KomputerLaptop GamingNews

[Hands-On] Menjajal Kemampuan Gaming Acer Predator Helios 500 di Event Peluncurannya

Acer Predator Helios 500 akhirnya dipasarkan di Indonesia melalui event peluncuran yang dilaksanakan di Empirica yang berada di bilangan kompleks SCBD Kawasan Niaga Terpadu Sudirman, Jakarta, pada tanggal 7 Juni 2018. Pada kesempatan event peluncuran tersebut, kami berkesempatan untuk mencoba langsung kehebatan laptop gaming yang dilabel Acer sebagai Gaming Beast tersebut. Berikut kesan pertama kami setelah memainkan game Far Cry 5 yang kebetulan memang dipasang di sana.

Kami berhasil main di Acer Predator Helios 500!

Kesan Memainkan Game di Predator Helios 500

Ketika kami baru menyentuh Predator Helios 500, game yang memang sudah menyala di sana, yaitu Far Cry 5 terlihat agak mencurigakan. Karena seharusnya kualitas visualnya lebih dari yang kami lihat. Setelah usut punya usut, kami membuka setting grafisnya dan menemukan ternyata game tersebut masih menggunakan opsi setting yang Medium.

Tidak pantas rasanya laptop gaming kelas sultan seperti Predator Helios 500 hanya memainkan game kelas AAA hanya pada setting Medium saja. Oleh karena itu, kami langsung mengubahnya ke resolusi 3840 x 2160 (4K) dan Graphics Quality di Ultra, posisi yang sepantasnya untuk laptop bergelar Gaming Beast.

Setelah setting berada di tempat yang semestinya, kami pun memainkan game First Person Shooter yang lingkungan permainannya dihiasi begitu banyak detail obyek 3D, seperti hutan dan vegetasi lainnya. Artinya, game ini cukup berat dimainkan di laptop gaming kelas menengah, tetapi tidak untuk kelas Predator Helios 500.

Ternyata, kami menemukan gamenya berjalan agak kurang seperti apa yang kami harapkan. Kami masih merasakan frame rate yang dihasilkan ketika bermain berada kurang dari 60 fps. Padahal, seharusnya Predator Helios 500 bisa menjalankan Far Cry 5 dengan setting tertinggi dan berjalan dengan mulus. Pertama, karena spesifikasi recommended game ini sudah terlampaui jauh oleh komponen CPU dan GPU laptop gaming ini. Kedua, karena adanya feature G-SYNC yang akan membuat visual game menjadi mulus tanpa adanya lag dan tearing.

Penasaran, kami pun mencari tahu lebih banyak lagi mengenai setting yang kami gunakan. Ternyata, untuk memainkan Far Cry 5 di setting Ultra dan 4K, bila kami mengharapkan mendapatkan 60 fps, maka spesifikasinya harus setidaknya sebagai berikut:

OS Windows 10 (64-bit version)
CPU Intel Core i7-6700K @ 4.0 GHz atau AMD Ryzen 7 1700X @ 3.4 GHz
GPU NVIDIA GeForce GTX 1080 SLI atau AMD RX Vega 56 CFX (8GB VRAM dengan Shader Model 5.0)
RAM 16GB

Jelas sudah bagian mana yang menjadi masalah; jangan pernah menyepelekan perbedaan antara NVIDIA GeForce GTX 1070 dengan GTX 1080! Namun setelah kami mengubah resolusinya menjadi 1920 x 1080, game ini langsung berjalan dengan super mulus di setting Ultra sekalipun.

Keyboardnya Enak Ditekan

Satu hal yang sangat berkesan bagi kami ketika memainkan game di Predator Helios 500 adalah keyboardnya. Pertama, laptop gaming ini menggunakan full keyboard, artinya dimensinya mirip dengan keyboard fisikal serta ada Numpad di sana. Berkat itu, kami langsung merasa pas menggunakannya.

Keyboard Predator Helios 500 dapat dua jempol dari kami.

Kedua, tombolnya enak ditekan, empuk, dan memiliki jarak aktivasi yang pas. Bahkan kami sempat mengira keyboard tersebut adalah mechanical. Sayangnya kami masih belum pasti apakah memang benar demikian karena tidak ada data yang menyinggung jenis keyboardnya di spesifikasi teknis.

Kesimpulan

Kami sangat menikmati waktu kebersamaan dengan Predator Helios 500. Walaupun hanya sebentar, laptop gaming tersebut sangat pas untuk memainkan game kelas AAA seperti Far Cry 5; selama kami tidak menggunakan resolusi 4K bersamaan dengan setting grafis Ultra. Untuk resolusi 1080p masih sangat aman. Kami juga sangat senang dengan keyboardnya yang empuk dan klop di tangan kami ketika bermain. Oh satu lagi, ketika bermain permukaan laptop tidak panas. Ternyata sistem pendingin yang dibanggakan oleh Acer pada Predator Helios 500 berhasil dengan sempurna.

Acer Predator Helios 500 akan dijual resmi di Indonesia dengna harga Rp59.999.000.

Komentar

Beri komentar

Close