Quantcast
AplikasiNewsWeb Service

Google Tingkatkan Kemampuan G Suite Dengan Dukungan Artificial Intelligence

Tren penggunaan Artificial Intelligence atau AI ke dalam kehidupan sehari-hari semakin menyebar luas belakangan ini. Setelah membantu pengguna smartphone untuk memotret dengan lebih indah, AI juga diterapkan pada storage yang bisa belajar dan aplikasi untuk membersihkan gambar dari cacat. Kali ini, Google tidak mau ketinggalan dengan diterapkannya AI pada G Suite miliknya.

G Suite AI 001

Terapan AI yang digunakan dalam layanan berbayar G Suite salah satunya ada pada respons di Hangout Chat. Mungkin kamu seringkali melewatkannya, tetapi Hangout Chat bisa ditemui pada sisi kiri Gmail dan bisa digunakan untuk chatting dengan sesama pengguna Gmail. Berkat bantuan AI, chat tersebut akan memberikan saran mengenai jawaban apa yang bisa digunakan sebagai respons.

Tentu saja respons yang disarankan oleh AI tersebut tidak sembarangan. Karena mereka dihasilkan dari hasil pembelajaran AI mengenai respons yang biasa kamu gunakan. Ketika kamu respons dengan teman atau rekan kerja, AI akan membedakan nada responsnya, antara resmi dan akrab. Dengan demikian, kamu bisa tetap konsentrasi bekerja tanpa perlu repot mengetik respons dan memikirkannya.

SmartReplyV2 in Chat cz4jjUr

Selain pada Hangout Chat, penerapan AI juga bisa ditemui pada saat menyusun surat email atau surel. Ketika kamu mengetik, AI tersebut akan memberikan saran mengenai teks apa yang tepat untuk ditulis. Sama seperti pada chat, AI akan mempelajari kebiasaanmu ketika mengetik email, dan disesuaikan dengan tingkat keseriusan surat berdasarkan penerimanya.

New Smart compose

Docs pada G Suite juga tidak luput dari terapan AI. Pada aplikasi penulisan dokumen tersebut, kamu bisa menemukan adanya saran grammar di sana. Jadi bila kamu tidak yakin dengan kemampuanmu menulis, terutama pada bahasa asing, kamu tidak perlu takut menulis. Sebab AI akan menemukan padanan kata yang tepat dan memberikannya padamu. Kamu tinggal menekan tombol dan kata tersebut akan langsung disematkan di dokumenmu, tanpa perlu kamu copy paste.

Spelling grammar

Beragam terapan AI pada G Suite tentunya akan meningkatkan produktivitas dan tentunya efisiensi bekerja. Bila kamu tertarik dengan beragam fitur pintar tersebut, kamu perlu berlangganan G Suite mulai dari $5 per bulannya. Bayangkan saja semua layanan Google yang selama ini kamu gunakan, hanya jauh lebih baik.

Back to top button