[Photokina 2018] Panasonic Lumix S1R dan S1: Duo Mirrorless Full Frame Perdana Panasonic

Sebagai bagian dari aliansi L-Mount, Panasonic mengumumkan kesiapannya menyambut era kamera mirrorless dengan L-Mount dari Leica. Yang paling menarik, kamera perdana Panasonic dengan L-Mount ini juga menjadi yang pertama mengusung sensor full frame. Kedua kamera ini adalah Panasonic S1R dan S1.

svg%3E
Beralih dari sensor Micro Four Third (MFT) yang menjadi andalan semua kamera mirrorless Panasonic ke sensor full frame memang membawa angin segar untuk para penggemar kamera Panasonic. Walau spesifikasinya belum diungkap lebih rinci oleh pihak Panasonic, setidaknya ada 5 fitur utama yang diunggulkan Panasonic Lumix S1R dan S1. Kelima fitur ini diantaranya:

1. Sensor resolusi tinggi
Panasonic Lumix S1R dan S1 hadir dengan sensor full frame masing-masing 47 megapixel untuk Lumix S1R dan 24 megapixel untuk Lumix S1.

2. Fokus di videografi
Tidak hanya untuk foto, Panasonic Lumix S1R dan S1 juga akan membidik para videografer. Kedua kamera ini akan menjadi kamera mirrorless full frame pertama yang mendukung format perekaman video 4K 60p/50p.

3. Dilengkapi Dual IS
Kedua kamera ini menjadi Kamera full-frame pertama di dunia yang dilengkapi dengan Dual I.S. (image stabilizer). Dengan demikian pengguna dimungkinkan untuk mengambil gambar tanpa perlu bantuan tripod.

svg%3E

4. Slot kartu memori ganda dan layar sentuh LCD fleksibel
Panasonic Lumix S1R dan S1 adalah kamera mirrorless pertama Panasonic yang dilengkapi slot ganda untuk kartu memori XQD dan kartu memori SD. Keduanya juga membawa layar sentuh triaxial tilt LCD yang menekankan kemudahan penggunaan dan mendukung fotografi dan videografi profesional.

5. Mengusung L-Mount
Kedua kamera ini akan mengusung L-mount milik kamera Leica. Yang artinya, pengguna kamera Lumix S1R dan S1 akan bisa menggunakan beragam koleksi lensa L-Mount dari pabrikan Leica dan Sigma.

svg%3E

Walau sudah diumumkan, Panasonic Lumix S1R dan S1 saat ini masih dalam tahap pengembangan. Rencananya Panasonic akan merilis keduanya di pasar global awal tahun 2019 nanti. Selain mengumumkan Panasonic Lumix S1R dan S1, Panasonic juga mengumumkan debut lensa perdananya untuk ekosistem lensa L-Mount. Ketiga lensa ini adalah lensa fixed-focus 50 mm / F1.4, lensa zoom standar 24-105 mm, dan lensa zoom telefoto 70-200 mm. Panasonic juga menyatakan kesiapannya melengkapi ekosistem lensa L-mount dengan merilis lebih dari 10 lensa L-Mount hingga sebelum akhir tahun 2020.