KomputerLaptopReview

Review ASUS VivoBook A407U, Laptop Ringan & Tipis Untuk Pengguna Mainstream Dan Profesional Muda

Tidak semua pengguna laptop meminta perangkat mobilenya menggunakan prosesor sekuat Intel i7 atau graphics card sekelas NVIDIA GeForce GTX 1070. Justru lebih banyak pengguna yang mencari laptop ringan, dengan harga terjangkau dan mampu digunakan dengan nyaman untuk kegiatan sehari-hari. Kelas inilah yang tampaknya diincar oleh ASUS dengan laptop barunya, ASUS VivoBook A407U.

ASUS VivoBook A407U dirancang untuk pengguna mainstream.

Kesan pertama kami ketika memegang ASUS VivoBook A407U pertama kalinya adalah laptop ini sangat ringan, ukurannya cukup kecil sehingga mudah dibawa di dalam tas, dan dilengkapi dengan sensor sidik jari untuk keamanannya. Menariknya, laptop ini dibandrol dengan harga sekitar 6 jutaan. Harga yang menurut kami sangat pas untuk kantong pengguna mainstream dan profesional muda yang masih baru mulai menjejakkan kakinya di dunia bisnis.

Harga yang terjangkau tentu saja tidak bisa memaksakan diri untuk menggunakan komponen yang tinggi. Terang saja, ASUS VivoBook A407U memang ditujukan untuk penggunaan ringan, bukan editing video atau 3D graphics. Akan tetapi, kami cukup kaget karena laptop ini ternyata masih mampu digunakan untuk memainan game seperti yang telah kami coba sendiri.

Spesifikasi Asus Vivobook A407U
CPU Intel® Core™ i3-6006U Processor, 2.0GHz (3M Cache)
OS Windows 10 Home
Memory 4GB DDR4
Storage 1TB HDD 5400RPM
Layar 14 Inci (16:9) LED backlit HD (1366×768) Glare Ultra Slim
Graphics Card NVIDIA MX110 2GB GDDR5 / Intel HD graphics 510
Input/Output 1x Microphone-in/Headphone-out jack, 1x USB 3.0 port, 1x HDMI, 1x MicroSD card reader, 1x USB 2.0 Port
Kamera VGA Web Camera
Connectivity Dual band 802.11ac Bluetooth V4.1
Audio ASUS SonicMaster Technology
Baterai 3 cell Li-ion 33WHrs
Dimensi 328.6 x 246.3 x 21.9mm
Berat 1,55 Kg plus baterai

Eksterior Seperti Laptop Kelas Atas

Hal pertama yang membuat kami tertarik dengan ASUS VivoBook A407U adalah presentasi luarnya. Sebab, kami sebelum mengetahui harga pastinya sempat mengira laptop ini akan ada di kelas 10 jutaan. Alasan terbesar kami sempat terkecoh adalah laptop ini dirancang dengan elegan.

Pada bagian monitornya yang berukuran 14 inci, kami menemukan bezel yang tipis di kedua sisi horizontalnya. Dilengkapi bezel berukuran 7.1mm, rasio antara badan dan layar ASUS VivoBook A407U menjadi sekitar 73.8%. Ketika kami menggunakannya untuk memainkan game dan menonton film, rasio 16:9 yang dimiliki laptop ini dan resolusi maksimal 1366 x 768 menjadi terlihat lebih lebar.

Landasan telapak tangan yang ada di bagian bawah keyboard juga menjadi nilai plus bagi kami. Permukaannya dibuat agak kasar dengan pola seperti kain, sehingga tangan kami menjadi nyaman ketika mengetik. Bahannya yang tidak licin juga membuat permukaannya menjadi mudah dibersihkan dan tetap terlihat elegan meskipun terkena keringat sekalipun.

