Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Oppo F7: Smartphone Terbaik Oppo di Indonesia untuk Saat Ini

Smartphone Pertama di Indonesia dengan Sony IMX576 dan Helio P60

Performa kencang, kamera superior
Cek Harga

Oppo kembali menggebrak pasar Indonesia dengan meluncurkan smartphone terbarunya, F7, dengan banderol yang terbilang kompetitif, yakni mulai dari Rp4.199.000. Debut smartphone ini di Indonesia terbilang spesial karena bertepatan dengan ulang tahun ke-5 Oppo Indonesia.

Kehadiran F7 membuat Oppo semakin yakin untuk memantapkan posisinya sebagai Selfie Expert and Leader. Sesungguhnya apa saja fitur keren yang membuat Oppo begitu percaya diri F7 bakal disambut antusias oleh masyarakat Indonesia? Simak ulasan lengkapnya:

Desain tampak lebih mewah
Dibanding pendahulunya, Oppo F7 menawarkan perubahan desain yang lumayan signifikan. Dilihat dari berbagai sisi, Anda akan dengan mudah membedakan smartphone ini dengan F5. Sebuah nilai plus yang dapat memberikan sensasi baru bagi pengguna yang ingin beralih dari F5 ke F7.

Perbedaan paling kentara jelas terlihat di bagian depan. Oppo mengusung desain layar berponi (aspect ratio 19:9) yang belakangan menjadi populer dan diprediksi akan terus menjadi tren di 2018. Tampilan depannya bersih, tanpa tombol apapun. Bezelnya juga tipis sehingga membuat rasio screen-to-body mencapai 88 persen.


Bagian belakangnya pun tampak sederhana. Oppo tidak menaruh ornamen-ornamen tidak penting yang terkadang justru membuat desain terlihat berlebihan. Pada bagian belakang, Anda hanya akan menemukan kamera, sensor sidik jari, dan tentunya logo Oppo.

Baik bagian belakang maupun bagian depan dari Oppo F7 dilindungi oleh Gorilla Glass 5. Bukan cuma memberikan rasa lebih aman dari goresan, kehadiran material kaca mampu menambah nilai estetika desain menjadi lebih premium. Tapi konsekuensinya, kaca ini menjadi magnet sidik jari yang membuat F7 gampang kotor. Solusinya? Mudah. Pakai casing bening!

Secara keseluruhan, Oppo F7 adalah smartphone yang memiliki desain menawan. Ada tiga varian warna yang tersedia untuk pasar Indonesia, yaitu Solar Red, Moonlight Silver, dan Diamond Black. Masing-masing warna mampu memberikan nuansa yang berbeda.

Solar Red misalnya yang memiliki gradasi warna lebih mendalam dibanding versi merah F5. Sementara Moonlight Silver mengandalkan tekstur bergaris yang hanya akan muncul dari sudut pandang tertentu. Terakhir, Diamond Black, hadir dengan pola potongan berlian pada bagian belakangnya yang akan muncul dari sudut tertentu.

Layar Super Full Screen yang memuaskan

Oppo F7 mengusung layar Super Full Screen IPS 6,23 inci dengan resolusi Full HD+ dan aspect ration 19:9. Layar ini tidak hanya tajam, tetapi saturasi warna dan tingkat kecerahannya merupakan salah satu yang paling memanjakan mata di kelasnya.

Dari segi pengoperasian, walaupun layarnya besar, menurut saya orang dewasa tak akan mengalami masalah untuk menggenggam Oppo F7 dengan satu tangan. Keuntungan yang didapat karena bodinya yang ramping, kurang lebih setara dengan smartphone berlayar 5,5 inci. Materialnya memang belum metal, tapi tidak terlalu mengurangi kesan mewahnya. Yang paling penting, bodinya tidak licin dan nyaman ketika bersentuhan dengan tangan.

Untuk mendukung berbagai kebutuhan mulai dari browsing, menonton video, hingga bermain game, layar Oppo F7 sudah cukup memuaskan. Semua konten yang ditampilkan akan terlihat menawan, dan sudut pandang layarnya pun luas.

