[Game Test] Samsung J7 Duo, Smartphone Kelas Menengah Berkemampuan Gaming Tinggi

Bagi pengguna smartphone kelas menengah, Samsung J7 Duo merupakan smartphone yang sangat pas untuk memenuhi hobi foto dan selfie. Berkat fitur kameranya yang memiliki efek beautification, semua foto yang dijepret dari kameranya menjadi indah. Namun, siapa sangka kalau smartphone ini ternyata juga bisa digunakan untuk main game.

svg%3E

Untuk mengetahui seberapa hebat Samsung J7 Duo bila digunakan untuk main game, kami sengaja menggunakannya untuk menjalankan beberapa game baru di Android. Bahkan beberapa di antaranya adalah game dengan permintaan grafis yang tinggi karena digunakannya engine Unreal 4 yang biasanya ada di game console.

Dilihat dari kemampuan Samsung J7 Duo sendiri, kami melihat besar kemungkinan smartphone ini bisa menjalankan semua game tersebut dengan baik. Sebab smartphone ini dilengkapi dengan komponen yang kuat, seperti SOC 2x ARM Cortex A73 @ 1.59 GHz dan 6x ARm Cortex A53 @ 1,56 GHz. Ya, smartphone ini punya 6 core untuk menjalankan beragam fungsinya.

Selain itu, adanya RAM 2679 MB (3GB) yang terbilang cukup besar membuat smartphone dengan ukuran layar 5,46 inci dan resolusi 720 x 1280 ini menjadi lebih mantap untuk main game. Tanpa berpanjang lebar lagi, berikut pengalaman kami ketika memainkan beberapa game di Samsung J7 Duo.

Need for Speed No Limits

Masalah yang biasa muncul ketika memainkan game balapan di smartphone adalah munculnya screen tearing atau tampilan layarnya seperti robek, dan lag ketika bermain. Sebab game balapan seperti NFS No Limits memiliki permainan dengan kecepatan tinggi dan transisi visual yang cepat.

Menariknya, Samsung J7 Duo sama sekali tidak mengalami masalah ketika bermain game ini. Bahkan kami sama sekali tidak menemukan adanya masalah lag dan tearing ketika balapan. Pengendalian yang kami temui ketika balapan juga mulus dan tidak ada masalah.

Sedangkan untuk tampilan visualnya, kami merasa puas karena kualitasnya tinggi. Kami tidak menemukan adanya penurunan kualitas visual grafis ketika berada di tengah permainan, dan game ini bisa menunjukkan keindahannya.

Lineage 2 Revolution

Mungkin beberapa diantara kamu sudah pernah memainkan game RPG Online ini, dan menemui masalah lagging grafis. Jelas saja, game ini menggunakan teknologi engine grafis yang cukup tinggi, yaitu Unreal 4 Engine yang biasa ditemui di game PC dan console. Apalagi bila kamu mengubah setting grafisnya ke opsi Best, yang memberikan kualitas grafis tertinggi dan tentunya luar biasa berat ketika dimainkan.

Ternyata Samsung J7 Duo mampu memainkan game ini dengan baik. Sebenarnya kami juga cukup terkejut, karena setting yang kami gunakan adalah Best. Ketika kami bermain, kami tidak menemukan adanya penurunan kinerja di tengah permainan, yang biasanya ditandai oleh tersedaknya jalan permainan.

Tampilan visualnya juga berhasil mempertahankan kualitas yang tinggi. Bila kamu suka dengan game ini, tentunya kamu juga ingin melihat visual grafis karakter yang begitu indah. Samsung J7 Duo dapat memberikannya padamu.

svg%3E

Satu-satunya saat game ini menemui masalah grafis adalah ketika sedang melihat event movie. Biasanya event tersebut muncul sebagai penyambung cerita. Pada event tersebut, Samsung J7 Duo mengalami penurunan kinerja dan agak patah-patah. Akan tetapi hal ini menurut kami bukan masalah, karena tidak memengaruhi jalannya permainan.

Durango Wild Lands

Untuk masalah kualitas tampilan visual, Durango tidak kalah dengan Lineage 2 Revolution. Game Survival dengan tema dunia dinosaurus ini memiliki tampilan visual lingkungan yang begitu kaya dengan detail. Itu pula sebabnya game ini cukup berat untuk dijalankan di smartphone kelas menengah.

