NewsTipsWindows 10

[Tips] Main Game Lebih Lancar dengan Game Mode di Windows 10 Creators Update

Cocok untuk Laptop & PC dengan Spesifikasi Standar

Anda yang menggunakan sistem operasi Windows 10 asli (bukan bajakan) pastinya sudah mendapatkan Creators Update beberapa waktu yang lalu. Update ini membawa banyak sekali fitur menarik. Salah satunya adalah Game Mode.

Bagi yang belum tahu, Game Mode menjanjikan peningkatan performa gaming dengan meminimalisir background process untuk mencegah program lain meminta kinerja dari hardware PC Anda. Artinya, PC Anda akan lebih fokus bekerja untuk menjalankan game saja.

Fitur ini cocok untuk pengguna yang memiliki PC untuk gaming dengan spesifikasi yang tidak terlalu wah. Harus diingat bahwa peningkatan performa yang ditawarkan Game Mode jelas bukan yang signifikan seperti ketika Anda mengganti hardware ke kelas yang lebih tinggi. Namun setidaknya, lumayan untuk sedikit menambah frame rate dalam game.

Nah, pertanyaannya, bagaimana cara mengaktifkan Game Mode di Windows 10? Yuk, langsung saja simak tutorial singkatnya di bawah ini:

1. Klik icon Windows (start) di pojok kiri bawah, lalu klik icon Settings

2. Anda akan melihat banyak pilihan di halaman Windows Settings. Klik Gaming

3. Di sebelah kiri, Anda akan menemukan Game Mode yang posisinya tepat di bawah Broadcasting. Klik Game Mode, lalu klik tombol di bawah Use Game Mode hingga berubah menjadi On

Selain cara di atas, Anda juga bisa mengaktifkan Game Mode langsung dari dalam game. Begini langkah-langkahnya:

1. Jalankan game yang Anda ingin mainkan

2. Ketika sudah masuk dalam game, pada keyboard tekan Windows key + G secara bersamaan untuk memunculkan Game Bar. Atau jika Anda menggunakan controller Xbox, cukup tekan tombol Xbox di tengah.

(catatan: saat ini belum semua judul game mendukung Game Bar)

3. Pada Game Bar, klik icon Settings (yang paling kanan)

4. Pilih tab General, lalu beri ceklis pada Use Game Mode for this Game.

5. Tutup Game Bar, dan Game Mode sudah aktif!

Bagaimana? Mudah ‘kan? Untuk langsung merasakan keuntungannya, langsung coba saja aktifkan Game Mode di Windows 10 saat Anda bermain game!

Komentar

Beri komentar

Close