Jika Anda merasa temperature warnanya kurang sesuai dengan selera, Anda juga bisa mengaturnya sendiri sesuai keinginan. Ukuran font atau hurufnya pun bisa disesuaikan agar lebih nyaman dilihat.

Bagian layar di kiri dan kanan poninya cukup lebar untuk menampilkan informasi seperti indikator baterai, jam, jaringan, dan sebagainya. Yang lebih menarik, saat membuka aplikasi seperti YouTube, area layar sisa ini bisa disetel menampilkan notifikasi dari SMS atau telepon atau pesan Whatsapp.

Tak hanya itu, jika saat menikmati konten ada bagian yang tertutup oleh notch atau poni tersebut, Anda memiliki opsi untuk menonaktifkannya.

Sedikit membahas sektor audio, tidak ada fitur khusus yang dibenamkan oleh Oppo untuk mendongkrak performanya. Yang pasti, kualitas yang suara dari speaker cukup jernih dan lantang.

ColorOS 5.0, versi terbaru

Salah satu nilai jual yang dikedepankan Oppo di F7 adalah soal sistem operasi. OPPO telah membenamkan F7 dengan ColorOS 5.0 berbasis Android 8.1 Oreo, versi Android terbaru saat ulasan ini ditulis.

Dari segi antarmuka, ColorOS 5.0 tampil sederhana dan praktis dengan icon-icon warna-warni. Tidak ada app-drawer. Semua aplikasi bisa Anda akses langsung dengan menggeser layar ke kanan. Ketika Anda geser ke kiri, Anda akan menemukan halaman penuh widget yang merupakan shortcut ke berbagai fungsi.

ColorOS 5.0 memiliki banyak fitur menarik. Oppo menanamkan dukungan AI pada berbagai fungsi, misalnya untuk manajemen sistem yang lebih baik, sehingga kinerja terasa lebih mulus, serta AI Board untuk menempatkan shortcut dari aplikasi favorit, menyusun jadwal penting, jadwal perjalanan, tiket yang sudah dipesan, dan sebagainya.

Ada pula A.I. Recognition yang akan membantu Anda mengelompokan foto-foto di Gallery berdasarkan wajah (orang dalam foto), lokasi pemotretan, dan sebagainya. Selain itu, A.I. Recognition juga mampu mengidentifikasi 128 titik pada wajah untuk mendukung fitur Face Unlock agar lebih cepat, akurat, dan aman.

Fitur-fitur bawaan khas Oppo tak lupa disediakan. Misalnya Full Screen Multitasking untuk memudahkan Anda membuka dua aplikasi sekaligus pada layar yang bisa langsung Anda aktifkan dengan swipe ke atas menggunakan tiga jari, Screen Recording untuk merekam aktivitas yang terjadi di layar, serta Game Acceleration untuk mendukung gaming yang lebih lancar minim gangguan.

Kamera meningkat, kini didukung A.I. Beauty 2.0

Bukan Oppo namanya jika tidak menjadikan sektor kamera sebagai fokus utama dari pengembangan smartphone-nya. Tak tanggung-tanggung, Oppo F7 menjadi smartphone pertama yang dibekali kamera depan dengan sensor Sony IMX576 25 megapixel.

Kamera selfie dengan aperture f/2.0 ini didukung banyak fitur keren. Salah satunya adalah HDR di sensor (hardware) yang diklaim memiliki dynamic range lebih baik dibandingkan HDR versi software. Selain itu ada fitur Depth Effect (bokeh) dan A.I. Beauty 2.0 yang bertujuan untuk menghasilkan foto portrait lebih baik.

Semua fitur dan teknologi baru ini terbukti mampu membantu kamera depan OPPO F7 menghasilkan foto selfie yang amat baik. Fitur Depth Effect cukup efektif jika jarak subyek ke latar cukup jauh atau latar belakang subyek tidak terlalu ramai.

