Aksesoris KomputerKomputerNews

[Computex 2018] ASUS ROG Rapture GT-AX11000, Router 802.11ax Tri-Band Dengan Fokus Gaming

Perangkat wireless saat ini sudah menjalar di hampir semua pelosok rumah. Tidak hanya pada smartphone saja, bahkan perangkat audio, TV, tablet, laptop, console game, digital assistant, dan beragam perangkat dengan fungsi IoT meminta bagian di jalur wireless. Ketika kamu sedang serius bermain game, apalagi game yang membutuhkan koneksi Internet stabil seperti game online dan shooter, gangguan sekecil apapun di jaringan akan langsung terasa.

Meskipun router, bukan ROG namanya bila ROG Rapture AX11000 tidak memiliki desain yang gaming banget.

ASUS pada Computex 2018 memperkenalkan router terbarunya yang menggunakan Wi-Fi generasi terbaru 802.11ax, yang diciptakan khusus untuk mengatasi jaringan yang sibuk. Diperkenalkan dengan nama ROG Rapture GT-AX11000, router tersebut dijanjikan ASUS mampu memberikan kecepatan tinggi dan mengatasi kebutuhan jaringan gaming yang semakin berat.

Menggunakan Tri-band 802.11ax Wi-Fi

Kelebihan utama dari ROG Rapture GT-AX11000 adalah digunakannya tiga band pada jaringan Wi-Fi 802.11ax yang secara teorinya luar biasa cepat. Saking cepatnya, jaringan tersebut mampu menghasilkan hampir 11.000 Mbps pada saat kecepatan puncak agregatnya. Tiga band yang bisa digunakan pada router ini beserta kecepatannya adalah hingga 1148Mbps pada 2.4GHz band, dan hingga 4804Mbps pada setiap 5GHz band sisanya.

Tersedianya dua band pada 5GHz sengaja diatur oleh ROG Rapture GT-AX11000 untuk keperluan jaringan yang berat. Satu band untuk keperluan jaringan perangkat, sedangkan satu band lagi dikhususkan untuk bermain game. Dengan demikian, kegiatan gamingmu tidak akan terganggu oleh kebutuhan wireless perangkat lain.

ROG Rapture GT-AX11000 juga memiliki WiFi Radar, yang mampu menganalisa jaringan yang terhubung dengannya. Kemudian, router tersebut akan memindahkan band pada Distributed File System (DFS) untuk lompat ke band yang didedikasikan untuk gaming supaya bisa mendapatkan performa maksimum.

Lebih Cepat Dengan 2.5Gbps Ethernet

Tidak seperti kebanyakan wireless router yang menggunaan Gigabit Ethernet untuk jaringan nirkabelnya, ROG Rapture GT-AX11000 menggunakan 2.5Gbps Ethernet yang menawarkan kecepatan lebih tinggi. Bandwidth lebih besar yang ditawarkannya membuat sistem bisa berkomunikasi dengan beberapa perangkat kelas gigabit pada kecepatan tertingginya, atau membuat perangkat NAS yang menggunakan beberapa port untuk memberikan output lebih tinggi.

Kelebihan lain dari 2.5Gbps Ethernet adalah adanya opsi untuk menggunaan mode WAN yang memiliki kecepatan Internet lebih tinggi. Hal ini bila dikombinasikan dengan dukungan AiMesh milik ASUS yang akan ditambahkan pada update firmware, membuat penggunanya bisa membentuk jaringan router yang terhubung dengan kabel untuk mendapatkan kecepatan 2.5Gbps, dan mengkombinasikan dua router untuk mencakup daerah lebih besar dengan banyak halangan fisik.

Tetap Lancar Main Sambil Download & Streaming

Berkat dukungan port 2.5Gbps yang terdapat pada ROG Rapture GT-AX11000, paket data yang melalui jaringan menjadi lebih mudah mendapatkan prioritas. Ditambah dengan adanya Game Boost yang mampu menganalisa aktivitas jaringan dan secara otomatis mengutamakan jalur bermain game, maka kegiatan di luar gaming yang menggunakan bandwidth besar, seperti download dan streaming, tidak akan menyebabkan lag ketika bermain game multiplayer dan game online. Ada pula dukungan jaringan privat WTFast Gamers yang menyediakan jalur paket data gaming yang dioptimalkan, untuk mempercepat akselerasi data dari LAN ke Internet.

Feature lainnya pada ROG Rapture GT-AX11000 adalah VPN Fusion, yang memberikan akses untuk klien terhubung ke salah satu dari jaringan virtual privat tanpa software tambahan. Berkat feature tersebut, penggunanya dapat menelusuri Internet dengan lebih aman, tanpa perlu khawatir paket datanya dideteksi oleh pihak ketiga yang ingin mendapatkan data pribadi.

ROG Rapture GT-AX11000 menurut rencana akan mulai dipasarkan pada kwartal ketiga 2018. Sedangkan untuk harganya, ASUS masih belum memberikan keterangan yang pasti.

Spesifikasi ROG Rapture GT-AX11000:

Band:
Tri-band

Wi-Fi:
2.4GHz: 1148MBps
5GHz: 4804MBps
5GHz: 4804MBps

Ethernet:
1 x 2.5G LAN/WAN
4 x 1G LAN

USB:
2 x USB 3.1 Gen 1

Memory:
256MB flash
1GB DDR3 RAM

Antena:
8 x external

Komentar

Beri komentar

Close