Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Kamera OPPO F7 : Fitur Lebih Lengkap dan Lebih Canggih Dibandingkan OPPO F5

Selain A.I. yang Disempurnakan, Kualitas Foto juga Meningkat

Sensor baru, hasil foto lebih baik
Cek Harga

Meneruskan tradisi ponsel dengan kamera selfie superior, OPPO memperkenalkan F7 untuk menggantikan F5. Walaupun hanya beda satu generasi, ternyata ada beberapa perubahan penting yang ditanamkan OPPO ke dalam F7.

Selain desainnya yang mengadopsi notch atau poni pada layar dengan aspect ratio 19:9 yang baru, spesifikasi kamera juga berubah.

Kamera depan 25 megapixel dengan sensor baru

Untuk kamera depan F7, OPPO menggunakan lensa dengan diafragma atau aperture f/2.0. Lensa ini dipadukan dengan sensor Sony IMX576 25 megapixel yang hanya ada di OPPO F7 untuk saat ini.

Fitur penting lainnya adalah HDR di sensor (hardware) yang diklaim memiliki dynamic range lebih baik dibandingkan HDR versi software. Selain itu ada fitur Depth Effect (bokeh) dan A.I. Beauty 2.0 yang bertujuan untuk menghasilkan foto portrait lebih baik.

Dari pengujian kami yang singkat, hasil foto dari kamera depannya di kondisi cahaya ideal termasuk baik. Yang patut diapresiasi, OPPO F7 tetap dapat menghasilkan foto selfie yang jelas di kondisi cahaya kurang ideal.

Bahkan di dalam ruangan dengan kondisi cahaya pas-pasan, hasil foto selfie OPPO F7 juga tetap oke seperti pada hasil foto di bawah ini.

IMG20180417174543

Sama seperti OPPO F5, kamera depan OPPO F7 akan memprioritaskan exposure pada wajah saat mengambil foto selfie. Hasilnya, wajah akan tampak cerah dan jelas saat difoto. Namun di kondisi cahaya dengan kontras tinggi, OPPO F7 akan cenderung menghasilkan foto overexposure atau terlalu terang untuk menampilkan foto wajah yang jelas dan terang.

OPPO F7

Tentunya ini dikembalikan ke pengguna, apakah ingin tampil dengan kulit lebih cerah atau lebih menyukai hasil foto selfie dengan warna yang lebih netral.

OPPO F7 sendiri juga telah mengusung teknologi A.I. Beauty 2.0 yang lebih canggih. Selain menampung lebih banyak wajah sebagai referensi penyempurnaan foto selfie, fitur A.I. pada OPPO F7 juga dapat menyempurnakan leher dan bahu. Ini penting agar hasil foto selfie yang didapatkan terlihat lebih alami dan paripurna.

Fitur penyempurna wajah otomatis ini mampu memperhalus wajah tanpa banyak menghilangkan kumis atau menyulap pria macho menjadi pria kemayu. Berlebihan atau tidak, efektifitas A.I. Beauty 2.0 dalam mempercantik dan memperganteng akan menjadi hal yang subyektif. Berikut contoh hasil foto selfie dengan fitur A.I. Beauty 2.0 aktif.

IMG20180417024002

Berikut perbandingan foto yang tanpa dan yang menggunakan A.I. Beauty 2.0. Dua foto ini diambil di dalam ruangan pameran dengan pencahayaan kurang ideal dari lampu yang posisinya amat tinggi.

OPPO F7

OPPO F7

Satu tambahan menarik adalah AR Sticker yang bisa digunakan di kamera depan dan belakang. Untuk saat ini, pilihan stiker masih sangat terbatas tapi akan ditambah melalui update di F7.

IMG20180417150415

Depth Effect: Efektif di kamera belakang

Untuk menambahkan efek bokeh, Anda bisa mengaktifkan Depth Effect mode yang diwakili ikon berbentuk air. Mengingat efek ini diciptakan dari algoritme software, efek bokeh yang dihasilkan masih belum sebaik ponsel dengan dua kamera.

OPPO F7

Namun efek bokeh atau blur ini ternyata jauh lebih baik saat kami mencoba kamera belakang, seperti pada contoh foto berikut.

OPPO F7
OPPO F7

Selain lebih rapi, tentunya efek bokeh yang dicapai juga lebih baik berkat diafragma lensa kamera belakang yang lebih besar yaitu f/1.8.

Super Vivid Mode: Berguna untuk “mengeluarkan” warna

Bagi yang suka foto dengan warna yang lebih “berani” atau lebih matang, OPPO telah memberikan fitur Super Vivid Mode. Dengan mengaktifkan mode ini, hasil foto akan terlihat memiliki warna lebih matang dengan saturasi yang amat tinggi seperti pada foto-foto di bawah ini.

OPPO F7
OPPO F7

Untuk fitur Super Vivid Mode, perlu diperhatikan subyek yang difoto. Fitur ini akan berguna saat kondisi cahaya datar untuk memunculkan warna yang biasa terlihat pudar. Namun tetap saja subyek perlu diperhatikan agar hasil akhirnya tidak berlebihan. Jika saturasi warna berlebihan, tentunya Anda tinggal mematikan efek Super Vivid Mode. Tanpa mengaktifkan mode tersebut, sebenarnya warna hasil foto kamera belakang OPPO F7 termasuk cukup netral dengan saturasi yang pas di kondisi cahaya ideal.

