Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

[Hands-On] Advan i5C Duo: Harga Sejutaan, Punya Kamera Ganda dan Sensor Sidik Jari

Di tengah kepungan brand-brand internasional yang sedang perang harga di Indonesia, Advan tetap percaya diri produk-produk garapannya tetap memiliki peminatnnya tersendiri. Apalagi, beberapa produk yang mereka luncurkan harganya pun tak kalah kompetitif.

Contohnya adalah Advan i5C Duo, smartphone sejutaan yang memiliki beberapa fitur menarik, seperti kamera belakang ganda dan sensor sidik jari. Penasaran? Simak ulasan singkat kami:

Bodi ramping dan ringan

Advan i5C Duo 1

Secara desain, Advan i5C Duo tampil layaknya smartphone kebanyakan di level harga setara. Material utamanya masih plastik, dan belum mengusung layar 18:9. Di bagian depan, Anda akan menemukan layar 5 inci yang ditemani tiga tombol kapasitif tepat di bawahnya.

Bezel bagian atas dan bawahnya tergolong tebal. Tapi untuk bezel di kiri dan kanan, menurut kami masih bisa dibilang tipis. Hasilnya, Advan i5c Duo amat mudah digenggam dan dioperasikan dengan satu tangan. Bodinya pun tidak licin dan bobotnya ringan.

Advan i5C Duo 2

Beralih ke belakang, Anda akan menemukan konfigurasi kamera ganda yang posisinya disusun horizontal. Di bawahnya, ada sensor sidik jari untuk mendukung sistem keamanan. Perlu diketahui bahwa cover belakang i5C Duo bisa dibuka untuk mengakses slot Dual-SIM dan microSD.

Sedikit membahas layarnya, dengan panel IPS dan resolusi 720p, menurut kami layar Advan i5C Duo sudah mampu menampilkan konten dengan cukup baik. Tingkat kecerahannya memang standar, tapi masih memungkinkan untuk terlihat di bawah sinar matahari.

Sementara soal sensor sidik jarinya, menurut kami belum tergolong super cepat dan terkadang sedikit kurang responsif. Kami sempat menemui beberapa momen ketika jari yang terdaftar tidak bisa membuka kunci dan harus mengulang 2 kali.

Sekadar informasi, selain sensor sidik jari Advan juga membenamkan berbagai sistem keamanan lainnya seperti Anti Theft dan Super AppLock. Untuk Anti Theft, saat smartphone hilang, perangkat tersebut bisa langsung dapat dilacak keberadaannya.

Sementara Super AppLock akan melindungi smartphone dan mengetahui siapa yang berusaha masuk dan mengakses data Anda. Caranya, saat ada seseorang yang memaksa untuk mengakses smartphone Anda, i5C Duo secara otomatis akan memotret pelaku tanpa sepengetahuannya dengan kamera depan dan mengirimkannya ke email Anda. Ada 3 pilihan untuk membuka fitur AppLock ini, pertama dengan pattern, gesture atau PIN.

Spesifikasi lumayan di kelasnya

Advan i5C hadir dengan prosesor Quad Core, RAM 2GB, memori internal 16 GB, kartu SIM Nano dan baterai dengan daya 2.500 mAh. untuk sistem operasi, i5C Duo menjalankan IDOS 7.2 garapan mereka sendiri yang berbasis Android Nougat.

Kombinasi tersebut menurut kami masih lumayan di kelasnya. Secara performa, Advan i5C Duo pun cukup mampu memberikan kinerja yang mulus untuk mendukung pekerjaan-pekerjaan standar. Untuk gaming? Bisa asal bukan judul-judul kelas atas yang menuntut kinerja grafis tinggi.

Advan i5C Duo ANtutu

Beralih ke sektor fotografi, seperti disebutkan di atas smartphone ini dibekali kamera belakang ganda yang terdiri dari sensor 8 megapixel dan 0.3 megapixel, lengkap dengan dual flash light. Sementara kamera depannya hadir dengan resolusi 5 megapixel.

Advan i5C Duo 3

Kamera tersebut juga didukung sederetan fitur untuk pengambilan gambar yang lebih optimal, seperti Beauty, Face Cute yang menawarkan beragam opsi stiker lucu, Pro untuk pengaturan secara manual, timelapse hingga Night Mode.

Kesimpulan

Sebagai sebuah smartphone murah, Advan i5C Duo menurut kami masih termasuk produk yang menarik. Pasalnya, harganya hanya Rp1.250.000. Smartphone ini cocok untuk Anda yang punya budget terbatas tapi ingin memiliki perangkat dengan kamera ganda dan sensor sidik jari.

Back to top button