IMG20180417024002

IMG20180417174543

A.I Beauty 2.0 mampu mendeteksi 296 titik wajah (meningkat 20 persen dibanding generasi sebelumnya). Bahkan, A.I. Beauty 2.0 dapat mengenali subjek dan memperhalus wajah secara terpisah, baik itu pria maupun wanita, dalam sebuah group selfie. Wajah akan tampak lebih cerah dan halus dengan fitur A.I. Beauty 2.0. Walaupun terlihat agak alami, efek penghalusan wajahnya kadang terlihat terlalu agresif pada kondisi cahaya tertentu.

Satu fitur baru lagi yang belum ada di F5, tersedia AR Sticker yang dapat bekerja di kamera depan dan belakang. Walaupun saat ini masih terbatas, kumpulan stiker lain akan dapat diunduh melalui update dari OPPO di masa mendatang.

IMG20180417150415

Untuk kamera belakangnya, Oppo membenamkan sensor 16 megapixel dengan lensa f/1.8 dan LED flash. Meski tidak dual-camera, kamera belakang F7 tetap dibekali efek bokeh (mengandalkan algoritme software). Hasil fotonya termasuk salah satu yang terbaik di kelas harganya, setelah kami coba di berbagai kondisi cahaya. Pengendalian noise juga cukup netral, tidak terlalu agresif sehingga detail tetap terjaga saat memotret di malam hari atau cahaya redup.

Saat kondisi cahaya ideal, hasil fotonya memuaskan. Selain tajam, reproduksi warna terlihat matang tapi tidak berlebihan. Respons kamera saat dioperasikan juga gegas, dengan kinerja fokus yang baik dan cepat.

Fitur baru lain yang ditemukan di OPPO F7 adalah Super Vivid Mode. Dengan mengaktifkan mode ini, hasil foto akan memiliki warna lebih matang dengan saturasi tinggi. Walaupun tidak selalu cocok untuk semua suasana, Anda bisa mengaktifkannya untuk beberapa kondisi seperti memotret orang atau pemandangan saat cuaca mendung agar warna terlihat lebih matang.

OPPO F7
OPPO F7
OPPO F7

Untuk kamera belakang, OPPO F7 juga memberikan fitur kecerdasan buatan dalam bentuk A.I. Scene Recognition. Jadi OPPO F7 akan dapat mengenali kondisi dan subyek pemotretan. Jadi misalnya Anda sedang memotret makanan, OPPO F7 akan mengeluarkan indikator Food dan mengoptimalkan pengaturan yang

Singkatnya, OPPO F7 merupakan ponsel OPPO dengan kamera depan dan belakang terbaik di Indonesia untuk saat ini.

Untuk ulasan kamera OPPO F7 yang lebih lengkap, Anda bisa membacanya di tautan berikut.

Koleksi hasil foto OPPO F7 tanpa penyuntingan yang lebih lengkap bisa diakses di album Flickr resmi YANGCANGGIH.COM)

Performa oke di kelasnya

Selain menjadi smartphone pertama yang mengusung sensor Sony IMX576, Oppo F7 juga merupakan yang pertama mengadopsi SoC terbaru garapan MediaTek, yakni Helio P60. Dibanding pendahulunya, SoC dengan CPU octa-core yang terdiri dari 4-core Cortex-A73 2 GHz dan 4-core Cortex-A53 2 GHz ini juga jauh lebih kencang.

Disandingkan dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB (ada pula varian 6 GB / 128 GB), Oppo F7 mampu menyajikan performa hingga 80 persen lebih baik dibanding F5. Ini membuat F7 tidak hanya cocok untuk mendukung kebutuhan sehari-hari, untuk bermain game pun lebih menyenangkan.

Kami sempat mencoba judul-judul populer seperti Arena of Valor, Mobile Legends, Tekken Mobile, dan PUBG Mobile. Hasilnya, semua game bisa ditangani dengan baik tanpa ada kendala lag berarti selama permainan.

Untuk lebih menggambarkan seperti apa performa dari Oppo F7, simak beberapa hasil pengujian menggunakan aplikasi benchmark di bawah ini:

Jika dibandingkan dengan OPPO F5, performa OPPO F7 terasa jauh lebih cepat. Perbedaan performa ini cukup terasa saat memainkan berbagai game populer tersebut di atas.