Touchpad Berukuran Besar

Untuk laptop dengan ukuran yang cukup kecil, yaitu 328.6 x 246.3 x 21.9mm, ASUS VivoBook A407U memiliki Touchpad berukuran cukup besar. Bukan hanya itu, kami juga merasa permukaan sentuh untuk menavigasikan pointer tersebut sangat responsif. Terutama ketika kami ingin mengerjaan tugas yang memerlukan banyak revisi, seperti tabel Excel. Kami dapat dengan mudah menempatkan pointer ke cell yang ingin dikoreksi dengan cepat.

Touchpad besar, dilengkapi sensor sidik jari.

Permukaan Touchpad juga tidak licin, sehingga jari menjadi lebih mudah dikendalikan di sana. Hal ini sangat terasa pentingnya ketika kami menggunakannya di tempat yang panas, dan jari kami berkeringat. Satu lagi yang patut diperhatikan pada Touchpad tersebut adalah adanya sensor untuk sidik jari di sana. Sensor tersebut dapat digunakan untuk keamanan laptop ketika dikunci, dan juga lebih mudah membukanya tanpa perlu mengetik password.

Mampu Dilengkapi Hingga Intel i7 Gen-7

Komponen yang melengkapi ASUS VivoBook A407U ternyata cukup fleksibel. Menurut ASUS, laptop ini bisa dilengkapi hingga prosesor Intel i7 Gen-7 dan Memory hingga 8 GB DDR4. Sedangkan untuk versi laptop yang kami gunakan pada saat pengujian menggunakan Intel i3-6006U@2.0GHz dan Memory 4GB DDR4.

Kekuatan yang dikandung oleh komponen tersebut tentu saja lebih dari cukup untuk menjalankan beragam program Office dan memutar film. Sayangnya karena laptop versi ini masih menggunakan HDD 1TB 5400RPM, maka proses loadingnya tidak bisa secepat ketika menggunakan SSD. Namun ASUS ternyata juga memberikan opsi untuk menggunakan SSD di ASUS VivoBook A407U.

Meskipun demikian, efek kecepatan loading tersebut hanya berpengaruh pada ketika memainkan game saja, tidak untuk menggunakan Office. Hal ini terlihat jelas ketika kami memainkan game di ASUS VivoBook A407U. Beberapa game dengan kelas berat, seperti Frostpunk baru bisa dimainakan setelah menunggu loading hingga 7 menit lamanya.

Bagaimana dengan kemampuan ASUS VivoBook A407U ketika memainan game? Kami sempat pula memainkan beberapa game di laptop ini dan semuanya dapat kamu temui pada artikel [Gaming Test] Menguji Asus Vivobook A407U untuk Bermain Game (klik untuk membuka artikel). Secara garis besarnya, laptop ini mampu memainkan game yang cukup berat dengan setting graphics Low dan berjalan dengan cukup baik.

Kondisi bermain game tersebut bisa terjadi berkat digunakannya graphics card NVIDIA MX110 2GB GDDR5, selain GPU Discreet Intel HD graphics 510. Selama memilih menggunakan graphics processor MX110 ketika ingin memainkan game, maka game kelas menengah masih bisa dimainkan dengan cukup baik di laptop ini.

Port & Audio

Untuk urusan port eksternalnya, ASUS VivoBook A407U menyediakan konektor standar, yaitu 1x Microphone-in/Headphone-out jack, 1x USB 3.0 port, 1x HDMI, 1x MicroSD card reader, dan 1x USB 2.0 Port. Port USB 2.0 diletakkan di posisi yang tepat, yaitu pada sisi kanan laptop. Dengan demikian, kami bisa menancapkan mouse tambahan di sana. Sedangkan untuk port lainnya berada di sisi kiri, sehingga tidak menganggu area gerakan mouse.

Adanya Port USB 3.0 kami sambut baik, karena transfer data menjadi lebih cepat bila dibandingkan dengan USB 2.0. Sayangnya, tidak ada port USB 3.1 Type-C yang lebih cepat. Apalagi bila kami ingin memindahkan file dengan ukuran besar, seperti image game atau film 4K, maka kami perlu menunggu cukup lama.

