Berminat dengan Samsung Galaxy A6+? Inilah Kelebihan dan Kekurangannya

Samsung punya jagoan baru yang tampil cukup memukau di kelas harga 4 jutaan rupiah. Ya, apalagi kalau bukan Galaxy A6+, smartphone dengan kamera belakang ganda yang menjadi penawaran utamanya.

Kami sudah sempat mengulas lengkap berbagai fitur yang ditawarkan Galaxy A6+ dalam sebuah artikel review. Namun jika Anda tertarik tapi masih bimbang untuk meminangnya, mungkin daftar kelebihan dan kekurangan Galaxy A6+ berikut ini bisa membantu Anda:

Yang Canggih:

1. Bodi metal dan tampak menawan

svg%3E

Samsung Galaxy A6+ adalah smartphone dengan layar 6 inci, tapi memiliki dimensi bodi yang kurang lebih sama seperti smartphone 5,5 inci sehingga tetap mudah dioperasikan dengan satu tangan. Material metal yang digunakan mampu membuat Galaxy A6+ tampak premium sekaligus tidak mudah kotor oleh sidik jari.

Varian yang kami rekomendasikan adalah yang berwarna biru. Dari tiga opsi yang tersedia; dua lainnya adalah hitam dan gold; menurut kami warna biru ini terlihat paling menawan. Birunya berbeda, tidak terlalu glossy, sedikit gelap, dan amat elegan. Cocok untuk Anda yang ingin tampil keren di setiap kesempatan.

2. Layar Super AMOLED yang memanjakan mata

svg%3E

Seperti disebutkan di atas, Galaxy A6+ hadir dengan layar Super AMOLED 6 inci 18.5:9 dengan resolusi Full HD+. Artinya, selain terang dan sangat memadai untuk penggunaan di bawah sinar matahari, tampilan gambarnya juga tajam.

Perlu Anda ketahui pula, Galaxy A6+ sudah memiliki fitur Always-On Display yang akan selalu menampilkan informasi seperti jam, tanggal, indikator baterai, hingga notifikasi yang masuk tanpa harus membuka kunci atau menyalakan layar.

3. Kamera belakang mumpuni, jago di kondisi low-light

Galaxy A6+ memiliki kamera belakang ganda dengan konfigurasi 16 megapixel f/1.7 + 5 megapixel f/1.9. Keuntungan memiliki kamera belakang ganda adalah Anda bisa menciptakan foto yang lebih kreatif. Contohnya menambahkan efek bokeh melalui fitur Live Focus. Sejauh kami mencobanya, mode bokeh ini terbilang rapi.

Samsung Galaxy A6+

Samsung Galaxy A6+

svg%3E

Yang tak kalah menarik, Galaxy A6+ juga bisa diandalkan untuk memotret di kondisi cahaya temaram. Kameranya mampu menjaga ketajaman gambar dengan noise yang cukup minim.

4. Ada Bixby Vision dan Samsung Max

Galaxy A6+ dibekali Bixby Vision yang memungkinkan Anda menelusuri informasi terkait objek yang tertangkap di kamera smartphone. Cara menggunakannya sangat mudah, cukup masuk ke aplikasi kamera, aktifkan Bixby Vision, lalu arahkan ke objek yang dituju.
svg%3E

Ada pula fitur Samsung Max. Singkatnya, fitur ini membantu Anda memantau penggunaan kuota data dan pastinya menghemat konsumsinya. Samsung Max juga dibekali fungsi Privacy Protection untuk menjaga akun dan password Anda tetap aman.

5. Baterai tergolong awet

Smartphone ini memiliki baterai 3500 mAh yang daya tahannya cukup baik untuk gaya pemakaian normal. Dari kondisi 100 persen, Galaxy A6+ dapat menemani aktivitas Anda sejak pagi hingga malam hari. Hasil pengujian menggunakan PC Mark Battery Life 2.0 juga cukup memuaskan.

Yang Kurang:

1. Tidak ada NFC

Sayangnya untuk sebuah smartphone dengan harga nyaris 5 juta rupiah, Samsung belum membenamkan NFC pada Galaxy A6+. Bagi sebagian orang fitur tersebut mulai cukup dibutuhkan saat ini. Misalnya untuk mengetahui sisa saldo atau mengisi ulang e-money.

2. Belum dibekali fast charging

Meski daya tahan baterainya tergolong baik, sayangnya Galaxy A6+ belum didukung fitur fast charging. Akan lebih menarik jika fitur ini tersedia agar pengguna tidak perlu menunggu terlalu lama saat mengisi daya.

svg%3E

3. Performa kurang gahar di kelasnya

Inilah kekurangan utama yang menurut kami amat disayangkan. Sebagai smartphone 4 jutaan, Galaxy A6+ tidak memiliki performa semenarik para pesaingnya. Pasalnya, Samsung hanya membenamkan SoC Qualcomm Snapdragon 450 saja. Bukan berarti kinerjanya lambat, hanya saja, cukup tertinggal dari lawan-lawannya di kelas harga yang setara.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Samsung Galaxy A6+. Semoga artikel kali ini dapat membantu Anda membulatkan tekad untuk membeli atau sebaliknya.