Nokia X5: Smartphone Layar Poni 2 Jutaan dengan Kamera Ganda dan Helio P60

Setelah rumornya ramai beredar di dunia maya selama beberapa pekan terakhir, HMD Global akhirnya mengumumkan kehadiran smartphone terbarunya, Nokia X5. Dibanderol dengan harga terjangkau, smartphone ini menawarkan spesifikasi dan fitur yang cukup menarik di kelasnya.

Layar Poni dan kamera belakang ganda

svg%3E

Dikutip dari GSMArena, Kamis (19/7), Nokia X5 adalah smartphone dengan layar 5,86 inci dengan resolusi HD+ alias 720 x 1520 pixel. Layar tersebut mengusung aspect ratio 19:9 dan memiliki poni di atasnya. Yang menarik, ratio screen-to-body dari smartphone ini mencapai 84 persen!

Untuk mendukung penggemar fotografi, Nokia X5 dbekali kamera belakang ganda dengan konfigurasi sensor 13 megapixel f/2.0 sebagai kamera utama, serta kamera kedua 5 megapixel. Kombinasi keduanya memungkinkan pengguna menciptakan foto dengan efek bokeh.

Sementara untuk selfie, HMD Global menyediakan kamera 8 megapixel f/2.2 di depan dengan sudut lebar 80 derajat. Kamera depan ini sudah didukung fitur-fitur keren seperti AI Portrait (untuk selfie bokeh) dan beauty mode.

svg%3E

Performa kencang, harga menarik

Beralih ke sektor performa, Nokia X5 tampil menggiurkan karena dipersenjatai SoC Helio P60. Di level harganya, cukup jarang ditemukan smartphone yang sudah mengusung chipset kencang garapan MediaTek tersebut.

svg%3E

Tak hanya menjanjikan performa bertenaga, Nokia X5 juga menawarkan dua opsi RAM dan memori internal yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, yakni 3GB/32GB dan 4GB/64GB. Semua hardware di atas didukung baterai 3060 mAh.

Sistem operasi yang ditanamkan adalah Android 8.1 Oreo. Walaupun sudah yang terbaru, HMD Global tetap menjanjikan Nokia X5 bakal mendapatkan update ke Android P di masa depan.

Nokia X5 tersedia dalam varian warna Black, White, dan Blue. Smartphone ini akan lebih dulu dijual di China pada 19 Juli 2018, dengan banderol US$148 atau sekitar 2,1 juta rupiah untuk versi RAM 3 GB, serta US$208 atau sekitar 3 juta rupiah untuk versi RAM 4 GB.