Game Test: Lineage II Revolution, Seru Dengan Segudang Feature Menarik!

Indah, kaya feature, dan seru. Rasanya tiga ungkapan tersebut sangat tepat untuk menggambarkan secara sekilas Lineage II Revolution, game MMORPG mobile yang akhirnya rilis Maret ini. Mungkin kamu merasa tidak asing dengan nama Lineage II. Tentu saja, karena nama tersebut merupakan judul dari game MMORPG di platform PC yang rilis lebih dari 10 tahun lalu. Game ini sempat menjadi salah satu MMORPG paling digemari di Indonesia karena visualnya yang keren dan keseruan permainannya.

svg%3E
Visualnya kece dan gameplay solid.

Bagaimana dengan Lineage II Revolution? Apakah game mobile ini akan mampu melangkah di jalan kesuksesan yang sama seperti dahulu kala? Melihat dari pengalaman bermain yang telah kami lalui, sepertinya game ini pantas untuk dijajarkan ke dalam MMORPG mobile kelas atas saat ini. Baik dari bentuk permainannya yang sangat seru karena penuh action, kami juga merasa puas dengan beragam aktivitas yang tidak membosankan, setidaknya untuk 10 hingga 20 jam pertama, serta begitu banyaknya poin reward ketika kami berhasil menyelesaikan misi dan quest.

svg%3E
Cutscene di tengah ceritanya punya kualitas tinggi.

Begitu kayanya feature yang dimiliki game ini juga menjadi salah satu kelebihan yang kami sukai. Mulai dari feature pengembangan karakter, misi harian, misi bulanan, bahkan sampai dungeon serta perang berskala cukup besar untuk ukuran game mobile. Dan satu lagi yang sangat kami sukai adalah visualnya yang begitu indah. Berkat digunakannya Unreal 4 Engine, kualitas visualnya hampir menyentuh mesin console saat ini. Tentu saja, kamu harus menyediakan smartphone dengan kekuatan besar pula bila ingin memainkannya di setting tertinggi.

svg%3E
Pertarungan di dalam game bisa dibilang salah satu kelebihannya.

Temukan Karakter Idealmu

MMORPG merupakan game RPG (Role Playing Game) yang harus dimainkan secara online. Artinya kamu harus selalu terhubung ke Internet, sesuatu yang rasanya pasti dimiliki semua pengguna smartphone saat ini. Selain itu, kamu akan bermain bersama pemain lain secara bersamaan di satu dunia yang sama, itu sebabnya ia disebut MMO (Massively Multiplayer Online). Dan sebagaimana seharusnya MMORPG, kamu harus membuat perwakilan diri kamu di dalam game tersebut, yang biasa disebut karakter atau avatar, serta menjadi media untuk bersosialisasi dengan pemain lain.

svg%3E
Setiap ras memiliki kelebihan dan kekurangan.

Itu sebabnya kamu diberi kesempatan untuk membuat sendiri karakter, yang tampaknya bisa dibuat sampai 4 buah, untuk dimainkan. Menurut kami, pembuatan karakter di Lineage II Revolution sangat mudah, karena kamu hanya perlu memilih salah satu dari 4 ras (Manusia, Elf, Dark Elf, dan Dwarf), memilih kelasnya, yang terdiri dari 3 jenis (Warrior, Rogue, dan Mystic) dan nantinya akan menyebar menjadi kelas yang lebih spesifik perannya dalam pertarungan grup, dan memilih bentuk rambut. Klasifikasi karakter tersebut tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing; tetapi justru itulah yang membuat MMORPG menjadi sangat menarik untuk dimainkan bersama pemain lain.

svg%3E
Meskipun punya pohon kelas sama, tiap ras punya skill berbeda.

Menurut kami, pembuatan karakter tersebut seharusnya bisa lebih spesifik lagi. Karena, kami tidak bisa mengubah jenis kelamin dari ras yang dipilih. Jadi, kami harus mengikuti jenis kelamin yang telah fix; misalnya Manusia dan Dark Elf hanya bisa lelaki, sedangkan Elf dan Dwarf hanya perempuan. Padahal, setiap ras memiliki perbedaan skill meskipun pada kelas yang sama, dan gamer tentu memiliki preferensi jenis kelamin untuk karakter yang dimainkannya. Sejujurnya, kami sangat ingin melihat Dark Elf perempuan yang begitu Eye Candy di Lineage II. Ya sudahlah.

svg%3E
Kustomisasi karakternya terbatas, karena hanya bisa memilih kelas dan bentuk rambut.

