[IFA 2018] Acer OJO 500: Headset Windows Mixed Reality yang Bisa Dibongkar Pasang

Pada ajang IFA 2018 di Berlin, Jerman, Acer meluncurkan headset Windows Mixed Reality terbarunya yang diberi nama OJO 500. Menurut Acer, ini adalah headset WMR pertama mereka yang bisa dilepas alias dibongkar pasang.

Mudah disimpan dan dibersihkan

Acer OJO 500

Dalam rilis persnya, Acer menjelaskan bahwa desain unik OJO 500 memungkinkan lensa dan tali kepala dilepas secara terpisah, agar memungkinkan headset untuk lebih mudah disimpan dan dibersihkan.

Ini sangat bermanfaat bagi bisnis yang ingin menyediakan pelanggan dengan headwear yang bersih untuk setiap penggunaan. Tersedia dengan hard head strap atau soft head strap. Tali pengikat kepala lunak dapat dicuci dengan mesin, dan bantalan ekstra pada tali pengikat keras membantu headset terpasang dengan aman dan nyaman di kepala.

Yang lebih menarik, kacamata atau penutup bagian depan dapat dibalik, sehingga menghilangkan kebutuhan untuk melepas seluruh headset ketika ingin menjawab telepon atau berbicara dengan orang lain.

Tidak butuh earphone tambahan

Acer OJO 500 dibekali dua layar LCD 2,89 inci yang menghadirkan sudut pandang seluas 100 derajat dan menghasilkan resolusi 2880 x 1440, serta tingkat refresh rate mencapai 90 Hz. Headset ini didukung teknologi interpupillary distance (IPD) untuk mengukur jarak antara pupil mata dengan layar, agar gambar terlihat lebih jelas.

ASUS vivobook s14 flip 728

Tidak hanya itu, OJO 500 juga memiliki sistem audio terintegrasi menggunakan desain pipa suara. Artinya, pengguna dapat mendengar audio tanpa menggunakan earphone, sehingga mereka tetap sadar akan lingkungan sekitar sambil tetap menikmati pengalaman mixed reality-nya.

Dengan fitur inside-out tracking, Acer OJO 500 tidak perlu adanya instalasi kamera apapun di dinding atau pemasangan perangkat keras asing lainnya. Segera setelah headset tersambung ke PC Windows Mixed Reality, headset ini secara otomatis menginstal perangkat lunak yang diperlukan.

Pengaturan cepat dan mudah hanya memerlukan waktu sekitar 10 menit. Windows Mixed Reality ini juga memberikan 6 tingkat kebebasan gerakan termasuk maju/mundur, atas/bawah, kiri/kanan serta rotasi pitch, yaw dan roll. Acer OJO 500 juga dilengkapi dengan kabel 4 meter (13 kaki), terhubung ke PC melalui HDMI 2.0, serta konektor USB 3.0 untuk keperluan mengunduh data.

Meluncur November 2018

Tak ketinggalan, Acer OJO 500 hadir dalam konfigurasi opsional yang mencakup dua pengendali gerak Bluetooth yang dapat disinkronisasikan dengan headset; tombol Windows 10, touchpad, dan tombol ambil untuk memungkinkan pengguna berinteraksi dengan objek digital dalam permainan.

Perangkat ini rencananya akan mulai dijual pada November 2018 mendatang. Harganya US$399, belum termasuk motion controller Bluetooth yang tersedia dalam bundling berbeda.