Lalu, bagaimana bila game ini dijalankan di Samsung J7 Duo? Kami menemukan game ini bisa berjalan dengan lancar dan mulus. Mulai dari menjelajahi daerah yang penuh dengan detail vegetasi seperti hutan dan semak belukar, sampai daerah dengan pencahayaan yang penuh efek visual; semua bisa dijalankan dengan baik oleh smartphone ini.

Gerakan ketika bertarung juga berhasil dijalankan dengan baik oleh Samsung J7 Duo. Biasanya kami mengalami masalah lag grafis ketika menekan tombol menghindar dari serangan dino, dan itu membuat karakter kami terkena serangan. Namun, smartphone ini bisa menghilangkan masalah tersebut dan kami bisa memainkannya dengan nyaman.

Bila dilihat dari sisi kualitas visualnya, Samsung J7 Duo bisa menampilkan tampilan yang indah. Semua efek cahaya dan detail grafis berhasil direproduksi dengan baik, serta warnanya sangat kami sukai.

West World

Game yang diangkat dari film seri barat West World ini merupakan game manajemen taman hiburan, sama seperti yang terjadi di dalam filmnya. Bila kamu suka menonton film serinya, bisa jadi kamu merasa dekat dengan game ini karena adanya elemen film yang dimasukkan ke dalam game ini, seperti nama karakter. Masalah terbesar yang akan dihadapi Samsung J7 Duo ketika memainkan game ini adalah banyaknya pernik game yang bergerak secara bersamaan.

Ketika kami memainkan game ini di Samsung J7 Duo, kami ternyata sama sekali tidak menemui masalah, terutama dari sisi kinerjanya. Tidak ada masalah pada tearing visual ketika kami menggerakkan layar permainan, dan juga ketika kami zoom ke ruangan di dalam game.

Kami juga tidak menemui adanya lagging grafis ketika kami melakukan pilihan, misalnya ketika membuat Host dan memilih Guest yang akan dilayani oleh Host tersebut. Terang saja, setelah Samsung J7 Duo berhasil melewati game berat seperti Lineage 2 Revolution, rasanya West World bukan lagi tantangan yang berarti untuk dilalui smartphone ini.

Kesimpulan

Samsung J7 Duo memiliki kemampuan bermain game yang cukup mengejutkan. Bukan hanya smartphone ini bisa memainkan game dengan baik, bahkan ia juga bisa menjalankannya di setting grafis tertinggi yang membuat smartphone kelas menengah lain tumbang. Untuk smartphone dengan harga 3,3 jutaan hingga 3,7 jutaan ini, kemampuannya untuk bermain game tidak perlu diragukan lagi. Belum lagi ditambah kualitas layarnya yang tinggi, sehingga mampu menghasilkan visual yang indah dengan warna yang vibrant.

Hanya ada sedikit masalah panas ketika memainkan game. Pada bagian atas smartphone, di bagian punggungnya yang juga lokasi kamera, suhunya meningkat cukup tinggi dan cukup terasa di jari. Meskipun tidak sampai membuat sakit jari, tetapi sebaiknya kamu mengamankan jarimu dengan menggunakan pelindung.

[table]
Spesifikasi;Samsung J7 Duo
Chipset;Exynos 7870 Octa
CPU;Octa-core 1.6 GHz Cortex A53
GPU;Mali-T830 MP1
RAM;3GB
Storage;32GB (MicroSD hingga 256GB)
OS;Android 8.0 (Oreo)
Dimensi;153.5 x 77.2 x 8.2 mm
Berat;174 gram
Layar;Super AMOLED 5.5 inci (1280 x 720 px)
Proteksi;Corning Gorilla Glass
Baterai;Li-Ion 3000 mAH
Warna;Black, Gold, Blue
Kamera Depan;8MP (f/1.9) LED Flash
Kamera Belakang;Dual 13MP (f/1.9) 5MP (f/1.9), autofocus, LED Flash
Video;[email protected] fps
Fitur Kamera;Geo-tagging, Touch Focus, Face Detection, Panorama, HDR
SIM;Dual-SIM (Micro dan Micro)
Jaringan;GSM/HSPA/LTE
Dukungan;4G LTE
WLAN;Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, Hotspot
Bluetooth;4.2, A2DP, LE
GPS;A-GPS, GLONASS, BDS
Port;Jack Audio 3.5mm
USB;Micro USB 2.0
Radio;FM Radio
Sensor;Fingerprint (Front Mounted), Accelerometer, Proximity
[/table]