[Photokina 2018] Fujifilm Kembangkan Mirrorless Dengan Sensor Medium Format 102 Megapixel

Fujifilm kembali membuktikan komitmennya di segmen kamera mirrorless dengan sensor medium format. Selain meluncurkan GFX 50R, di Photokina 2018 Fujifilm turut mengumumkan generasi terbaru kamera mirrorless medium format miliknya yang dipersenjatai sensor medium format 102 megapixel.

svg%3E

Masih dalam tahap pengembangan

Meski sudah diperkenalkan, sayangnya kamera yang hanya dilabeli nama Fujifilm GFX 100Megapixels ini masih dalam tahap pengembangan. Spesifikasi lebih detilnya pun masih belum dibocorkan lebih lanjut.

svg%3E

Selain sensor medium format 102 megapixel, Fujifilm GFX 100Megapixels nampaknya juga akan menaikkan standar kamera mirrorless medium format dengan beragam fitur unggulan yang dibawanya. Berikut beberapa fitur yang akan bisa dijumpai di GFX 100Megapixels.

svg%3E

1. Mirrorless medium format pertama dengan PDAF
Fujifilm GFX 100Megapixels akan menjadi kamera mirrorless medium format yang dilengkapi fitur autofokus PDAF (Phase Detection Auto Focus). Berkat fitur tersebut kinerja autofokusnya dijamin akan sangat akurat saat melacak subyek yang bergerak terutama di mode autofokus continuos.

2. Yang pertama dengan IBIS (In-Body Image Stabilization)
Seperti Fujifilm X-H1, Fujifilm GFX 100Megapixels juga akan dilengkapi dengan fitur penstabil langsung di bodinya atau IBIS. Ini menjadikannya kamera medium format pertama yang memiliki fitur IBIS. Dengan demikian memungkinkan pengguna untuk bisa menghasilkan bidikan foto yang tetap tajam meski memotret tanpa bantuan tripod.

3. Mirrorless medium format pertama yang bisa rekam 4K
Kemampuannya merekam video juga sangat impresif. Berkat disokong X Procesessor 4, Fujifilm GFX 100Megapixel adalah mirrorless medium format pertama yang bisa rekam 4K. Kamera ini bisa digunakan untuk merekam video hingga resolusi 4K/30p dan mendukung perekaman video langsung dengan mode simulasi film andalan Fujifilm.

svg%3E

Fujifilm rencanannya akan merilis kamera ini di tahun 2019 nanti. Membawa 3 fitur unggulan yang pertama ada di kamera mirrorless dengan sensor medium format harga jualnya pasti dipatok tidak murah. Untuk harga jualnya sendiri diprediksi akan berada di kisaran US$10.000.