Sistem Pertempuran yang Bersahabat

Pada setiap MMORPG, pertempuran menjadi satu aktivitas yang memiliki Love-Hate Relationship terhadap pemainnya. Ada yang sangat suka bertempur tanpa henti, meskipun monoton tetapi setiap naik level akan terasa sekali imbalannya. Lain lagi dengan gamer yang lebih suka perjalanannya dibandingkan pertempuran, sehingga tidak betah lama-lama menaikkan level. Lineage II Revolution merangkul keduanya, karena game ini memiliki pertempuran yang bisa diotomatisasi!

svg%3E
Pertarungannya flashy dengan visual efek mewah.

Apa artinya? Pemainnya bisa menyerahkan pertarungan pada komputer saja, dan karaktermu akan secara pintar menyerang musuh di sekitarnya serta menggunakan beragam skill secara otomatis. Jadi, kamu bisa membiarkan karaktermu Hunting sendiri sementara kamu mengerjakan tugas lain. Auto Battle tersebut juga bisa dipilih antara bertempur dengan skill atau hanya dengan serangan biasa saja. Sedangkan bila kamu ada di aliran battle manual, maka kamu tinggal mematikan feature auto tersebut dan game akan berjalan layaknya game RPG action.

svg%3E
Kebanyakan battle berlangsung rusuh karena dikerubuti musuh.

Menurut kami, adanya sistem auto battle tersebut sangat membantu, terutama untuk gamer yang memiliki kesibukan di dunia nyata, seperti bekerja atau kuliah. Berkat feature tersebut, kamu tidak perlu repot ‘membeli’ jasa Bot untuk menaikkan level. Selain itu, kami juga sangat suka dengan adanya opsi untuk mematikan auto battle. Karena ketika bermain dalam party, karakter yang tugasnya menyembuhkan tentu tidak seharusnya ada di garis depan memukul musuh; sesuatu yang pasti terjadi bila kamu menghidupkan feature auto battle!

svg%3E
Banyak boss musuh berukuran besar dan menutupi layar permainan!

Banyak Jalan Menuju Kuat!

Sama seperti MMORPG lain, atau kebanyakan game di dunia ini, tujuan akhirmu tentu saja adalah karakter yang kuat. Jangan harap kamu bisa mengalahkan Ancient Dragon bila kamu lemah! Itu sebabnya game ini memberikan banyak opsi untuk menjadi kuat. Pertama, tentu saja meningkatkan levelmu dengan cara mengalahkan musuh. Berkat feature Open World yang dirangkul game ini, kamu bisa bertualang ke manapun di dunia Lineage II Revolution demi meningkatkan kekuatanmu! Namun, tentu saja yang paling efektif adalah dengan menyelesaikan beragam misi dan quest.

svg%3E
Selalu tingkatkan kemampuan karaktermu dengan perlengkapan tempur unggulan.

Selain level, kamu juga bisa mengumpulkan beragam perlengkapan tempur dan persenjataan untuk memperkuat karakter. Pada game ini, kamu akan dihadapkan pada perlengkapan tempur yang dibagi ke dalam beberapa tingkatan, atau Grade. Semakin tinggi Grade-nya, maka jenis perlengkapan yang sama sekalipun akan memiliki kekuatan yang jauh berbeda. Demi semakin memperkuatnya, kamu juga bisa melakukan beragam upgrade. Menariknya, sebuah perlengkapan akan berubah bentuk visualnya bila Grade-nya meningkat! Tentu saja untuk karakter perempuan seperti Elf dan Dwarf, semakin tinggi Grade maka semakin seksi bentuknya!

svg%3E
Selalu upgrade perlengkapan tempurmu supaya battle lancar!

Kamu juga bisa menemukan adanya feature lain yang dapat meningkatkan kekuatan karaktermu, misalnya dengan menaikkan level skill tempurmu, bahkan sampai menempelkan beragam Rune ke badan karaktermu. Semakin rajin kamu bermain, maka beragam bahan yang dibutuhkan untuk meningkatkan kekuatan dari dalam karakter tersebut akan semakin mudah dikumpulkan. Ketika bermain, kami merasa kekuatan yang lebih mudah dikumpulkan justru berasal dari Rune tersebut, dibandingkan upgrade perlengkapan tempur!

svg%3E
Selesaikan quest supaya kamu bisa cepat naik level dan mendapat hadiah.

