[IFA 2018] Samsung Q900R QLED: QLED TV Pertama Samsung dengan Resolusi 8K

Era TV dengan panel layar 8K sebentar lagi akan tiba. Untuk itulah di IFA 2018 Samsung memperkenalkan TV 8K pertamanya yaitu Samsung Q900R QLED. Menariknya, TV ini bukan sekedar konsep saja tapi sudah siap dipasarkan dalam waktu dekat.

svg%3E

Usung teknologi panel layar QLED

Samsung Q900R QLED hadir dengan mengusung teknologi panel layar QLED andalan Samsung yang mampu menyajikan visual dengan tingkat kecerahan maksium 4000 nits.

Mengusung panel layar 8K, Samsung Q900R QLED bisa menampilkan visual di resolusi 7680 x 4320 pixel. Ini artinya, gambar yang tersaji akan terlihat lebih tajam dan lebih detil empat kali lipat jika dibandingkan TV 4K.

svg%3E

Meski bisa menghasilkan visual yang lebih tajam dan detil, Samsung Q900R QLED nampaknya akan menghadapi tantangan lain. Tantangan utamanya adalah masih terbatasnya konten yang mendukung resolusi 8K.

Untuk menjawab tantangan tersebut Samsung mengantisipasinya dengan menyertakan dukungan Samsung Quantum Processor 8K dan teknologi 8K upscaling engine. Menurut Samsung, teknologi yang memanfaatkan AI dan machine learning ini mampu memproses konten SD, DVD, HD, Blu-ray, dan konten video streaming ke resolusi 8K dengan hasil yang tetap terjaga kualitas ketajaman dan detilnya.

Samsung Q900R QLED yang hadir dengan desain sangat minimalis ini tersedia dengan 4 pilihan ukuran yaitu 65 inci, 75 inci, 82 inci dan 85 inci. Fitur lainnya, Samsung Q900R QLED dilengkapi teknologi HDR10+, dan didukung koneksi kabel One Invisible Connection serta Samsung One Remote.

Samsung belum mengungkapkan lebih detil berapa harga jual dari TV ini. Kendati demikian Samsung sudah memastikan Samsung Q900R QLED akan tersedia di pasaran mulai akhir September 2018 di beberapa negera tertentu.

Verified by MonsterInsights