Canon EOS R: Kamera Mirrorless Full Frame Pertama Canon

Canon akhirnya resmi meramaikan persaingan kamera mirrorless dengan sensor full frame. Menyusul Sony dan Nikon, kamera mirrorless full frame perdana Canon ini diberi nama Canon EOS R.

svg%3E

Sensor CMOS full frame 30.3 megapixel

Canon EOS R hadir dengan spesifikasi yang sekilas mirip kamera DSLR full frame Canon EOS 5D Mark IV. Meski spesifikasinya mirip Canon EOS R bukanlah Canon EOS 5D Mark IV versi mirrorless karena banyak fitur baru yang dibawa Canon EOS R.

Canon EOS R dipersenjatai sensor full frame CMOS tanpa filter low-pass yang resolusinya 30.3 megapixel dan prosesor DIGIC 8. Dengan spesifikasinya tersebut, EOS R menawarkan pengaturan ISO dari ISO 100-40000 yang bisa diekspansi dari ISO 50-102400.

Untuk memotret aksi-aksi cepat, EOS R bisa memotret tanpa henti hingga 8fps. Kinerjanya juga akan terasa responsif dengan menjanjikan shutter lag hanya 50 milidetik dan waktu start up yang sangat singkat yakni hanya 0,9 detik.

Video tetap mumpuni

Di modus video, Canon EOS R bisa merekam video 4K 30fps dan Full HD 1080p di 60fps. Kamera ini mendukung Canon Log, 10bit 4:2:2 HDMI output, dan bisa merekam dengan durasi maksimum 29 menit 59 detik. Untuk mendukung perekaman video, EOS R juga dilengkapi port mic dan headphone di samping bodinya.

Sistem autofokus Dual Pixel AF yang super cepat

svg%3E

Pembaruan yang bisa ditemukan di Canon EOS R kemudian terlihat di sektor autofokusnya. Canon EOS R mengusung teknologi autofokus Dual Pixel CMOS AF yang menjadi andalan Canon.

Kinerja autofokusnya ini didukung dengan 5,655 titik fokus yang diklaim tetap mumpuni meski di kondisi minim cahaya dengan cakupan sensitifitas EV -6 hingga 18.

Tidak hanya itu saja, sistem autofokusnya juga mampu mengunci fokus sangat cepat dengan mencatatkan waktu hanya 0.05 detik menggunakan lensa barunya Canon RF 24-105mm f/4L IS. Kecepatan autofokusnya ini diklaim yang tercepat di kelasnya. Sebagai tambahan, kinerja autofokusnya juga mendukung fitur Focus Peaking dan pengaturan fokus dengan menyentuh layarnya.

Bodi lebih ringkas dengan Multi-Function Bar

svg%3E
Di sektor desain, Canon EOS R tampil dengan desain baru yang lebih segar. Rancangan bodinya terlihat lebih ringkas dibandingkan kamera DSLR full frame Canon yang lain. Canon EOS R hadir dengan bodi magnesium yang tahan debu dan cuaca. Bagian atas bodinya juga bisa ditemukan layar LCD berukuran cukup besar untuk menampilkan info pengaturan kamera.

Canon EOS R juga dilengkapi jendela bidik elektronik OLED yang menawarkan cakupan 100% dengan pembesaran hingga 0.71x. Menemani jendela bidiknya tersebut, Canon memasang layar sentuh LCD fleksibel yang bisa diputar dan dilpat berukuran 3.15 inci.

svg%3E

Hal menarik lain yang bisa ditemukan di Canon EOS R adalah hadirnya fitur Multi Function Bar. Multi Function Bar ini adalah sebuah panel Sentuh berukuran mini yang bisa ditemukan tepat di samping kanan jendela bidiknya.

svg%3E

Menurut Canon, berkat Multi Function Bar tersebut pengguna bisa dimungkinkan untuk melakukan pengaturan kamera seperti autofokus, ISO dan White Balance dengan lebih cepat.

Mount dan lensa baru

svg%3E

Mengusung model mirrorless, Canon EOS R juga hadir dengan rancangan mount lensa baru yaitu Canon RF. Debut perdana ekosistem lensa Canon RF ini terdiri dari 4 jenis lensa yang diantaranya Canon RF 35mm f/1.8 IS Macro STM, RF 50mm f/1.2L USM, RF 24-105mm f/4L IS USM, dan RF 28-70mm f/2L USM.

Tidak hanya itu saja, Canon juga menyiapkan adapter lensa Canon EF-EOS R sehingga lensa-lensa koleksi Anda dengan mount EF, EF-S, TS-E dan MP-E bisa digunakan di kamera ini. Selain itu hadir juga Drop-In Filter Mount Adapter atau Control Ring Mount Adapter. Untuk Drop-In Filter Mount Adapter ini tersedia dengan opsi filter variable neutral density (V-ND), circular polarising (C-PL) dan clear (CL).

Fitur lainnya, Canon EOS R dilengakpi dengan fitur WiFi, Bluetooth, USB 3.1, mendukung kartu memori SD/SDHC/SDXC, dan kompatibel dengan flash speedlite terbaru Canon EL-100 serta semua lini flash Canon EX Speedlite.

svg%3E

Canon EOS R akan mulai tersedia di pasaran bulan Oktober 2018. Harga jualnya untuk bodi saja dipatok US$2299. Untuk lensa-lensanya, Canon RF 50mm f/1.2L akan tersedia terlebih dulu di bulan Oktober dengan harga US$2299. Sementara, RF 35mm f/1.8 IS Macro, RF 24-105mm f/4L IS, dan RF 28-70mm f/2L meluncur di bulan Desember 2018 dengan harga masing-masing US$499, US$1099, dan $2999.

svg%3E

Verified by MonsterInsights