Untuk kelengkapan slot, OPPO F7 memiliki dua slot SIM-card dan satu slot terdedikasi khusus untuk microSD (bukan hybrid). Ini penting bagi pengguna yang memiliki dua nomor dan selalu menyimpan banyak file di smartphone.

Manajemen baterai amat baik

Oppo F7 didukung baterai 3400 mAh yang di atas kertas termasuk standar untuk penawaran smartphone masa kini. Meski bukan yang terbesar di kelasnya, terbukti baterai ini mampu membuat F7 menyala seharian penuh untuk pemakaian normal.

Yang menarik, kemampuan AI kembali akan Anda temukan di sini. Melalui fitur bernama A.I. Battery Management, F7 bisa menyesuaikan daya pemrosesan sesuai dengan kebutuhan, sehingga konsumsi daya lebih efisien.

Sayangnya Oppo belum membenamkan fitur VOOC flash charging pada F7. Tentunya akan lebih menarik jika baterai 3400 mAh ini dapat diisi dengan cepat. Untungnya, charger bawaannya memiliki output 5V/2A. Berikut kami sajikan pula hasil pengujian baterai menggunakan aplikasi PCMark:

Kesimpulan

Saya masih ingat kesimpulan yang saya utarakan pada review Oppo F5 beberapa waktu yang lalu. Oppo semakin jago meracik smartphone kelas menengah yang harganya kompetitif dengan hardware dan fitur pendukung yang mumpuni di kelasnya. Untuk F7 ini, kesimpulan saya masih sama!

Di tingkat harganya, bisa dibilang Oppo F7 adalah salah satu opsi paling menarik yang bisa Anda beli saat ini. Dijual dengan harga resmi Rp4.199.000, banderol Oppo F7 memang mirip seperti F5 saat pertama kali muncul. Walaupun masih mementingkan fitur kamera depan untuk selfie, OPPO F7 juga unggul dari sisi performa, desain, kualitas layar, serta kelengkapan fitur canggih yang berguna.

Bahkan OPPO F7 128GB yang dijual seharga Rp5.499.000 merupakan smartphone Android dengan RAM 6GB dan memori internal 128GB paling terjangkau saat ini di Indonesia.

Jadi bagi Anda yang mencari smartphone dengan desain kekinian yang mewah, serta ditunjang performa dan kualitas kamera yang baik, OPPO F7 merupakan pilihan yang layak dipertimbangkan di kelas harganya.

Yang Canggih:

  • Desain elegan dengan warna casing yang menarik
  • Layar tajam dan nyaman dipandang
  • Bodi tetap ramping meski layarnya besar
  • Notch atau poni bisa disembunyikan
  • Hasil kamera selfie amat baik
  • Hasil foto dari kamera belakang amat baik di hampir segala kondisi
  • Performa mantap dengan chipset baru
  • Baterai lumayan tahan
  • Triple slot (2 SIM + memory card)
  • Harga menarik, terutama versi 128GB

Yang Kurang:

  • Bodi bagian belakang sangat mudah kotor oleh sidik jari
  • Belum ada fitur VOOC
  • Pengaturan setting kamera relatif terlalu sederhana
  • Pilihan AR Sticker terbatas
  • Efek A.I Beauty kadang berlebihan
  • Efek HDR kadang membuat hasil foto terlalu terang
Spesifikasi Oppo F7
Layar 6,23 inci 19:9 1080 x 2280 pixel
SoC MediaTek Helio P60 octa-core
RAM 4 GB / 6 GB
Memori internal 64 GB / 128 GB
Kamera belakang 16 megapixel f/1.8
Kamera selfie Sony IMX576 25 megapixel f/2.0 dengan A.I. Selfie 2.0
Sistem operasi ColorOS 5.0 (Android 8.1 Oreo)
Baterai 3400 mAh
Fitur Sensor sidik jari, Face Unlock
Dimensi 156 x 75.3 x 7.8 mm (berat 158 gram)
Review Oppo F7
Ponsel OPPO terbaik yang resmi di Indonesia
Di level harganya, Oppo F7 adalah salah satu opsi paling menarik karena memiliki desain, kamera, dan performa yang apik
Performa kencang, kamera superior
Cek Harga

Komentar

Beri komentar

Close