Sony Umumkan IMX586, Sensor Kamera Smartphone dengan Resolusi hingga 48 Megapixel

Sony dikenal sebagai salah satu pemasok sensor kamera smartphone terbesar di dunia. Dari tahun ke tahun, sensor garapan Sony terus berkembang. Yang terbaru, IMX586 CMOS image sensor, menjanjikan peningkatan yang cukup signifikan pada fotografi mobile.

svg%3E

Dikutip dari Slashgear, Senin (23/7), Sony IMX586 memungkinkan peningkatan resolusi hingga 48 megapixel alias 8000 x 6000 pixel! Menurut Sony, ini adalah resolusi tertinggi yang ada di industri smartphone sekarang.

Memiliki pixel sebesar itu memberi keuntungan berupa sensitivitas dan level saturasi yang tinggi. Setiap pixel berukuran 0,8 micrometer dan sensornya sendiri 8 mm, cukup besar untuk tipe sensor 1/2 inci.

svg%3E

Yang lebih menarik, IMX586 menggunakan filter warna Quad Bayer yang artinya setiap 2×2 pixel menggunakan warna yang sama. Ini sangat berguna dalam kondisi low-light. Nantinya, warna dari keempat pixel yang berdekatan ditambahkan secara otomatis dan akan menghasilkan foto 12 megapixel yang terang, tajam, serta minim noise.

svg%3E

Sony berencana mendistribusikan IMX586 ke pasaran pada September 2018. Meski begitu, belum ada informasi kapan smartphone yang mengusung sensor ini akan diluncurkan. Ada kemungkinan Xperia XZ3 menjadi yang pertama hadir di IFA 2018 nanti.