Xiaomi Mi 8 SE: Smartphone Pertama dengan Qualcomm Snapdragon 710

Selain Mi 8 dan Mi 8 Explorer Edition, Xiaomi memiliki satu varian lagi yang dibanderol jauh lebih terjangkau. Disebut Mi 8 SE (Special Edition), meski harganya lebih rendah spesifikasi yang ditanamkan tetap menggiurkan di kelasnya.

Pertama dengan Snapdragon 710

svg%3E

Yang paling menjadi sorotan, Xiaomi Mi 8 SE adalah smartphone pertama di dunia yang mengusung SoC terbaru Qualcomm, yakni Snapdragon 710. Bagi yang belum tahu, ini adalah SoC 10nm dengan Kryo 360 octa-core dan GPU Adreno 616.

Performnya sendiri diklaim 20 persen lebih tinggi dibanding Snapdragon 660, dengan efisiensi daya 40 persen lebih baik ketika sedang digunakan bermain games atau memutar video dengan resolusi 4K. Tak hanya itu, Snapdragon 710 juga diracik untuk mendukung kebutuhan AR dan AI.

SoC canggih yang banyak membawa berbagai fitur premium ini ditemani RAM berkapasitas 4 GB atau 6 GB. Untuk ruang penyimpanan data, sayangnya Xiaomi hanya menyediakan satu pilihan saja, yakni 64 GB, tanpa keberadaan slot microSD.

svg%3E

Layar poni dan kamera ganda

svg%3E

Sama seperti Mi 8, Mi 8 SE juga hadir dengan layar Super AMOLED dengan poni di bagian atasnya. Bedanya, ukurannya sedikit lebih kecil, yaitu 5,88 inci, dengan resolusi Full HD+ alias sama dengan saudaranya. Xiaomi Mi 8 SE tidak dibekali 3D Face Unlock. Untuk sistem keamanan, pengguna hanya disediakan sensor sidik jari yang terletak di bagian belakang ponsel.

Beralih ke sektor fotografi, smartphone ini hadir dengan kamera belakang ganda yang terdiri dari kamera utama 12 megapixel dan kamera kedua 5 megapixel untuk menganalisa kedalaman ruang. Didukung AI, nantinya kamera ini bisa menciptakan efek bokeh yang menawan. Untuk urusan selfie, Xiaomi menanamkan kamera 20 meagpixel di depan.

Smartphone dengan baterai 3120 mAh ini sudah mendukung Quick Charge 3.0. Rencananya, Xiaomi akan menjual Mi 8 SE dengan banderol mulai dari US$281 atau sekitar 3,9 juta rupiah. Sayangnya belum ada informasi kapan Mi 8 SE akan dilepas ke pasaran.

Verified by MonsterInsights