Sony Cyber-shot HX95 dan HX99: Kamera Saku Terkecil dengan Lensa Berkemampuan 30x Zoom

Dibanderol dengan harga di kisaran 16 juta Rupiah, RX100 Mark VI yang merupakan kamera saku tercanggih Sony memang hanya bisa dimiliki oleh mereka yang berkocek tebal. Untuk itulah Sony memperkenalkan Sony Cyber-shot HX95 dan HX99 yang disiapkan sebagai alternatif RX100 Mark VI dengan harga jual yang lebih murah.
svg%3E

Kamera saku terkecil dengan lensa superzoom

svg%3E
Sony Cyber-shot HX95 dan HX99 diklaim Sony sebagai kamera saku terkecil yang dipersenjatai lensa berkemampuan 30x zoom. Keduanya membawa lensa ZEISS Vario Sonnar T* yang menawarkan rentang fokal 24mm hingga 720mm. Untuk memastikan hasil bidikan tetap tajam dan terhindar dari blur, kemampuan zoom lensanya juga turut didukung fitur penstabil Optical Steady Shot.

Bisa rekam 4K

Sony Cyber-shot HX95 dan HX99 mengandalkan sensor EXMOR CMOS 1/2.3 inci yang resolusinya 18 megapixel. Untuk mendongkrak performanya kedua kamera ini juga disokong prosesor BIONZ X dan tambahan chip LSI andalan Sony.

svg%3E

Dengan spesifikasi tersebut keduanya menawarkan pengaturan ISO maksimum higga ISO 6400, bisa memotret tanpa henti dengan kecepatan hingga 10fps dan dilengkapi kinerja autofokus yang sangat cepat. Autofokusnya tersebut mampu mengunci fokus hanya dalam waktu sekitar 0.09 detik.

Keunggulan lain yang ditawarkan kedua kamera ini bisa terlihat di modus video. Sony Cyber-shot HX95 dan HX99 mampu rekam video hingga resolusi 4K dengan full pixel readout dan tanpa pixel binning. Bahkan, keduanya mampu merekam video gerakan lambat di resolusi HD dengan kecepatan hingga 100fps.

svg%3E

Serupa tapi tak sama

Menurut Sony, Sony Cyber-shot HX95 dan HX99 memang berbagi desain dan spesifikasi yang sama. Tampilan fisiknya terlihat mirip dengan membawa layar yang bisa dilipat keatas berukuran 3 inci untuk mempermudah selfie atau vlogging. Keduanya juga telah dilengkapi dengan WiFi, Bluetooth, NFC, flash internal dan jendela bidik elektronik yang bisa disembunyikan.

svg%3E

Kendati demikian, tetap ada perbedaan diantara keduanya. Sony Cyber-shot HX99 yang dibanderol harga sedikit lebih mahal menawarkan kendali yang lebih intutif. Ini karena Sony Cyber-shot HX99 dilengkapi layar sentuh dengan dukungan pengaturan titik fokus berdasarkan sentuhan di layarnya dan cincin kendali di bagian lensanya untuk mempercepat akses pengaturan kamera.

Sony Cyber-shot HX95 dan HX99 mengandalkan akan tersedia di pasaran Eropa terlebih dahulu bulan Oktober 2018. Harga jual kamera ini dibanderol US$610 untuk HX99 dan US$590 untuk HX95.