Andalkan OS Android Oreo Go Edition, Nokia 1 Resmi Meluncur di Indonesia

HMD Global meluncurkan smartphone terbarunya untuk kelas entry level yang dibanderol dengan harga terjangkau, Nokia 1. Yang menarik dari produk tersebut adalah statusnya sebagai smartphone dari brand global pertama di Indonesia yang hadir dengan Android Oreo Go Edition.

OS dirancang khusus untuk spesifikasi rendah

svg%3E

Dalam acara temu pers yang digelar di Jakarta, Rabu (15/8), HMD Global menjelaskan bahwa Nokia 1 lebih ditujukan kepada pengguna yang baru beralih dari feature phone ke smartphone. Selain itu, smartphone ini juga cocok untuk mereka para generasi muda.

Performa Nokia 1 didukung komposisi hardware khas kelas entry level, antara lain SoC MediaTek MT6737M dengan prosesor quad-core yang ditemani RAM 1 GB dan memori internal 8 GB. Ruang penyimpanan data ini bisa diperluas dengan memasang microSD.

Yang paling menarik, meski secara spesifikasi terkesan pas-pasan, Nokia 1 mengadopsi sistem operasi murni, Android 8.1 Oreo Go Edition. Sekadar informasi, ini adalah OS khusus yang diciptakan Google untuk perangkat dengan spesifikasi rendah.

Ditambah dengan beberapa aplikasi yang dirancang secara spesifik untuk Android Go, misalnya YouTube Go, Maps Go, dan Gmail Go, hasilnya adalah pengguna tetap bisa mendapatkan pengalaman menggunakan smartphone yang mulus dan lancar.

svg%3E

svg%3E

Apalagi, karena OS-nya murni (tanpa user interface tambahan), Nokia 1 juga tidak memiliki bloatware. Ini juga membuat ruang penyimpanan datanya tetap tersisa banyak sehingga memudahkan pengguna meng-install berbagai aplikasi lainnya dari Google Play Store.

“Kami menawarkan lebih banyak hal baru di dalam smartphone Android Nokia. Mulai dari fitur baru, kinerja yang lebih hebat hingga daya tahan baterai yang lebih lama. Pembaruan ini kami harap dapat memberikan pengalaman Android terbarik, dan yang paling penting, tidak ribet dan bisa digunakan oleh semua orang,” ujar Miranda Vania Warokka, Marketing Head Nokia indonesia.

Dari sektor kamera, Nokia 1 mengandalkan sensor 5 megapixel di belakang dan 2 megapixel di depan. Semua fitur tersebut didukung dengan baterai berkapasitas 2150 mAh yang diklaim dapat bertahan seharian penuh.

svg%3E

Harga murah

Nokia 1 mengusung layar IPS 4,5 inci dengan resolusi 480 x 854 dan dibalut dengan bodi berbahan plastik. HMD Global menyediakan dua pilihan warna yang menarik, yakni Dark Blue dan Warm Red. Saat ini smartphone tersebut sudah mulai dijual di gerai offline maupun online melalui beberapa e-commerce ternama. Harganya sangat terjangkau, hanya Rp999.000. Bagaimana menurut Anda? Berminat?