengan 2 pilihan model. Model pertama hadir dengan layar 10 inci yang resolusinya 1280 x 800 pixel. Untuk model ini dilengkapi dengan kamera depan 12 megapixel yang bisa menangkap gambar 140 derajat. Untuk melakukan panggilan, tersedia 4 mic yang mendukung fitur pengenal suara dan speaker berkekuatan 10W.

Model yang kedua layarnya lebih besar. Portal+ hadir dengan layar 15.6 inci yang resolusinya Full HD. Selain ukuran layar yang lebih besar, keunggulan Portal+ lainnya layar tersebut bisa diubah orientasnya dari vertikal ke horisontal.

Portal+ juga dilengkapi dengan kamera depan 12 megapixel, 4 mic terintegrasi dan sektor audio dengan total output 20W. Untuk konektivitas, keduanya telah dilengkapi dual-band WiFi, dan Bluetooth 4.2.

Dilengkapi kecerdasan buatan

Menurut Facebook, kamera Facebook Portal dan Portal+ telah didukung dengan AI atau kecerdasan buatan. Berkat fitur ini, saat melakukan panggilan video, kameranya akan terus mengikuti subyek kemanapun subyek bergerak. Bahkan, kameranya bisa melakukan zoom dan melakukan penyesuaian secara otomatis.

Facebook Portal: Perangkat Panggilan Video Pertama dari Facebook 2

Untuk mengoptimalkan panggilan video, Facebook turut menambahkan teknologi Smart Sound yang secara otomatis akan mengurangi suara bising di lingkungan sekitar. Dengan demikian Anda bisa melakukan panggilan video dengan kualitas suara yang lebih baik.

Fokus untuk komunikasi

Facebook Portal bisa digunakan untuk melakukan panggilan video ke sesama pengguna Facebook Portal atau ke teman yang ada di Facebook dan Messenger. Menariknya, panggilan tetap bisa dilakukan asalkan orang yang dituju memiliki aplikasi Messenger di smartphone atau tablet yang digunakannya.

Facebook Portal: Perangkat Panggilan Video Pertama dari Facebook 3

Portal juga mendukung panggilang grup. Dalam satu grup Anda bisa langsung mengajak 7 orang untuk melakukan panggilan video di waktu bersamaan.

Jika tidak digunakan untuk melakukan panggilan video, Portal akan menampilkan foto, video atau daftar pengingat yang sudah Anda buat sebelumnya. Atau, Anda juga bisa menikmat beberapa layanan dari aplikasi yang sudah terintegrasi langsung dengan Portal seperti Spotify, Pandora, iHeartRadio dan masih banyak lagi.

Facebook Portal: Perangkat Panggilan Video Pertama dari Facebook 4

Untuk fitur lainnya, Facebook Portal telah didukung dengan asisten virtual Alexa dari Amazon, mendukung kendali suara, dilengkapi AR Effect dan Story Time.

Facebook Portal dan Portal+ akan tersedia mulai bulan November 2018 dengan harga jual masing-masing US$199 dan US$349.

Facebook Portal: Perangkat Panggilan Video Pertama dari Facebook 5
Renhard Harjantohttps://www.yangcanggih.com
Menulis tentang gadget sejak tahun 2011, Renhard amat gandrung dengan berbagai teknologi tercanggih, mulai dari smartphone, tablet, komputer, hingga fotografi dan videografi.

Beri komentar