Segudang Aktivitas Untuk Dijalankan!

Satu hal yang kami rasakan benar ketika memainkan game ini adalah begitu banyaknya aktivitas yang bisa dijalankan. Mulai dari quest yang berhubungan dengan cerita, misi harian, misi mingguan, misi bulanan, Achievement, mengumpulkan data monster, bahkan sampai beragam jenis Dungeon dan Arena. Belum lagi bila kamu masuk ke dalam Clan, yang merupakan wadah untuk para pemain berkumpul dalam satu bendera, maka kamu bisa ikut serta dalam perang antarClan, menyerang istana, dan beragam kegiatan massal lainnya.

svg%3E
Semakin jauh quest selesai, semakin bagus pula hadiah yang didapat dan feature baru yang terbuka.

Bahkan, kami sangat menyarankanmu untuk sesegera mungkin menyelesaikan quest cerita. Sebab, feature di dalam game akan terbuka seiring semakin jauhnya kamu menyelesaikan ceritanya. Sudah begitu, feature tersebut ternyata sangat berhubungan erat dengan peningkatan kekuatan karaktermu, seperti menaikkan level perlengkapan tempur, meningkatkan Grade, sampai membuka Dungeon baru. Oleh karena itu, jangan terpaku dengan membunuh banyak monster, dan sesegera mungkin menyelesaikan quest! Apalagi banyak quest yang memberikan perlengkapan tempur dengan Grade tinggi sebagai hadiahnya!

svg%3E
Kamu bisa bertarung melawan pemain lain di Arena, demi meningkatkan ranking dan mendapat hadiah!

Dungeon juga harus menjadi salah satu fokusmu ketika memainkan game ini. Kami menemukan begitu banyak keuntungan ketika mengikuti Dungeon tersebut. Salah satunya adalah mendapatkan bahan untuk Upgrade serta beragam perlengkapan tempur. Untungnya, Dungeon di game ini dapat dengan mudah kamu masuki dari mana saja, karena bisa ditemui di menu khusus. Jadi, kamu tidak perlu mencari posisinya di dunia Lineage II Revolution yang luas, jalan ke sana, dan masuk ke dalamnya. Cukup hanya dengan satu klik, dan kamu langsung bertempur!

svg%3E
Dungeon merupakan tempat yang paling oke untuk memperkuat karaktermu.

Harus Belanja Premium Untuk Jadi Kuat?

Untuk memainkan Lineage II Revolution, kamu cukup memasangnya saja dari Play Store, tanpa dipungut bayaran sepeserpun. Namun, itu pula yang menjadi kekhawatiran kami, karena artinya game ini adalah Freemium, gratis (Free) tetapi menggunakan toko Premium yang mata uangnya adalah uang asli alias Rupiah. Biasanya, game Freemium mengutamakan pemain yang berbelanja Premium, terutama untuk kekuatan di RPG. Apakah hal serupa akan terjadi pada Lineage II Revolution, yang notabene dimainkan oleh banyak pemain bersamaan untuk memperkuat karakternya?

svg%3E
Tentukan paket Premium yang akan kamu gunakan sebelum mulai berbelanja.

Setelah kami melihat bentuk toko Premium dari Lineage II Revolution, ternyata besar kesempatan untuk menjadi kuat dengan kekuatan Rupiah alias kasarnya disebut Pay-to-Win. Mengapa demikian? Sebab banyak elemen yang membutuhkan banyak waktu dan usaha untuk didapatkan, seperti Skill Point (SP) untuk membeli Skill dan memperkuat serangan spesial, bahan yang dibutuhkan untuk meningkatkan Rune, sampai perlengkapan tempur dengan Grade tinggi bisa dibeli dengan Rupiah. Untuk game yang akhir gamenya atau konten End Game mengandalkan perang antarpemain dan Dungeon Raid, pemain yang memiliki keuntungan di aspek perlengkapan tempur akan muncul di peringkat atas.

svg%3E
Berbelanja kosmetik bisa menguras isi dompetmu!

