Razer Huntsman Elite, Keyboard Gaming Mekanik Dengan Teknologi Switch Opto-Mechanical Terbaru

Persaingan yang begitu ketat antara keyboard gaming mekanikal pda akhirnya bergantung dari faktor ergonomis dan fitur tambahan. Akan tetapi, Razer mengatakan lain dengan meluncurkan Razer Huntsman Elite, keyboard gaming mekanikal dengan switch mekanik hasil inovasi terbaru dengan dasar aktivasi cahaya.

svg%3E

Teknologi Switch Opto-Mechanical

Berbeda dengan switch mekanikal yang biasanya digunakan di keyboard gaming lain, Razer Huntsman Elite menggunakan switch Opto-Mechanical, switch mekanik dengan basis aktivasi cahaya. Teknologi dari switch ini berasal dari inovasi Razer sendiri. Itu sebabnya keyboard gaming ini mampu memiliki switch yang tidak berdasar pada aktivasi fisik seperti Cherry MX.

svg%3E
Switch Opto-Mechanical menggunakan media cahaya untuk aktivasinya.

Pada switch Opto-Mechanical, ada sensor optik yang akan menerima cahaya ketika kamu menekannya. Akibatnya, aktivasi dari switch di Razer Huntsman Elite menjadi sangat cepat, jauh lebih cepat dibandingkan switch fisikal. Dengan begitu, kamu bisa menekan tombol dengan sangat cepat dan semuanya akan langsung diaktivasi.

Keuntungannya ada pada game yang membutuhkan APM atau Action Per Minute yang tinggi seperti pada game berjenis MOBA. Tombol di Razer Huntsman Elite juga dirancang untuk menghasilkan feedback clicky seperti halnya switch mekanikal lainnya. Pada switch tersebut juga ada Stabilizer Bar untuk menstabilkan gerakan switch supaya tetap konsisten meskipun ditekan dari sudut manapun.

Switch Opto-Mechanical pada Razer Huntsman Elite juga memiliki umur yang panjang. Tidak seperti switch fisikal yang memiliki umur sekitar 50 juta keystroke, switch Opto-Mechanical memiliki umur hingga 100 juta keystroke akibat minimnya tekanan fisikal yang terjadi di dalamnya.

svg%3E

Dilengkapi Multimedia Digital Dial

Ketika kamu sedang berada di dalam permainan, mengubah level volume tentunya menjadi satu permasalahan tersendiri. Kamu tentu saja tidak bisa dengan mudah menghentikan permainan, terutama untuk game multiplayer online. Untuk itu, Razer Huntsman Elite menyediakan dial dan tombol tambahan untuk mengendalikan fungsi multimedia, seperti volume, skip lagu, play, dan pause.

svg%3E
Mutimedia dial dapat digunakan untuk pengaturan multimedia dan fungsi lain.

Tidak hanya untuk mengendalikan lagu, tombol tersebut juga bisa digunakan untuk mengatur beragam fungsi lain, seperti brightness layar monitor. Semua itu bisa dengan mudah diatur pada aplikasi Synapse 3 yang menjadi bawaan Razer Huntsman Elite.

Fitur Lain Pada Keyboard

Razer Huntsman Elite memiliki beberapa fitur menarik yang membantumu dalam bermain game hingga kenyamanan. Untuk kenyamanan, kamu bisa menemukan wrist rest atau sandaran pergelangan tangan yang terbuat dari bahan kulit. Sandaran tersebut bisa dilepas dengan mudah karena terhubung dengan magnet dan pada bagian bawahnya dilengkapi pula dengan lampu Razer Chroma, lengkap dengan 24 zona yang bisa diatur sendiri.

Berbicara mengenai Razer Chroma pada Razer Huntsman Elite, keyboard ini memiliki 4 sisi pencahayaan di bagian bawah yang bisa diatur dan terbagi ke dalam 38 zona kustomisasi. Semuanya bisa kamu atur sendiri melalui aplikasi Razer Synapse 3. Dengan demikian, kamu bisa bangga menggunakan keyboard gaming dengan teknologi mekanik terbaru ini.

Semua pengaturan tersebut disimpan di dalam memory yang ada di dalam Razer Huntsman Elite dan cloud storage. Setidaknya ada 5 profil yang bisa disimpan di dalam memory tersebut. Selain pengaturan cahaya, memory tersebut bisa pula digunakan untuk menyimpan macro yang bisa kamu ubah sendiri. Dukungan lain untuk gaming adalah adanya Gaming Mode yang bisa mengunci beberapa tombol di keyboard supaya kamu tidak salah tekan, misalnya tombol Windows yang bisa mengeluarkanmu dari game.

Harga Razer Huntsman Elite

Untuk harganya, Razer Huntsman Elite bisa dikatakan cukup murah untuk produk dengan teknologi baru. Razer Huntsman Elite dibandrol dengan harga $199.99 atau sekitar 2,8 jutaan. Sedangkan bila kamu tidak perlu beberapa fitur yang ada di Razer Huntsman Elite, seperti Multimedia Dial, Wrist Pad, serta cahaya di bawah keyboard dan mengincar harga lebih murah, maka kamu bisa memilih Razer Huntsman. Harganya adalah $149.99 atau sekitar 2,1 jutaan.

[table]
Spesifikasi;Razer Huntsman Elite
Switch;Razer™ Opto-Mechanical Switch dengan 45 G actuation force
Ketahanan Switch;100 juta keystroke
Backlight;Chroma backlight dengan 16.8 juta variasi warna
Underglow;Underglow lighting dengan 38 zona kustomisasi
Wrist Rest;Ergonomic Wrist Rest berbahan kulit dengan 24 zona cahaya
Multimedia;Multimedia digital dial, Dedicated media control
Memory;Hybrid onboard storage – hingga 5 profil
Software;Razer Synapse 3
Macro;Tombol dengan on-the-fly macro recording
Fitur;10 key roll-over dengan anti-ghosting, Gaming mode option, Braided Fiber Cable, 1000 Hz Ultrapolling, Aluminum matte top plate
[/table]