Nimbus Data ExaDrive DC100, SSD Terbesar di Dunia untuk Segmen Enterprise

Jika Samsung sekitar bulan lalu meluncurkan SSD PM1643 berkapasitas 30TB dan menjadi SSD dengan kapasitas terbesar di dunia, gelar tersebut kini berpindah ke tangan Nimbus Data. Vendor tersebut memperkenalkan ExaDrive DC100 dengan kapasitas 100TB dan menjadi SSD terbesar di dunia saat ini.

Nimbus Data ExaDrive DC100 memiliki kapasitas 100TB atau kira-kira setara dengan 20 juta file MP3 dengan ukuran sekitar 5MB. SSD ini menggunakan teknologi NAND flash 3D yang ditumpuk di dalam bodi 3,5 inci SATA.

svg%3E

svg%3E

Dengan bodi SATA 3,5 inci, maka SSD ini memang bukan dibuat untuk perangkat laptop. Nimbus Data ExaDrive DC100 ini didesain untuk penggunaan di server dan data center untuk menampung banyak data berukuran besar dan membutuhkan kinerja pengolahan data yang kencang.

Nimbus Data ExaDrive DC100 menggunakan interface SATA. Untuk kinerjanya, SSD ini memiliki kecepatan yang mirip dengan SSD lainnya yang berada di kisaran angka 500MB/s.

Nimbus Data menyatakan ExaDrive DC100 ini akan mulai tersedia sekitar bulan Juli mendatang. Mengenai harganya, Nimbus Data sendiri belum menyebutkan harga yang akan diberikan untuk SSD ini. Pihaknya hanya menyatakan ExaDrive DC100 akan memiliki harga yang kompetitif dibanding SSD kelas enterprise lainnya untuk harga per TBnya. Sebagai perkiraan, Nimbus Data ExaDrive DC100 ini akan dijual dengan harga di atas US$10000 atau sekitar 137 juta rupiah per unitnya.