Tentu saja kami tidak mengatakan hal tersebut salah. Karena kami tahu betapa sulitnya mendapatkan uang untuk game yang didistribusikan secara gratis dan hanya mengandalkan penjualan Premium. Pembuat game juga manusia yang butuh makan, pakaian, rumah baru, dan mobil Ferarri baru! Itu sebabnya bila kamu sudah ketagihan dengan game ini, maka sudah sewajarnya untuk serius berbelanja di toko Premium, supaya anggota Clanmu tidak kesal karena hanya kamu yang masih lemah karena kukuh gratisan. Namun ada baiknya pula kamu tentukan apa yang penting untuk dibelanjakan, karena Premium di game ini tergolong mahal. Kalau bisa, tunggu sampai ada promo yang memberikan paket menarik dengan harga relatif murah!

svg%3E
svg%3E
Banyak perlengkapan tempur yang mampu memperkuat secara instant dijual di toko Premium!

Kesimpulan

Secara keseluruhan, kami jelas menyukai Lineage II Revolution. Bahkan, bisa dikatakan kami cukup ketagihan memainkannya. Bukan hanya karena game ini indah visualnya, tetapi juga karena permainannya yang bersahabat, terutama di sisi Grinding level karakter. Berkata adanya feature auto battle, kami merasa sangat terbantu karena masih bisa meningkatkan kekuatan karakter di tengah sibuknya pekerjaan.

svg%3E
Teorinya, kamu bisa bertualang bebas di dunia Lineage II Revolution!

Bila kami boleh memberikan nilai, dari total lima bintang kami berikan empat bintang! Kami kurangi satu bintang karena tidak ada Dark Elf perempuan yang bisa dimainkan! Kekurangan lain yang mungkin bisa kami lontarkan adalah layar permainannya terlalu ramai dengan User Interface atau UI. Ada beberapa UI yang bertumpuk aksesnya; seharusnya hanya perlu satu UI saja untuk masuk ke banyak fungsi lain, sementara UI yang berhubungan langsung dengan pertempuran dan rutinitas, seperti Inventory dan Quest barulah selalu ditampilkan. Dengan demikian, layar permainannya menjadi lebih bersih dan keindahan visualnya yang menjadi salah satu kelebihannya menjadi lebih menonjol.

svg%3E
Kualitas terjemahan biasa saja, kualitas art ‘Thumbs Up’!

Satu hal lain yang kami rasa terlalu seragam antara satu kelas dengan kelas lainnya adalah pertarungan selalu menjadi melee atau jarak dekat. Baik petarung jarak dekat seperti Fighter dan Rogue yang menggunakan pisau, atau Rogue dengan panah dan Mystic dengan sihirnya yang seharusnya penyerang jarak jauh, semua pada akhirnya ketika bertarung selalu terlibat dalam melee. Seharusnya, penyerang jarak jauh memiliki serangan yang mampu membuat musuh tidak sampai ke jarak melee bila diserang dari jarak optimal panah atau sihir. Terlebih lagi, musuh seringkali menyerang secara bergerombol. Itu sebabnya kami menyarankanmu untuk mencari teman ketika memainkan game ini, supaya ketika kamu sampai ke End Game, penyerang jarak jauhmu bisa tenang memberikan serangan besar dan HPnya terjaga. Lebih dari itu, kami tidak punya keluhan dan sangat menikmati game ini! Kamu juga jangan ketinggalan!

svg%3E
Dark Elf cewe! Sayangnya, cuma di cutscene saja. Now you know why we want playable female Dark Elf.

Yang Canggih:

    Visualnya sangat kece berkat engine graphics Unreal 4 Engine.
    Setiap ras memiliki kelas yang sama dengan ras lain, tetapi skillnya berbeda.
    Segudang feature permainan yang muncul seiring jalannya permainan.
    Banyak imbalan yang bisa ditemui untuk meningkatkan kemampuan karaktermu.
    Ada feature perang yang melibatkan puluhan pemain yang muncul bersamaan.
    Sudah diterjemahkan penuh ke bahasa Indonesia.
    Feature Auto Battle sangat membantu Grinding level.

Yang Kurang:

    UI terlalu memenuhi layar permainan.
    Kualitas terjemahan kurang rapi, pemenggalan kalimat di boks kurang pas, dan ada terjemahan yang kurang tepat.
    Tidak ada opsi untuk mematikan permanen Auto Quest.
    Variasi perlengkapan tempurnya kurang banyak, hanya dibedakan melalui Grade.
    Tidak bisa bermain sebagai Dark Elf perempuan.
Verified by MonsterInsights