Inilah Deretan Fitur Baru yang Bisa Anda Temukan di Android P

Google belum lama ini sudah merilis beta tester dari sistem operasi terbarunya, Android P. Meski belum bisa dipastikan apa nama resmi dari OS tersebut nantinya, setidaknya berbagai fitur anyar yang tersedia sudah terlihat.

Nah, bagi Anda yang penasaran dengan Android P, yuk, langsung saja simak deretan fitur dan perubahan yang ditawarkannya di bawah ini:

1. Tampilan dan rasa baru

svg%3E

Dikutip dari Gizmodo, di Android P, Google mengubah penampilan OS-nya dengan lebih mengedepankan garis-garis yang minimalis, icon-icon yang berbentuk bulat, serta dock baru di bawah layar yang membuat semuanya lebih terorganisir dan lebih mudah digunakan.

Element dari UI seperti notifikasi dan panel quick setting juga mengalami perubahan. Salah satunya adalah desain daftar icon baru yang dibuat vertikal pada menu Setting, serta pengaturan volume (ringtone dan media) yang kini posisinya juga vertikal.

2. Tombol Home All-in-one

Android P akan mengganti tombol Home dan Recent Apps virtual dengan satu tombol saja yang memuat semua fungsi tersebut. Nantinya, tombol Home akan memiliki fungsi seperti swipe gesture untuk menampilkan semua aplikasi yang sedang berjalan.

3. Dashboard

Google berusaha untuk melindungi penggunanya agar tidak terlalu banyak menghabiskan waktu dengan smartphone. Melalui sebuah fitur bernama Dashboard, Android P menyajikan daftar aplikasi yang sudah digunakan selama seharian.

Masing-masing aplikasi akan menampilkan durasi berapa lama waktu yang telah dihabiskan pengguna untuk mengakses aplikasi tersebut. Google berharap informasi itu dapat membatasi pengguna agar tidak terlalu lama menatap smartphone. Bahkan, Dashboard juga menampilkan jumlah berapa kali pengguna sudah membuka kunci smartphone mereka dalam satu hari.

4. Slices

Slices memungkinkan pengguna melihat informasi yang disajikan aplikasi lain secara real-time, langsung dari aplikasi yang sedang mereka buka saat itu. Artinya, pengguna bisa lebih mudah melakukan multitasking tanpa harus bolak-balik membuka aplikasi lalu berpindah layar ke aplikasi lainnya.

5. Zoom-in teks

Android P memiliki fitur baru yaitu kemampuan untuk melakukan zoom-in pada teks. Ya, kurang lebih mirip dengan fitur serupa pada iOS.

svg%3E

6. Adaptive Battery dan Adaptive Brightness

Dua fitur anyar lainnya dari Android P adalah Adaptive Battery dan Adaptive Brightness. Sesuai namanya, yang pertama memungkinkan baterai smartphone beradaptasi sesuai kebutuhan. Hasilnya, Android P akan menentukan aplikasi mana dan kapan aplikasi tersebut membutuhkan kinerja dari CPU. Sementara Adaptive Brightness memungkinkan Android P mempelajari tingkat kecerahan yang bisa digunakan di kondisi cahaya tertentu.

7. Dukungan poni (notch)

svg%3E

Tren layar berponi (notch) membuat Google menyisipkan fitur ini di Android P. Notch yang dimaksud di sini adalah notch buatan. Ketika diaktifkan, Android P akan memotong sebagian layar agar terlihat seperti memiliki poni di atasnya. Cocok untuk pengguna yang belum memiliki smartphone dengan notch.

8. Dukungan Multi-Camera

Kamera ganda baik di belakang maupun di depan sudah banyak tersedia di berbagai smartphone masa kini. Android P nantinya akan menghadirkan dukungan khusus untuk sektor tersebut. Dengan API Multi-Camera, efek bokeh akan jauh lebih baik.

Selain itu, Android P juga dibekali berbagai peningkatan lainnya di sektor fotografi. Contohnya adalah kemampuan untuk mempercepat waktu yang dibutuhkan untuk mengambil foto, termasuk dukungan untuk kamera USB/UVC eksternal.

9. Shush dan Wind Down

Ini adalah fitur yang kurang lebih masih satu tema dengan Dashboard. Shush akan aktif ketika pengguna meletakkan smartphone di bidang datar dengan posisi layar menghadap ke bawah. Setelah aktif, semua suara dari notifikasi tidak akan terdengar dan mode getar pun tidak aktif. Kurang lebih mirip dengan mengaktifkan mode Do Not Disturb.

svg%3E

Selain Shush, ada pula mode baru yang disebut Wind Down. Ini adalah mode yang membuat tampilan layar dari berwarna menjadi hitam-putih. Menurut Google, Wind Down dapat membuat pengguna lebih mudah tertidur.

10. Navigasi indoor

Lewat Android P, perangkat Android mendapatkan dukungan untuk IEEE 802.11mc Wi-Fi protocol. Protocl nirkabel ini mengaktifkan GPS-tracking untuk indoor alias di dalam ruangan. Artinya, ketika sedang di dalam ruangan, misalnya Mall, pengguna tetap memiliki alat navigasi untuk mengetahui kemana mereka berjalan.

Itulah beberapa fitur dan perubahan menarik baru yang bisa ditemukan di Android P. Sayangnya, untuk bisa menikmati OS anyar tersebut, Anda para pengguna Android masih harus bersabar setidaknya selama beberapa bulan ke depan. Pantau terus Yangcanggih.com jika tidak ingin ketinggalan informasi terkait Android P!