ASUS ROG Swift PG27UQ, Monitor Gaming Premium 4K 144Hz Dengan HDR & G-SYNC

Bagi gamer, nama ASUS Republic of Gamers (ROG) merupakan brand perangkat gaming premium alias kelas atas. Bukan hanya graphics card premium saja yang menjadi andalannya, monitor premium dari ROG juga sangat populer di kalangan gamer veteran. Untuk menambah kekuatan jajaran monitor premiumnya, ROG mengumumkan hadirnya ROG Swift PG27UQ, monitor gaming dengan kualitas visual yang luar biasa tinggi.

svg%3E
ASUS kembali hadirkan monitor gaming premium dengan ROG Swift PG27UQ.

Monitor 4K UHD Dengan 144Hz

Monitor yang ditargetkan khusus untuk gamer serius ini dilengkapi dengan feature visual yang sangat tinggi. Satu yang paling menonjol adalah ROG Swift PG27UQ memiliki resolusi 4K UHD (3840 x 2160) dengan refresh rate 144Hz. ROG mencap monitor gaming ini sebagai yang pertama di dunia dengan kombinasi kekuatan tersebut. Ditambah dengan response time 4ms, penggunanya akan menemukan visual yang sangat tinggi detailnya, gambar super tajam, transisi gambar yang sangat halus, dan teks yang mudah dibaca.

Kualitas Warnanya Dijamin Teknologi HDR

ROG Swift PG27UQ menggunakan teknologi HDR untuk menjamin pencahayaan yang dihasilkannya mendekati cahaya alami yang biasa ditangkap mata. Selain itu, monitor ini juga menyediakan jangkauan warna yang lebih luas bila dibandingkan dengan monitor biasa. Terutama pada elemen hitam dan putihnya, penggunanya dapat menemukan kontras warna yang begitu mudah dibedakan.

svg%3E
Proyeksi logo tidak hanya di meja, tetapi merambat ke dinding.

Menariknya, ROG Swift PG27UQ menurut pengakuan Asus adalah monitor gaming pertama dengan sertifikasi DisplayHDR 1000. Sertifikasi tersebut merupakan open standar industri layar untuk kualitas HDR. Cakupannya meliputi cahaya, color gamut, bit depth, dan rise time yang bukan hanya menargetkan monitor gaming, tetapi juga monitor untuk profesional, entusias, dan content creator.

Layar IPS yang dimiliki ROG Swift PG27UQ menggunakan teknologi quantum-dot, sehingga menghasilkan gambar dengan warna akurat, dan mendukung standar color gamut perfilman DCI-P3 . Standar DCI-P3 memiliki jangkauan warna yang lebih luas dibandingkan sRGB, sehingga menghasilkan reproduksi warna yang lebih realistik.

ROG Swift PG27UQ juga didukung oleh NVIDIA G-SYNC. Hasilnya, penggunanya akan menemukan pengalaman bermain game yang sangat mulus, menghilangkan tearing pada layar, dan menimimalkan tampilan patah-patah dan lag. Dengan demikian, penggunanya bisa menikmati game berkecepatan tinggi, seperti shooter, olahraga, balapan dan game action lain dengan sangat nyaman, bahkan pada setting grafik tertinggi sekalipun!

svg%3E
svg%3E
Monitor ini bisa diubah orientasinya sesuka hati.

ASUS Aura Sync Mempercantik Monitor

Bukan ASUS ROG namanya bila produknya tidak memiliki keindahan ala gamer. Begitu pula pada ROG Swift PG27UQ , dengan digunakannya desain khas monitor premium ROG di sana. Monitor ini juga memberikan pernik pencahayaan khas ROG, yaitu dengan memproyeksikan logo cahaya ke bagian bawah monitor (pada permukaan meja). Sebagai tambahan baru, proyeksi cahayanya juga akan terpampang di dinding tepat di atas monitor.

Menariknya, berkat digunakannya ASUS Aura Sync, pengguna monitor ini bisa dengan mudah mengkoordinasikan pencahayaan yang muncul di monitor dengan perangkat ASUS ROG lain. Selain itu, penggunanya juga dengan mudah bisa mengubah logo cahaya yang diproyeksikan. Sehingga kali ini penggunanya bisa dengan bangga menunjukkan logo clan atau guild di dalam gamenya kepada gamer di sekitarnya.

Feature menarik lain yang ada di dalam monitor ini adalah adanya pengaturan overlay yang akan mengubah tampilan di layar. Pada ROG Swift PG27UQ, penggunanya bisa dengan mudah mengubah bentuk crosshair yang digunakan untuk membidik di dalam game dengan bentuk yang disukai. Selain itu tersedia pula overlay untuk timer, penghitung fps (frame per second), dan menggabungkan dua layar menjadi satu.

svg%3E
Kamu dapat mengubah tampilan crosshair dengan feature overlay.

Sedangkan untuk port yang ada di ROG Swift PG27UQ, pengguna bisa menemukan koleksi yang cukup lengkap. Tidak hanya port HDMI (v2.0), monitor ini juga dilengkapi dengan dua buah port USB 3.0 yang bisa digunakan untuk dihubungkan pada mouse, keyboard, atau untuk mengisi daya smartphone. Ada pula DisplayPort 1.4 dan jack untuk headphone. Semuanya tersusun dengan apik di bagian bawah monitor.

Harga & Ketersediaan

ASUS ROG Swift PG27UQ akan mulai dijual pada Juni 2018 nanti. Sedangkan untuk harganya, monitor gaming premium ini dibandrol dengan harga yang cukup tinggi, yaitu $2000 atau sekitar 28 jutaan. Bila kamu ingin merasakan pengalaman bermain game di monitor premium 4K dengan 144Hz dan warna unggulan, ada baiknya kamu menunda membeli motor dan gunakan uangnya untuk membeli monitor ini.