OPPO F7
OPPO F7
OPPO F7

Akurasi white balance otomatisnya juga cukup baik, mampu menangkap suasana yang sedang difoto seperti berikut ini tanpa merusak mood.

OPPO F7
OPPO F7

Performa baik di low light

Dibandingkan dengan OPPO F5, kamera utama OPPO F7 jauh lebih baik saat memotret di kondisi minim cahaya. Pengendalian noise juga bagus, tidak mengurangi detail pada foto secara berlebihan seperti ditunjukkan foto ini.

OPPO F7
OPPO F7
OPPO F7
OPPO F7

Bagi yang nyaman menggunakan pengaturan manual, Anda akan dapat menghasilkan foto malam hari yang baik dengan OPPO F7. Berikut hasil foto dengan Expert Mode yang memanfaatkan bantuan tiang sebagai penyangga agar ponsel tidak goyang saat memotret.

OPPO F7

Dengan pilihan kecepatan rana atau shutter speed, Anda juga bisa berkreasi lebih bebas untuk menghasilkan foto seperti berikut.

OPPO F7

Lalu bagaimana dengan hasil fotonya pada kondisi ideal? Amat baik, dengan saturasi warna yang tinggi tapi tidak berlebihan. OPPO F7 juga termasuk responsif saat digunakan, dengan akurasi dan penentuan fokus yang cepat.

Berikut beberapa hasil foto OPPO F7 pada kondisi cahaya ideal. Semua hasil foto OPPO F7 yang ada di sini langsung ditransfer dari ponsel dan tidak melalui proses penyuntingan sama sekali.

OPPO F7
OPPO F7
OPPO F7
OPPO F7
OPPO F7

Peningkatan berarti dibandingkan OPPO F5

Dari pengujian kami selama 1 minggu, OPPO F7 terbukti mengusung peningkatan yang cukup kentara jika dibandingkan OPPO F5 yang muncul tahun lalu. Tidak hanya dari sisi kualitas foto, fitur fotografi juga diperbaharui sehingga lebih menyenangkan. Fitur Depth Effect memang masih belum sempurna, tapi ternyata cukup efektif saat digunakan dengan kamera belakang. Sedangkan fitur Super Vivid Mode memiliki kegunaannya sendiri, tergantung selera penggunanya.

Hasil foto selfie kamera depan juga lebih baik, bahkan di kondisi minim cahaya. Sebagai informasi, OPPO F7 merupakan ponsel pertama yang menggunakan sensor baru SONY IMX576 di kamera depannya. Bagi yang kurang suka selfie dan lebih suka memotret dengan kamera belakang, OPPO F7 juga mampu menyajikan hasil foto yang apik dengan saturasi warna dan ketajaman yang baik.

Jika hanya bicara kamera untuk fotografi, OPPO F7 masuk ke dalam jajaran ponsel dengan kamera terbaik di kelas harganya yaitu 4 jutaan rupiah. Dengan F7, OPPO kembali membuktikan bahwa sebuah ponsel mampu mengambil gambar yang sama bagusnya dengan kamera depan maupun belakang di berbagai suasana.

Yang Canggih:
+ Kamera belakang amat baik, tajam dengan saturasi warna yang cukup matang
+ A.I. Beauty efektif untuk menghasilkan foto selfie yang cantik
+ Hasil foto selfie tanpa A.I. amat baik
+ Wajah terlihat lebih cerah saat difoto dengan kamera depan
+ Fitur HDR di kamera depan cukup efektif di kondisi cahaya latar backlight yang kuat
+ Face-detection di kamera depan bekerja cepat
+ Fitur Depth-Effect untuk kamera belakang cukup efektif menciptakan bokeh pada kondisi tertentu
+ Hasil foto di kondisi minim cahaya cukup baik di mode Auto
+ Pengaturan setting fotografi manual lengkap
+ Ada Super Vivid Mode untuk menaikkan saturasi warna
+ Kinerja A.I. Scene Recognition cukup baik untuk mengatur tonal warna yang pas di berbagai suasana
+ Hasil video Full HD cukup baik, dengan rekaman suara yang nyaring
+ Sticker dapat digunakan di kamera depan dan belakang

Yang Kurang:
– A.I. Beauty kadang terlalu agresif menghaluskan wajah
– Efektivitas HDR di kamera depan terbatas
– Super Vivid Mode tidak selalu cocok untuk semua subyek
– Fitur Depth Effect untuk kamera depan kadang kurang pas, membuat telinga dan rambut terlihat kabur
– Variasi stiker masih terbatas
– Opsi pengaturan video terlalu sederhana
– Prioritas exposure pada wajah membuat hasil foto selfie rentan kabur jika tangan kurang stabil
– Akurasi White Balance pada kamera belakang menurun pada kondisi cahaya dengan satu warna yang dominan

Review Kamera OPPO F7
Ponsel dengan kamera depan dan belakang yang sama baiknya
Dengan sensor IMX576 dan fitur baru, OPPO berhasil meningkatkan kualitas hasil foto pada F7 yang lebih superior dibandingkan F5.
Sensor baru, hasil foto lebih baik
Cek Harga

Komentar

Beri komentar

Close