Sony FS5 II: Kamera Video Kelas Profesional yang Mendukung video 4K HDR dan RAW 120fps

Sony kembali ujuk gigi di dunia videografi. Ini dibuktikan dengan diumumkannya Sony FS5 II, kamera video kelas profesional dengan sensor Super 35mm yang mampu merekam video 4K HDR dan RAW 120fps.

svg%3E

Bawa sejumlah peningkatan

Seperti generasi lawasnya, Sony FS5 II masih hadir dengan sensor Super 35mm Exmor CMOS. Kamera ini juga tetap bisa dipasangkan dengan koleksi lensa Sony E-Mount. Dikatakan Sony, Sony FS5 II membawa pembaruan di sektor output warna, mode RAW, dan fungsi merekam dengan frame rate yang lebih tinggi.

Output warna Sony FS5 II dikembangkan dari kamera video Sony Venice 6K yang diluncurkannya tahun lalu. Pembaruan output warnanya ini menawarkan warna mid-range yang lebih kaya, warna kulit yang lebih baik, dan tonal warna yang lebih lembut. Tidak hanya itu saja, Sony juga menambahkan 9 profil warna termasuk warna yang dirancang khusus untuk profil S-Log2 dan S-Log3.

svg%3E

Tersedia fitur Instant HDR

svg%3E
Pembaruan selanjutnya adalah hadirnya fitur Instant HDR. Fitur ini akan sangat berguna karena bisa mempersingkat waktu penyuntingan warna. Berkat fitur Instant HDR, video HDR bisa langsung di streaming dari kamera saat merekam di mode HLG.BT2020.

Fitur ini memang bukanlah fitur baru. Sebelumnya pengguna Sony FS5 harus merogoh kocek ekstra untuk menambah fitur ini. Sementara di Sony FS5 II fitur Instant HDR sudah langsung tersedia.

2 Slot kartu memori, mendukun recorder eksternal

Terakhir, Sony FS5 II telah dilengkapi dengan 2 slot kartu memori untuk merekam video 4K/30p atau Full HD 1080p/120p. Untuk video resolusi tinggi dan RAW, memang diperlukan tambahan alat perekam eksternal atau recorder. Dengan tambahan recorder, FS5II bisa menghasilkan output video 4K/60p dan RAW 4K/120p. Jika resolusinya sedikit diturunkan Anda bisa merekam video dengan resolusi 2K di 240fps dengan kamera ini.

Sony FS5 II akan mulai dipasarkan bulan Juni 2018. Harga jualnya untuk bodi saja dipatok US$4750.