Quantcast
Foto & VideoKamera MirrorlessLensaNews

[Photokina 2018] Leica, Panasonic, dan Sigma Umumkan Aliansi L-Mount

Standar baru kamera mirrorless

Menjawab persaingan kamera mirrorless yang semakin sengit, Leica, Panasonic, dan Sigma membuat gebrakan di dunia fotografi. Mengambil momen Photokina 2018, ketiga pabrikan tersebut mengumumkan kolaborasi strategis untuk mengembangkan ekosistem kamera mirrorless.

L Mount Keyvisual 1

Standar baru kamera mirrorless

Melalui kolaborasi ini, Leica, Panasonic dan Sigma mempersembahkan standar baru kamera mirrorless. Ketiganya akan menghadirkan kamera mirrorless dengan sensor full frame dan APS-C, serta eksosistem lensa yang mengusung standar L-Mount dari Leica.

Pada umumnya, lensa untuk kamera full frame tidak akan kompatibel untuk kamera dengan sensor APS-C, hal ini juga berlaku sebaliknya. Untuk itulah, sebagai solusi agar lensa kamera dengan sensor full frame bisa terpasang ke kamera dengan sensor APS-C atau sebaliknya harus menggunakan adapter lensa tambahan.

L Mount Logo 2

Nah, disinilah keunggulan L-Mount dari Leica. Menurut Leica, L-Mount yang memiliki rancangan diameter 51.6mm ini sangat istimewa karena kompatibel dengan kamera yang menggunakan sensor full frame dan APS-C tanpa perlu tambahan adapter.

Dengan demikian, lewat kerjasama ini kedepannya tentu saja pengguna kamera mirrorless Panasonic, Leica dan Sigma akan sangat diuntungkan. Pengguna kamera mirrorless Panasonic, Leica dan Sigma dengan L-Mount akan bisa menikmati beragam variasi ekosistem lensa yang lebih banyak dan lengkap dari ketiga pabrikan tersebut dibandingkan dengan kamera mirrorless dari pabrikan kamera lain.

Siap di tahun 2019

Dari Leica sendiri untuk saat ini kamera Leica yang telah mendukung L-Mount diantaranya kamera mirrorless full frame Leica SL, Leica CL, Leica TL2, dan Leica TL yang hadir dengan sensor APS-C. Sementara Sigma juga sudah buka suara akan segera meluncurkan kamera mirrorless L-Mount dengan sensor Foveon full frame andalannya nanti di tahun 2019.

Kerjasama ini juga disambut Panasonic dengan diumumkannya pengembangan kamera mirrorless full frame dengan L-Mount perdanananya yakni Panasonic S1R dan Panasonic S1 yang akan meluncur di tahun 2019 nanti. Tidak hanya itu saja, debut perdana kamera mirrorless full frame Panasonic dengan L-Mount juga akan dibarengi dengan diumumkannya 3 lensa L-Mount dari Panasonic yaitu Panasonic 50mm f/1.4, 24-105mm f/4 dan 70-200mm f/2.8.

Back to top button