Berminat dengan Asus ZenFone Max Pro M1? Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Asus sudah secara resmi meluncurkan smartphone andalannya di kelas harga 2 jutaan rupiah, yakni ZenFone Max Pro M1. Kehadiran produk ini terbilang fenomenal karena menjadi smartphone dengan Snapdragon 636 termurah yang ada di Indonesia sekarang.

Dalam artikel review sebelumnya, kami membuat kesimpulan bahwa ZenFone Max Pro M1 adalah smartphone yang amat menarik di kelasnya dan layak jadi pilihan utama. Namun jika Anda masih bimbang, berikut kami sajikan rangkuman kelebihan dan kekurangan dari smartphone ini:

Yang Canggih:

1. Layar lebar dalam desain yang cukup ramping

svg%3E

ZenFone Max Pro M1 memiliki layar FullView IPS 6 inci 18:9 dengan resolusi Full HD+ (2160 x 1080 pixel). Kombinasi ukuran besar dan resolusi yang tajam membuat layar ZenFone Max Pro sedap dipandang. Tingkat kecerahannya pun cukup baik di kelasnya, dan reproduksi warnanya juga bagus khas panel IPS.

Meski ukurannya besar, Asus mampu menanamkan layar tersebut dalam bodi yang cukup ramping. Kurang lebih, setara smartphone 5,5 inci dan masih cukup nyaman untuk dioperasikan dengan satu tangan.

2. Snapdragon 636 bikin gaming lebih mantap

Inilah yang menjadi keunggulan utama dari ZenFone Max Pro M1. Snapdragon 636 adalah SoC dengan performa sekitar dua kali lipat lebih kencang dari Snapdragon 625. Hasilnya, kinerja smartphone ini menjadi super mulus dan enak untuk digunakan bermain game.

svg%3E

Terbukti, saat kami mencoba memainkan Mobile Legends di pengaturan medium, frame rate terjaga dengan baik tanpa lag yang mengganggu. Game lain yang kami mainkan, PUBG Mobile, juga berjalan lancar di pengaturan medium. Asyiknya lagi, ZenFone Max Pro tidak menghasilkan panas berlebihan selama bermain game.

3. Daya tahan baterai memuaskan

Seri ZenFone Max identik dengan baterai besar. Begitu pula dengan ZenFone Max Pro M1. Asus membenamkan baterai berkapasitas 5000 mAh! Snapdragon 636 yang kencang dan hemat daya ditambah baterai 5000 mAh, hasilnya adalah Anda bisa main game lebih lama.

 

Untuk pemakaian sehari-hari dengan gaya normal, ZenFone Max Pro bisa menyala sampai 2 hari. Hasil pengujian menggunakan aplikasi PCMark juga amat memuaskan, mencapai lebih dari 15 jam.

svg%3E

4. Mengadopsi Android murni

Salah satu hal yang mengejutkan dari ZenFone Max Pro M1 adalah keputusan Asus untuk mengadopsi Android 8.1 Oreo murni. Ya, murni, tanpa ZenUI. Nilai plusnya, dengan Android murni performa ZenFone Max Pro terasa ringan dan amat mulus. Transisi antar halaman dan perpindahan dari satu aplikasi ke aplikasi lain sama sekali tidak ada gangguan.

5. Kamera cukup baik di kondisi cahaya memadai

ZenFone Max Pro M1 menawarkan dua opsi kamera belakang ganda (tergantung varian), yakni 13 MP + 5 MP atau 16 MP + 5 MP. Kamera ini dibekali beberapa fitur pendukung, seperti Depth Effect untuk menciptakan efek bokeh, mode HDR, Sports, Flowers, dan pastinya beautify. Bahkan, kamera depannya pun ada Depth Effect sehingga bisa digunakan menciptakan foto selfie bokeh.

ASUS Zenfone Max Pro M1

IMG_20180425_133940

Hasil jepretannya terbilang di atas rata-rata di kelasnya. Di kondisi cahaya yang memadai, hasilnya tajam dan reproduksi warnanya natural. Depth Effect-nya pun dapat membuat efek bokeh yang cukup rapi.

6. Harga menggiurkan!

Dengan semua penawaran menarik tersebut, Asus ternyata membanderol ZenFone Max Pro M1 dengan harga yang menggiurkan, yakni mulai dari Rp2.299.000!

Yang Kurang:

1. Bodi bagian belakang agak licin

Dibalik desainnya yang terlihat premium, bagian belakang dari smartphone ini terasa agak licin sehingga berpotensi lepas dari genggaman. Solusi mudahnya? Pasang soft case yang sudah termasuk dalam paket penjualan.

2. Waktu charging baterai lama

Dengan baterai 5000 mAh, sayangnya Asus tidak menambahkan fitur fast charging yang memadai. Hasilnya, dari kondisi di bawah 10 persen, ZenFone Max Pro M1 butuh waktu nyaris 3 jam untuk membuat baterainya penuh hingga 100 persen.

3. Ada fitur khas ZenUI yang hilang

Keputusan menggunakan Android murni membuat ZenFone Max Pro M1 kehilangan beberapa fitur khas ZenUI. Bahkan untuk Anda yang gemar selfie, smartphone ini tidak memiliki Selfie Master.

Cocok untuk siapa?

svg%3E

Nah, setelah membaca beberapa kelebihan dan kekurangan ZenFone Max Pro M1 di atas, kami harap kami bisa membantu Anda untuk segera memutuskan untuk meminang smartphone ini, atau justru sebaliknya.

Menurut kami, ZenFone Max Pro M1 cocok untuk Anda generasi muda yang gemar bermain game mobile dan suka menikmati konten-konten digital di smartphone, tapi malas membawa power bank selama bepergian.