Ketika kami mencoba mendengarkan lagu di ASUS VivoBook A407U, kami menemukan sistem suaranya cukup baik. ASUS melengkapi laptop ini dengan teknologi SonicMaster yang dijamin oleh ASUS mampu menghasilkan Bass lebih dalam dan suara lebih jelas, serta penggunanya mampu mengatur sendiri reproduksi suara yang diinginkan. Menurut kami, untuk bisa mendengarkan lagu dengan kualitas maksimal, sebaiknya gunakan headphone kelas atas plus amplifier yang seimbang dengan kelas headphone tersebut.

ASUS Sediakan Varian Lebih Murah

Untuk pengguna dengan dana di bawah 5 jutaan, ASUS ternyata juga menyediakan versi murah untuk ASUS VivoBook A407U. Menggunakan prosesor Intel Celeron N4000 @2.6GHz (4M Cache), laptop tersebut ditujukan untuk pengguna kelas pelajar dan mahasiswa. Selain murah, versi ini juga sangat hemat energi karena kebutuhan daya maksimal saat beroperasi hanya 6 watt saja.

Pada bagian graphics, versi ini juga dilengkapi dengan Intel HD Graphics. Menariknya, ASUS VivoBook A407U versi murah tersebut masih dilengkapi dengan Memory 4GB DDR4, yang jelas lebih dari cukup untuk menjalankan program Office. Bagian lain dari laptop ini juga sama dengan versi i3 yang kami gunakan, hanya beda di prosesor yang digunakan dan tidak adanya NVIDIA MX110.

Bila kamu tertarik dengan ASUS VivoBook A407U versi Intel Celeron N4000 ini, kamu tidak perlu menabung sampai lebih dari 5 jutaan. Laptop versi terjangkau tersebut dijual dengan harga 4 juta dan garansi 2 tahun global. Sama seperti versi 6 jutaan, versi ini juga menyediakan dua warna, yaitu Icicle Gold & Stary Grey.

Spesifikasi Asus Vivobook A407 Versi Celeron
CPU Intel® Celeron N4000 Processor, 2.6GHz (M Cache)
OS Windows 10 Home
Memory 4GB DDR4
Storage 1TB HDD 5400RPM
Layar 14 Inci (16:9) LED backlit HD (1366×768) Glare Ultra Slim
Graphics Card Intel HD Graphics
Input/Output 1x Microphone-in/Headphone-out jack, 1x USB 3.0 port, 1x HDMI, 1x MicroSD card reader, 1x USB 2.0 Port
Kamera VGA Web Camera
Connectivity Dual band 802.11ac Bluetooth V4.1
Audio ASUS SonicMaster Technology
Baterai 3 cell Li-ion 33WHrs
Dimensi 328.6 x 246.3 x 21.9mm
Berat 1,55 Kg plus baterai

Kesimpulan

Bagi kami, ASUS VivoBook A407U memiliki kemampuan yang cukup baik untuk laptop seringan dan setipis itu. Apalagi dengan adanya opsi untuk meningkatkan komponen yang digunakannya sampai Intel i7 dan Memory 8GB DDR4, laptop ini bisa kamu gunakan sebagai workstation yang bisa diandalkan di mana saja. Opsi untuk menggunakan SSD tersedia pula, tetapi kami yakin harganya pasti akan langsung meningkat drastis. Adanya opsi komponen tersebut membuat ASUS VivoBook A407U mampu menjangkau mulai dari kalangan pelajar dengan laptop harga 4 jutaan, hingga profesional muda yang mampu mengeluarkan uang banyak untuk menggunakan opsi dengan kelas lebih berat.

Yang Canggih:

    Ukurannya kecil & ringan.
    Desainnya tidak murahan.
    Touchpad besar, sebanding dengan laptop 15 inci.
    Permukaan armrest memiliki tekstur sehingga tidak licin.
    Ada sensor sidik jari.
    Mampu memainkan game dengan setting Low.
    Harganya terjangkau dan bersahabat.

Yang Kurang:

    Tidak ada opsi GPU lain selain NVIDIA MX110
    Belum menggunakan SSD
    Tidak ada dukungan USB 3.1 Type-C
ASUS VivoBook 407U

Komentar

Beri komentar

Close