Memakai OS Windows Asli Lebih Menguntungkan? Berikut Faktanya

Pembajakan perangkat lunak merupakan masalah global yang menimpa semua negara, termasuk Indonesia. Bahkan sebuah hasil studi Microsoft dan National University of Singapore (NUS) di 8 pasar Asia Pasifik memberikan gambaran lain yang lebih jelas.

Tercatat 3 dari 5 komputer di Asia Pasifik menggunakan software bajakan. Studi ini juga mencatat nilai perangkat lunak bajakan yang beredar di pasar Asia Pasifik mencapai US$19 milyar!

svg%3E

Untuk Indonesia, salah satu alasan pengguna memilih versi bajakan adalah karena harganya yang super murah. Bahkan gratis jika tahu caranya. Tapi tahukah Anda, ada banyak kelebihan yang bisa Anda nikmati jika mengadopsi Windows 10 orisinil yang dibeli secara resmi? Penasaran apa saja benefit-nya? Langsung saja simak di bawah ini:

Lebih aman dari infeksi malware

Malware sering diremehkan oleh para pengguna. Padahal, malware bisa menyerang komputer tanpa Anda ketahui dan Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat infeksi malware paling tinggi. Trojan menjadi malware nomor satu untuk software bajakan. Tercatat 1 dari 2 malware adalah Trojan. Komputer yang telah terjangkit Trojan ini bisa mencuri data hingga membuat backdoors atau lobang dalam sistem agar peretas dapat mengendalikan komputer yang terinfeksi dengan mudah.

svg%3E
Sumber: Cariyangori.com

Data di tahun 2016 menunjukkan bahwa kawasan Asia Pacific sangat tinggi tingkat penyebaran malware-nya dan Indonesia berada di posisi kedua sebagai negara paling rentan. Penyebabnya tak lain karena penggunaan software bajakan yang minim proteksi atau justru sudah langsung disusupi malware ketika diunduh dari website ilegal.

Perlu Anda ingat, malware ini bisa mencuri data pribadi seperti informasi kartu kredit atau akun bank online, atau hilangnya data-data penting lainnya. Selain itu, malware juga dapat membuat kinerja komputer memburuk serta koneksi internet yang menjadi lambat. Intinya malware sangat berbahaya. Dengan menggunakan OS bajakan, Anda membuka kemungkinan PC terinfeksi lebih mudah.

Berbeda dengan OS original. Windows 10 selalu mendapatkan update terkini termasuk di sistem keamanan untuk perlindungan dari kejahatan siber. Selain itu, Windows 10 juga memiliki Windows Defender untuk mencegah masuknya virus-virus berbahaya yang bisa menyebabkan file hilang atau rusak. Keuntungan yang tidak akan bisa Anda dapatkan dari software bajakan.

Minim kemungkinan cacat produk

Sumber dari software bajakan, termasuk Windows 10, biasanya tidak jelas. Jadi selalu ada kemungkinan Windows 10 versi bajakan merupakan penggandaan dari versi yang belum sempurna. Mungkin saat dijalankan pertama kali tidak ada yang berbeda. Namun tidak ada yang bisa menjamin bahwa Windows akan berjalan dengan lancar hingga waktu yang lama. Belum lagi jika software bajakan ini ditanami berbagai skrip atau malware yang memiliki tujuan terselubung.

Lain halnya jika Anda menggunakan Windows 10 Orisinil. Selain menjamin keasliannya, Microsoft juga selalu mengirimkan perbaikan dan update secara berkala sehingga OS Windows 10 yang Anda miliki selalu pada kondisi optimal.

Bisa langsung menikmati fitur baru

svg%3E

Keuntungan lain memakai Windows 10 orisinil, Anda bisa langsung menikmati ketika Microsoft menghadirkan fitur baru lewat update yang mereka luncurkan. Contohnya pada update Windows 10 Fall Creators Update, OS ini menjanjikan Windows Inking yang ditujukan untuk memberi kemudahan untuk laptop dengan stylus serta Windows Mixed Reality, sebuah teknologi yang menggabungkan dunia nyata dan dunia digital.

Tidak hanya itu saja, terdapat berbagai keunggulan lain yang bisa disimak di artikel berikut.

Lebih tenang karena legal

Tahukah Anda bahwa membajak software merupakan tindak kejahatan yang bisa mendapat sanksi berat? Berdasarkan pasal 113 ayat 3 dan 4 UU nomor 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta, hukumannya bisa berupa penjara selama 4 tahun atau denda miliaran rupiah.

Jenis pembajakan sendiri terdiri dari beberapa bentuk pelanggaran. Misalnya meng-install software bajakan ilegal ke PC sebelum dijual, duplikasi dan menjual software secara ilegal, pembajakan lewat internet (download), memasang salinan software melebihi lisensi yang dimiliki, atau memasang versi berbeda dari lisensi yang dimiliki.

Karena itu, jika mau tetap tenang dan nyaman selama menggunakan PC berbasis Windows 10 atau versi lainnya, membeli software original sudah wajib hukumnya.

Bisa didapatkan dengan harga lebih terjangkau

Salah satu cara mendapatkan OS orisinil dengan harga lebih murah adalah dengan memilih laptop yang telah dilengkapi OS Windows 10 asli. ASUS, sebagai pemimpin pasar laptop di Indonesia saat ini, telah berkomitmen menanamkan OS Windows 10 orisinil ke dalam produk laptopnya yang dijual resmi di Indonesia.

Bahkan Anda bisa mendapatkan laptop ASUS 2-in-1 yang keren dan telah dilengkapi OS Windows 10 orisinil hanya dengan mengeluarkan dana sekitar 4 jutaan rupiah seperti laptop berikut ini.

ASUS sendiri menyediakan beragam laptop di berbagai tingkat harga untuk berbagai kebutuhan, mulai dari yang mainstream, thin & light, convertible, 2-in-1, hingga gaming yang membutuhkan performa terbaik. Untuk informasi produk terbaru laptop ASUS, bisa disimak di tautan berikut.

Verified by MonsterInsights