GPU Turbo Jadi Fitur Andalan Huawei Nova 3i untuk Tingkatkan Performa Gaming

Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar pengguna smartphone Android saat ini gemar bermain games. Bahkan tidak hanya game casual untuk sekadar mengisi waktu luang, tetapi juga judul-judul dengan kualitas grafis menawan yang membutuhkan kinerja hardware tinggi.

svg%3E

Untuk menjawab kebutuhan tersebut, Huawei mengedepankan fitur GPU Turbo pada smartphone terbarunya, Nova 3i. Seperti diketahui, Nova 3i adalah perangkat yang dipersenjatai chipset Kirin 710 dengan prosesor octa-core.

Di atas kertas, Kirin 710 sudah mampu mendukung kebutuhan gaming sehari-hari. Menurut Huawei, jika dibandingkan Kirin 659, chipset ini sudah mengalami peningkatan performa single-core sampai 75 persen dan performa multi-core hingga 68 persen.

Performa grafisnya pun sudah didukung GPU Mali-G51. Walaupun demikian, untuk dapat memberikan pengalaman gaming yang lebih mulus Huawei tetap membenamkan fitur GPU Turbo pada Nova 3i. Penasaran seperti apa? Langsung saja simak ulasan singkatnya!

60 persen lebih efisien

Bagi yang belum tahu, GPU Turbo merupakan teknologi yang akan mendongkrak kemampuan smartphone dalam memproses aplikasi dengan grafis intensif seperti game, dan pada saat yang
sama juga menghemat daya.

svg%3E

Intinya, Huawei mengklaim GPU Turbo memungkinkan pengguna menikmati performa game yang telah ditingkatkan tanpa perlu meng-upgrade smartphone mereka. Pendekatan Huawei adalah mengatur ulang bagaimana grafis diproses di level sistem.

GPU Turbo dapat mendongkrak kinerja melalui optimalisasi cara sistem mengutilisasi sumber daya software dan hardware yang ada. Saat GPU Turbo aktif, efisiensi meningkat sampai 60 persen, sedangkan komsumsi daya SoC secara keseluruhan dihemat sampai 30 persen.

Peningkatan tersebut sangat bermanfaat, sebab biasanya operasi yang membutuhkan pengolah grafis tinggi akan banyak menguras daya baterai.

Uji coba Mobile Legends

svg%3E

Dalam acara temu pers di Jakarta, Jumat (21/9), Huawei mengajak beberapa awak media untuk mencoba langsung manfaat dari GPU Turbo pada Nova 3i. Selama acara tersebut, kami menguji fitur ini dengan menjalankan game MOBA populer, Mobile Legends.

Hasilnya memang cukup positif. Selama pengujian, Mobile Legends dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya lag yang mengganggu. Meski begitu, karena keterbatasan waktu dan unit Nova 3i, kami tidak bisa memastikan seberapa signifikan penghematan konsumsi baterai yang terjadi.

Sekadar mengingatkan, Huawei Nova 3i hadir dengan layar FullView berukuran 6,3 inci yang resolusinya Full HD+ 2340 x 1080 pixel. Sementara di sektor kamera, Huawei nova 3i kembali dilengkapi dengan 4 kamera namun lebih pintar berkat dukungan teknologi AI. Smartphone ini sudah tersedia di Indonesia dengan harga Rp4.199.000.