Mobile GadgetNewsSmartphoneTips

Tip & Trik: Membuat Video Timelapse Keren dengan OPPO F5 dan OPPO A83

Cukup Memakai Aplikasi Kamera Bawaan Ponsel OPPO

Seiring perkembangannya, kamera di ponsel kini dapat diandalkan untuk merekam foto dan video beresolusi tinggi. Salah satu contoh paling nyata adalah hasil foto dan video yang sering dipamerkan di media sosial. Namun untuk menarik minat pengikut di media sosial, juga dibutuhkan karya kreatif yang tidak “mainstream”.

Salah satu konten yang masih cukup jarang adalah video time-lapse. Jika dulu dibutuhkan aplikasi khusus untuk menciptakan video time-lapse, kini tidak lagi. Dengan OPPO F5 dan A83, Anda bisa menciptakan video time-lapse dengan mudah langsung dari aplikasi kamera bawaannya.

Expert Mode

Untuk membuat video time-lapse yang baik dengan OPPO F5, OPPO A83 atau ponsel lainnya, berikut tip dan triknya.

1. Gunakan tripod dengan dudukan smartphone yang berkualitas

Merekam video time-lapse membutuhkan waktu yang lama dan kestabilan yang baik. Oleh karena itu, Anda membutuhkan tripod dan dudukan ponsel (smartphone mount) yang berkualitas. Ini penting agar ponsel Anda tidak terlepas saat merekam video time-lapse.

Jika tidak ingin membawa tripod yang besar, Anda bisa menggunakan tripod meja seperti GorillaPod. Pasangkan dengan dudukan ponsel yang berkualitas seperti misalnya Joby Griptight Mount Pro.

Hindari tripod yang kurang kokoh dan berpotensi goyang atau membuat ponsel terjungkal. Alih-alih menghasilkan video time-lapse keren, ponsel Anda malah bisa rusak. Periksa juga apakah ponsel terpasang dengan baik di dudukannya.

2. Pastikan lokasi aman

Untuk membuat video time-lapse berdurasi 1 menit dengan OPPO A83 dan F5, bisanya dibutuhkan waktu sekitar 10 menit. Jadi pastikan lokasi pengambilan tidak mengganggu ketenangan umum atau rawan kejahatan.

Contohnya, saya mengambil video time-lapse ini dari kamar hotel.

A post shared by libursutra.com (@libursutra) on

3. Perhatikan waktu dan cahaya

Salah satu kunci video time-lapse adalah pergerakan. Jika Anda hanya merekam pantai sepi, misalnya, di siang hari yang panas, maka Anda hanya merekam pergerakan air dan awan. Seperti pada contoh berikut.

A post shared by libursutra.com (@libursutra) on

Sebaliknya jika merekam pantai saat mendekati matahari terbenam, maka Anda akan merekam pergerakan air dan awan, peralihan cahaya, dan suasana pantai yang lebih ramai saat matahari mulai terbenam.

Tentunya hal ini dikembalikan ke selera pengguna. Yang terpenting, ada pergerakan yang dinamis sehingga hasil akhir tidak monoton dan membosankan.

4. Sunting hasil video agar sesuai keinginan

Dengan mempercepat hasil rekaman, maka efek yang ditampilkan akan lebih dramatis. Video-video contoh yang ada di atas telah disunting dengan aplikasi Power Director agar tampil lebih cepat.

Hasilnya, video terlihat lebih dinamis dan memberikan efek dramatis. Jika dilihat awalnya, hasil video akan terasa lambat dan agak membosankan.

5. Terus mencoba dan bereksperimen

Video time-lapse tidak melulu harus tentang pemandangan. Dengan berlatih dan jeli melihat subyek, maka Anda pun bisa menghasilkan video time-lapse keren hanya dengan berbekal smartphone. Selamat mencoba!!

Komentar

Beri komentar

Close