YouTube Versi Web Menjadi Lebih Bersahabat Untuk Konten Video Vertikal

Semakin ramainya konten video di YouTube sebagian besarnya disebabkan oleh mudahnya merekam video di manapun, terutama oleh pengguna smartphone. Namun, ada sebagian kalangan yang mengeluhkan kebijakan YouTube untuk tetap memberikan blok hitam di kedua sisi video vertikal. Orientasi merekam vertikal biasanya digunakan oleh pengguna smartphone.

Memang untuk sebagian orang masalah itu sepele. Namun ada pula yang menginginkan YouTube sebagai penyedia layanan video di internet untuk mengikuti layanan lain di perangkat mobile. Terlebih karena ada YouTuber yang setia menggunakan video vertikal yang diambil dari kamera smartphone. Dan mereka ingin video yang diambil terlihat indah di sana, tidak diganggu oleh layar hitam.

svg%3E
Sisi hitam di video vertikal kini diubah menjadi putih dan ukuran videonya disesuaikan.

Akhirnya, YouTube mengalah dan mengubah blok hitam yang ada di kedua sisi video vertikal. Warna yang digunakan oleh YouTube adalah putih. Beberapa video juga bisa mendapatkan sedikit perubahan ukuran dan diperbesar untuk memaksimalkan kenikmatan melihat video. Terutama untuk video yang terpotong bagian atas dan bawahnya dengan blok hitam.

Perubahan tersebut ditujukan untuk YouTube web yang biasa kamu temui di browser internet. Sedangkan untuk YouTube versi perangkat mobile, perubahan tersebut sudah terlebih dahulu diluncurkan untuk Android dan iOS. Selain itu, blok hitam video vertikal di smartphone dapat pula diatasi dengan mengubah orientasi layar menjadi vertikal.

svg%3E
Ketika menggunakan mode layar penuh, blok hitam masih dapat ditemui.

Akan tetapi, ketika kami mengubah tampilan YouTube web ke Full Screen, kami masih menemukan adanya blok hitam di kedua sisi video vertikal. Tampaknya perubahan dan penyesuaian video tersebut hanya berlaku pada video yang ada di layar normal YouTube saja.

Verified by MonsterInsights